Blogger Jateng

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 6-10

Halo kawan-mitra lanjut lagi kita bahas soal OSP Geografi 2019 nomor 6-10 ya agar lebih mantap lagi daya wawasan kalian.
Jangan lupa like dan share blognya ke teman-sobat lain untuk materi diskusi bareng . Pembahasan versi video tersedia juga di chanel ILMUGURU, subscribe ya!.
Soal OSP Geografi
6. ARLINDO (Arus Lintas Indonesia) ialah salah satu arus di Indonesia yang berperan penting dalam pengaturan iklim di sekitar Asia Tenggara dan Australia. Arus ini disebabkan oleh ...a. angin muson yang berbalik arah setiap 6 bulan sekali di wilayah Indonesiab. ketinggian permukaan air maritim di Samudera Pasifik bagian barat yang lebih tinggi daripada tinggi permukaan air laut di Samudera Hindia penggalan timurc. ketinggian permukaan air laut di Samudera Pasifik belahan barat yang lebih rendah daripada ketinggian permukaan air maritim di Samudera Hindia kepingan timurd. perbedaan temperatur antara air laut di Samudera Pasifik yang lebih hangat dibandingkan dengan air laut di Samudera Hindiae. perbedaan temperatur antara air bahari di Samudera Pasifik yang lebih hambar daripada air bahari di Samudera Hindia KunciArus Lintas Indonesia (ARLINDO) atau Indonesian Through Flow secara biasa memang terjadi lantaran perbedaan elevasi atau ketinggian muka air laut rerata antara Lautan Pasifik sebelah barat dengan Lautan Hindia yang menjadikan terjadinya arus yang berasal dari Lautan Pasifik menuju Lautan Hindia lewat perairan Indonesia.
Kejadian ARLINDO ini disangka berhubungan dengan El Nino, dimana semakin besar transportasi massa air oleh ARLINDO maka akan memperlambat siklus El Nino.

7. Anomali densitas ialah salah satu sifat fisik yang dimiliki secara unik oleh air. Fenomena di bawah ini yang bukan merupakan dampak anomali densitas ialah ...a. air danau atau bahari akan membeku pada verbal secara umum dikuasai hambar mulai dari permukaan baru turun ke belahan bawahb. densitas maksimum air adalah pada temperatur 45 derajat Cc. air memiliki kapasitas panas paling tinggi diantara semua zat cair kecuali amoniad. es akan mengapung diatas aire. ikan dan flora laut masih akan hidup meski suhu udara diatasnya sangat cuek KunciDensitas itu kan massa jenis air, nah densitas air ini dipengaruhi oleh perbedaan suhu, salinitas dan tekanan. Kaprikornus yang gak berkaitan dengan densitas adalah yang E. Itu lebih terhadap aspek kesanggupan biota dalam beradaptasi dengan lingkungan perairan.
 
8. Daerah kesempatanpenangkapan ikan di suatu perairan mampu dideteksi dengan melakukan evaluasi sebaran klorofil serta temperatur. Dari kedua parameter tersebut dicari suatu kawasan yang disukai oleh ikan, salah satunya adalah kawasan upwelling alasannya adalah ....a. perairannya kaya akan nutrien dan bahan kuliner ikanb. perairannya kaya akan oksigenc. perairannya kaya mempunyai temperatur yang hangatd. perairannya bersifat tenang baik arus maupun gelombangnyae. perairannya tidak terusik oleh predator pemangsa ikan yang besar KunciUpwelling terjadi dikala massa air naik dari lapisan bawah ke atas secara vertikal ke permukaan. Di tempat itulah akan berkumpul fitoplankton, yang selanjutnya memanggil kehadiran zooplankton dan ikan. Proses ini menjinjing perairan menjadi lebih subur, selaku dasar dalam rantai masakan. 
Dengan banyaknya fitoplankton, akan disertai zooplankton. Ini akan mempesona kedatangan ikan-ikan kecil, sampai ikan besar. Termasuk pula mamalia maritim, seperti paus dan lumba-lumba
 9. Hutan bakau ialah salah satu ekosistem di kawasan pesisir yang mempunyai jasa ekosistem pengatur (regulating). Contoh di bawah ini yang bukan ialah jasa ekosistem pengatur dari bakau yaitu ....a. penyerap dan penyimpan karbonb. pemurnian airc. pencegah erosi pantaid. pengatur siklus air dan nutriene. penyedia bahan masakan dan obat-obatan KunciAda dua fungsi hutan bakau yaitu fungsi ekologis dan fungsi hemat. Nah yang fungsi ekologis ini berhubungan dengan pengatur ekosistem, yang fungsi ekonomi berhubungan dengan penyediaan keperluan ekonomi penduduk mirip untuk materi masakan dan obat-obatan.
 10. Interaksi antara aspek biotik dan abiotik pada sebuah ekosistem bisa terusik oleh adanya sebuah situasi ajaib (stranger). Contoh keadaan aneh pada interaksi abiotik dengan biotik di hutan ialah ...a. penebangan pohonb. pemanasan temperatur udarac. perburuan binatang liard. masuknya spesies gila ke dalam sebuah hutan yang bukan habitatnyae. berkurangnya jumlah suatu spesies burung di hutan  Kunci Ini berhubungan dengan fenomena invasif biologi. Umumnya, invasi terjadi karena sebuah kompetisi. Spesies senantiasa berkompetisi dengan spesies lain untuk menerima sumber daya sebanyak-banyaknya sehingga salah satu caranya yaitu dengan berkembang dan berkembang biak secepat mungkin. Hal ini cukup mengeliminasi spesies asli dari persaingan memperebutkan sumber daya. Selain dengan tumbuh dan meningkat dengan segera, mereka juga melaksanakan interaksi yang kompleks dengan spesies asli. Sumber: Wikipedia.
Lanjut: Soal No 11-15