Blogger Jateng

Klasifikasi Region: Generic, Specific, Uniform, Nodal

Ada beberapa perumpamaan kawasan yang memiliki pengertian sama mirip kabupaten, kota, propinsi, desa dan yang lain. Semuanya mengandung makna kawasan dan penduduk Indonesia secara biasa mungkin mampu mengenali sekilas.
Wilayah atau region merupakan bab dari permukaan bumi yang memiliki persamaan-persamaan tertentu, yang dapat dibedakan dari kawasan sekitarnya. Semula penggolongan kawasan cuma didasarkan pada ciri-ciri alamiah saja (natural feature), lalu ditambah dengan sebuah kenampakan tunggal (single feature), mirip iklim, topografi, vegetasi, morfologi, dan lain-lainnya
Geographical Association (1937) mengklasifikasikan kawasan menjadi generic, specific, uniform dan nodal.
a. Generic Region ialah penggolongan tempat menurut jenisnya yang menekankan pada jenis daerah, mirip iklim, topografi, vegetasi, dan fisiografi. Misalnya kawasan vegetasi, dalam hal ini lebih ditekankan terhadap jenis perwilayahannya saja. Contoh bioma taiga, bioma stepa, bioma hutan hujan.
b. Specific Region yakni ialah kawasan tunggal, yang mempunyai ciri-ciri geografis tertentu/khusus terutama yang diputuskan oleh lokasi diktatorial dan lokasi relatifnya. 
Misalnya: (a) Wilayah Asia Tenggara ialah tempat tunggal yang mempunyai karakteristik geografis khusus, seperti lokasi, penduduk, bahasa, tradisi, iklim, dan lain-lainnya; (b) Wilayah Waktu Indonesia Barat (WIB), merupakan kawasan tunggal dan mempunyai ciri khusus yakni lokasinya di Indonesia bab barat yang dibatasi oleh waktu, berdasarkan garis bujur serta usulanpolitis, sosial, ekonomi, acara penduduk, dan budaya.
c. Uniform Region merupakan suatu tempat yang didasarkan atas keseragaman atau kesamaan dalam patokan-persyaratan tertentu. Contoh: daerah pertanian yang memiliki kesamaan adalah adanya bagian petani dan lahan pertanian, dan kesamaan itu menjadi sifat yang dimiliki oleh unsur-bagian yangmembentuk daerah (Bintarto dan Surastopo, 1979).
d. Nodal Region ialah sebuah kawasan yang dikelola beberapa pusat-sentra aktivitas yang saling dihubungkan oleh jalur angkutanantara satu dengan yang lainnya. Contohnya kota Jakarta yang menjadi ibukota negara mempunyai beberapa pusat acara mulai dari pemerintahan, grosir, pelabuhan, CBD yang satu sama lain terkoneksi jaringan angkutanmassa.
Jakarta memiliki unit-unit acara yang terkoneksi satu sama lain