Blogger Jateng

Rangkuman Biologi Kelas 10: Ruang Lingkup Biologi

Biologi ialah salah satu ilmu yang penting dalam memahami seluk beluk mahluk hidup di muka bumi. Bagi yang membutuhkan rangkuman materi tentang ruang lingkup biologi, silahkan cek di bawah. Bahasan pertama biologi di semester 1 kelas 10 yakni terkait penelitian ilmiah dan ruang lingkup biologi yang menjadi satu kesatuan. Segala hal tentang mahluk hidup dihasilkan dari observasi-observasi terhadap komponen mahluk hidup dari yang terkecil hingga paling besar.
 Jangan lupa untuk like dan share konten blog ini ke sobat-teman yang lain ya di grup Wa, telegram dan lainnya. 
1.  Biologi berasal dari kata bio (hidup) dan logos (ilmu), jadi biologi dapat diartikan selaku ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan. 2. Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat atom, molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, sampai bioma dan biosfer.
3. Menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi mempunyai  objek berupa Kingdom (kerajaan), yakni Animalia (hewan), Plantae (tanaman), dan Protista (makhluk hidup seperti binatang atau mirip flora). 4. Uniseluler yaitu makhluk hidup bersel satu dan tidak dapat dilihat secara pribadi. Kita bisa melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dijalankan oleh bab-bab penyusun sel itu sendiri.
5. Multiseluler merupakan makhluk hidup bersel banyak, bisa dilihat secara pribadi tanpa pertolongan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian peran yang bagus.
6. Eukariotik ialah makhluk hidup yang mempunyai membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).
7. Prokariotik merupakan makhluk hidup yang belum mempunyai membran inti sel sehingga bahan-materi inti sel bercampur dengan sitoplasma. 8. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil bahan organik dari makhluk hidup lain dan  tidak  bisa  membentuk  bahan  organik sendiri.
9. Autotrof ialah makhluk  hidup  yang  mampu  menawarkan  materi organik  sendiri lewat  proses  fotosintesis. Makhluk  hidup  ini dicirikan dengan adanya  klorofil atau kemampuan  menguraikan
materi-materi kimia sebagai energi dalam pembentukan materi organik. 10. Penelitian ialah salah satu tahap tata cara ilmiah  yangmenggunakan tindakan yang sistematis dan terstruktur serta berpikir logis.
 11. Menurut metodenya, observasi bisa dibedakan menjadi pengamatan deskriptif, pengamatan sejarah, pengamatan survey dan observasi eksperimen. 12. Tahapan pengamatan meliputi permumusah duduk perkara dan hipotesis, penetapan tujuan observasi, perumusan variabel penelitian, studi pustaka, penentuan metode observasi, penyuguhan hasil, pembahasan hasil pengamatan, akhir. 13. Dalam melaksanakan pengamatan, harus diamati beberapa aspek, ialah taraf perlakuan, pengendalian faktor lain, pengulangan, dan pengukuran
 13. Sikap ilmiah seorang peneliti diantaranya bisa membedakan fakta dna opini, berani dan santun dalam bertanya dan anjuran, menyebarkan rasa keingintahuan, peduli terhadap lingkungan, berpendapat secara ilmiah dan kritis, berani memperbaiki hasil pengamatan, melaksanakan pekerjaan sama, jujur terhadap fakta lapangan dan rajin. 14. Hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam bentuk jurnal, buku, majalah, atau pelatihan.