Blogger Jateng

Power Point Geografi Kelas 12 Bab Wilayah dan Pewilayahan

Wilayah dan pewilayahan yaitu bab yang wajib dipelajari dalam mata pelajaran geografi. Pada struktur kurikulum 2013, tempat dan pewilayahan ini masuk materi kelas 12.
Wilayah atau region ialah unit ruang permukaan bumi yang mempunyai batas tertentu dan kenampakan yang khas. Dalam geografi, kawasan adalah desain utama dimana semua fenomena terjadi dan dianalisa sesuai dengan karakteristik daerah itu sendiri.
Pewilayahan yakni upaya mengklasifikasikan daerah menurut patokan tertentu tergantung tujuan atau kepentingan masing-masing. Misalnya pembagian terstruktur mengenai daerah adinistratif ada propinsi, kota, kabupaten, kecamatan sampai desa.
Klasifikasi kawasan iklim Junghuhn yaitu kawasan zona panas, sedang, sejuk dan hambar. Kaprikornus perwilayahan yaitu upaya sengaja manusia untuk membagi wilayah berdasarkan standar tertentu.
Dalam mengenali tempat, para geograf telah banyak menciptakan teori-teori mulai dari Teori Lokasi, Teori Kutub Pertumbuhan, Teori Tempat Sentral dan Teori Segitiga Weber.
Memahami wilayah sama halnya dengan mengkaji organisme hidup namun dalam geografi, organisme ini berbentukruang yang didalamnya ada program-aktivitas baik bersifat alamiah maupun adaptasi hasil interaksi insan dengan lingkungannya.
Semua teori kawasan tersebut lebih utama berfokus pada aktivitas ekonomi. Wilayah dan pembangunan adalah dua hal yang tidak mampu dipisahkan satu sama lain. Pembangunan suatu daerah harus berdasarkan potensi daerah tersebut.
Dengan kian padatnya populasi manusia, daerah sekarang banyak mengalami degradasi khususnya dalam hal fungsi ekologis. Daya tampung dan daya dukug wilayah makin menurun sebab desakan populasi tadi sehingga mengakibatkan berbagai fenomena peristiwa mirip banjir, amblesan, likuifaksi hingga kekeringan.
Berikut ini link power point bagian daerah dan pewilayahan. Power point aku buat semaksimal mungkin, bukan copas sehingga gampang diketahui. Silahkan download, jangan lupa share dan like blog nya ya. Dukung juga chanel youtube ILMUGURU.
Baca juga: Soal ulangan bagian interaksi antarruang kelas 7 IPSLink Power Point1. Definsi Wilayah2. Ciri-Ciri Wilayah3. Tujuan Pewilayahan4. Teori Kutub Pertumbuhan5. Teori Pusat Pertumbuhan6. Teori Tempat Sentral