Blogger Jateng

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 26-30

Oke sobat-sobat sekalian kita lanjut lagi ya untuk membicarakan kunci balasan OSP Geografi tahun 2019 nomor 26-30. 
Soal nomor ini banyak menampung topik seputar pertumbuhan kota dan lingkungan perkotaan. Jangan lupa juga datangi chanel ILMUGURU di youtube.
26. Tipe pertanian sebuah negara sangat dipengaruhi oleh posisi lintang geografis. Berikut ini yaitu tipe pertanian yang berada di negara subtropis, yaitu ...a. persawahan, ladang berpindah, mediteran, ladang gandumb. ladang gandum, perkebunan anggur, penggembalaan ternak ladang berpindahc. pertanian mediteran, ladang gandum, peternakan sapi perahd. pertanian mediteran, ladang berpindah, peternakan sapie. ladang gandum, peternakan sapi, perkebunan buah, peternakan nomaden Kunci Negara subtropis berada di lintang sedang dengan kombinasi gosip terkini terperinci dan peradaban yang sudah ajeg dan tidak ada lagi metode nomaden. Pesawahan, ladang berpindah hanya didapatkan di negara tropis. Jadi jawabannya C.
 27. Perkembangan kawasan terbangun yang terjadi sepanjang jalan dan kadang-kadang tidak terjadwal diketahui dengan ungkapan ...a. central developmentb. unwanted developmentc. confused developmentd. crazy developmente. ribbon development KunciKota mengalami kemajuan dari waktu ke waktu seiring bertambahnya populasi. Proses penyebaran kota ini disebut urban sprawl. Perkembangan kota ini ada yang direncanakan dan ada yang tidak direncanakan atau almiah. Ada beberapa acuan urban sprawl salah satunya ribbon development. 
Pada lazimnya perkembangan berupa pita/ribbon terjadi selaku balasan kenaikan metode jaringan jalan dan perkembangan kemudian lintas kendaraan bermotor. Secara alamiah, kecenderungan setiap orang membangun acara sedekat mungkin dengan jalur jalan utama. Jika tanpa pengendalian yang efektif bisa mengakibatkan problem:
 28. Gagasan-ilham baru yang konkret dalam kaitannya dengan pengembangan kota yang final-akhir ini disebarluaskan tidak termasuk ....a. smart cityb. green cityc. gambling cityd. heritage citye. dead city KunciBisa diidentifikasi dari kata bahasa Inggrisnya, yang salah yaitu "dead city" atau mempunyai arti kota mati.
 29. Dokumen lingkungan yang harus dibentuk sebelum membangun suatu daerah ialah ...a. UKL UPLb. RTRWc. RDTRd. AMDALe. Studi Kelayakan
KunciTentunya sebelum membangun tempat maka harus dibentuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). AMDAL ialah salah satu instrumen pengelolaan lingkungan hidup. AMDAL mempunyai peranan dan fungsi yang strategis dalam upaya pencegahan dan pengendalian kerusakan lingkungan. Melalui AMDAL suatu planning usaha atau acara telah menuangkan komitmen pengelolaan lingkungan yang mau dilakukannya.
30. Proses globalisasi tidak bisa dicegah salah satunya sebab kemajuan teknologi. Bentuk perusahaan yang pemilik, administrasi, pelanggannya dari berbagai negara disebut ...a. KFCb. BSMc. MNCd. UNOe. MCD  KunciMungkin jikalau berkaitan globalisasi maka perusahaan yang bersifat global yaitu MNC (Multinational Corporation).
 Lanjut: Soal No 31-35