Blogger Jateng

Ini Beda Game RPG dan MMORPG (Banyak Yg Ga Tahu)

Beda Game RPG dan MMORPG - Meskipun kelihatannya menyerupai, RPG dan MMORPG ialah dua genre game yang sungguh berlawanan. 

Apa saja beda game RPG dan MMORPG? Sistem permainan, dunia dalam game, dan beberapa perbedaan lainnya harus dimengerti oleh para pemain yang kepincutmemainkan salah satunya.

Memahami Pengertian MMORPG dan RPG


Agar tidak salah memilih genre game dan terkejut karena tidak mengetahui perbedaan diantara kedua genre game tersebut, Anda perlu mengetahui apa itu RPG dan apa itu MMORPG. Berikut ini pengertian dari kedua genre game online yang paling sering dimainkan di PC.

1. Pengertian game RPG

RPG ialah suatu akronim dari Role Playing Game. Makara, pemain akan memainkan sebuah huruf yang ada dalam sebuah game bergenre RPG. Meskipun Role Playing Game ialah singkatan untuk game MMORPG juga, arti dari genre game tersebut sangatlah bertentangan.

2. Pengertian game MMORPG

Kata MMO dari MMORPG juga ialah abreviasi dari Multiplayer Massive Online. Kata Massive yakni kunci utama yang membuat MMORPG berlawanan dari RPG. MMORPG biasanya dimainkan secara massal dan online. Semua pemainnya terhubung ke internet.

Selain terkoneksi ke internet, semua pemain game MMORPG bergabung di suatu server atau beberapa server bertentangan. Dengan begitu, mereka mampu bermain gotong royong dan menuntaskan semua misi yang ada di dalam game yang dimainkan secara massal.

Perbedaan Antara Game MMORPG dan Game RPG

Ada beberapa hal yang menciptakan MMORPG dan RPG berlawanan. Di bawah ini beberapa perbedaan yang mau Anda dapatkan di antara game MMORPG dan game RPG. Pastikan Anda mengerti perbedaannya dan memilih genre game yang tepat dengan harapan dan kebutuhan Anda.

1. Koneksi internet

Karena merupakan game multiplayer massive online, semua game bergenre MMORPG mewajibkan para pemainnya tersambung dengan koneksi internet. Dengan demikian, para pemainnya bisa bekerja sama mengalahkan lawan dalam peperangan yang menantang.

Beda game RPG dan MMORPG ialah tidak adanya kata online pada RPG. Banyak game RPG memang bisa dimainkan online dengan para pemain lainnya. Tapi ada juga game RPG yang bisa dimainkan secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet.

2. Dunia virtual versus organik

Dalam game MMORPG, terdapat dunia yang lebih ‘organik’. Kata organik disini menggambarkan pemain lain yang hendak Anda jumpai saat memainkan game. Karakter lain yang Anda jumpai dalam game dikendalikan oleh para pemain game lainnya, seperti Anda.

Sedangkan dalam game RPG, terutama yang dimainkan secara offline, aksara lain yang menjadi kawan dan musuh Anda yakni abjad ‘virtual’ yang dikendalikan bukan oleh pemain game lainnya namun oleh komputer. Kesimpulannya, MMORPG lebih organik daripada game RPG.

3. Sistem permainan yang kolektif versus soliter

Sistem permainan dalam MMORPG sistem permainan yang kolektif. Artinya, pemain genre ini harus menyelesaikan misi yang mesti teratasi bareng dengan para pemain yang lain. ada juga fitur player versus player atau PvP semoga setiap pemain bisa bertarung melawan satu pemain yang lain.

Baca Juga: 21 Game Online PC Gratis dan Ringan

Dalam RPG, metode pertarungannya bersifat soliter. Pemain dituntut untuk menyelesaikan seluruh misi secara individual atau sendirian sehingga jalan cerita game RPG bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Meskipun bersifat soliter, game RPG memiliki narasi yang lebih elok dan emosional.

Berdasarkan beda game RPG dan MMORPG di atas, ada yang lebih memilih memainkan RPG dan ada yang lebih bahagia memainkan MMORPG. Genre game yang mana yang lebih Anda sukai?