Blogger Jateng

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 36-40

Halo mitra-kawan sekalian lanjut lagi kita bahas kunci soal OSP Geografi 2019 nomor 36-40 ya. Topik materinya masi seputar perkotaan dan perkembangannya.
Kota yaitu hasil interaksi manusia dengan lingkungannya yang terus berkembang sejak jaman dulu. Konsep kota sekarang makin terbaru dan mengarah ke periode milenium dengan aneka macam terobosan teknologinya.
36. Daya dukung lingkungan sungguh penting untuk dikalkulasi alasannya adalah memperlihatkan kesanggupan lingkungan untuk mendukung kehidupan mahluk hidup secara berkelayakan. Data yang diperlukan secara eksklusif untuk mampu mengkalkulasi indeks daya dukung lingkungan di sebuah tempat ialah ...a. tekanan pendudukb. komposisi pendudukc. pertumbuhan pendudukd. kualitas penduduke. pendapatan penduduk KunciDaya dukung lingkungan ialah kesanggupan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan  manusia, makhluk hidup lain, dan keseimbangan antar keduanya. Dengan demikian, kesanggupan ini sangat tergantung pada kekayaan sumberdaya yang dimiliki oleh sebuah daerah dan tingkat keperluan  sumberdaya oleh  suatu organisme. Kemampuan daerah (wilayah) yang bersangkutan tidak pernah menyusut, atau secara terus menerus terpelihara. 
Data yang mampu dicari untuk menjumlah indeks daya dukung lingkungan ini yaitu pertumbuhan penduduk, jadi nanti mampu dilihat proyeksi populasinya. Nanti ketimbang kondisi sumber daya alamnya. Kira-kira masih sepadan gak jumlah populasi dengan sumber daya lingkungannya.
 37. Katakomba Paris atau Catacombes de Paris ialah suatu kawasan rekreasi berbentukmakam di bawah tanah. Termasuk ke dalam jenis pariwisata apakah kawasan tersebut ...a. Ecotourismb. Doom tourismc. Dark tourismd. Architourisme. Gastrotourism KunciDark tourism yaitu perjalanan ke situs-situs yang mempunyai bencana , kisah, atau sejarah wacana akhir hayat manusia secara tragis dan memilukan/mengenaskan dan aktivitas untuk menguatkan kenangan atas peristiwa dan korbannya di situs tersebut. Contohnya Catacombes de Paris 38. Terdapat dua era waktu terbaik untuk mendaki gunung Kilimanjaro yakni pada bulan Januari-Maret dan bulan Juni-Oktober alasannya adalah ...a. Juni-Oktober bertepatan dengan kala libur demam isu cuek di Eropab. Kenya mengalami lisan dominan masbodoh sehingga Gunung Kilimanjaro sedang bersaljuc. Mitos yang meningkat bahwa Kilimanjaro tidak baik dikunjungi selain Juni-Oktoberd. Rata-rata curah hujan salju pada periode itu lebih rendah dibandingkan era yang laine. Terdapat promo penerbangan murah pada Juni-Oktober dari berbagai kawasan di dunia KunciKilimanjaro yaitu gunung api tipe dormant di Afrika dan tertinggi di benua tersebut dengan puncak salju abadi yang mempesona. Bulan Januari-Maret dan Juni-Oktober ialah informasi terkini hangat disana jadi lebih enak untuk naik gunung. Lihat contoh cuacanya dibawah ini. Kaprikornus waktu terbaik ke Kilimanjaro sesuai tabel di bawah ini.
Waktu terbaik ke Kilimanjaro
39. Eksplorasi, keterlibatan, pengembangan, konsolidasi dan stagnasi ialah tahapan dari ...
a. Doxey's Irritation Indexb. Bryan's Leisure Experience Continuumc. Butler's Tourist Area Lifecycled. Plog's Psychographic Continuume. Britton's Tourism Enclave Model KunciIni udah ada di soal-soal sebelumnya, jawabannya yaitu Teori Siklus Wisata Butler. Cari aja di google ada penjelasannya banyak atau di soal sebelumnya yang udah saya diskusikan.
 40. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!1. Jumlah dan perkembangan masyarakattinggi2. Aksesibilitas ke perbankan tinggi3. Program transmigrasi4. Sanitasi lingkungan jelek5. Tingginya tingkat kejahatan dan kerawanan sosialKarakteristik yang dimiliki slum area ditunjukkan angka ...a. 1, 2 dan 3b. 1, 3 dan 4c. 2, 3 dan 5d. 1, 4 dan 5e. 2, 4 dan 5 KunciIni mah rada gampang ditebak ya, slum area atau pemukiman kumal dicirikan oleh kondisi yang buruk mirip angka 1, 4 dan 5.

Baca juga: Soal no 41-45