Blogger Jateng

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 31-35

Oke gan kita lanjut lagi bahas soal OSP Geografi 2019 nomor 31-35 ya biar semakin tambah lagi wawasannya. 
Topik pada soal ini terkait geografi ekonomi dan globalisasi ya guys. Pastikan juga untuk banyak baca materi di web yang kompeten.
31. Reaksi kepada bersinerginya negara-negara Asia Pasifik ke dalam APEC maka negara-negara Eropa dan Asia membentuk ...a. OPECb. ASEANc. NAFTAd. AFTAe. ASEM
KunciASEM merupakan forum obrolan dan koordinasi antar-tempat Asia dan Eropa yang ditujukan untuk menciptakan kemitraan dan pertumbuhan Asia-Eropa, memperkuat obrolan yang setara dan membangun saling pengertian kedua tempat.

32. Akhir-tamat ini marak meningkat penggunaan teknologi digital dalam jual beli barang dan jasa mirip Bukalapak, Grab, Gojek yang pada hakikatnya ialah bentuk ....a. corporationb. subsistence economyc. shared economyd. free tradee. cooperation KunciShared atau sharing economy itu adalah salah satu versi konsumsi kolaborasi. Tujuan model ekonomi ini biar mampu menawarkan akses sarat pada semua sumber daya perusahaan dan mampu disantap atau dimanfaatkan bersama pengguna lain.
Kaprikornus, langkah-langkah sharing economy ini bisa membantu mengembangkan semangat dalam melakukan bisnis, sebab pihak usahawan bisa melakukan banyak sekali tindakan efisiensi sumber daya dengan cara melaksanakan konsumsi secara bersama-sama dengan pengguna lainnya.
Saat ini, sudah berbagai pola sharing economy yang diterapkan oleh perusahaan besar, misalnya yakni perusahaan startup yang mengandalkan adanya teknologi pada ponsel pintar, seperti aplikasi mirip Gojek, Grabbike, Airbnb, dl
33. Kota mempunyai daya magnet tinggi untuk diserbu pekerja dari kawasan suburban. Penduduk suburban yang melaksanakan pekerjaan di kota secara ulang-alik terklasifikasi melaksanakan mobilitas tipe ...a. migrasi harianb. sirkulasic. komutasid. urbanisasie. reurbanisasi KunciMenurut  Mantra  (2012) migrasi sirkuler adalah gerak masyarakatyang melintas batas  kawasan  asal  menuju  ke  wilayah  lain dengan  tidak  ada  niatan  menetap  di  tempat tujuan  meskipun  tinggal  dalam  periode  waktu yang  lama  tetapi  tidak  berniat  untuk menetap  di  tempat  tujuan .

34. PDB mampu digunakan untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara dari waktu ke waktu. Perhatikan tabel 1 di bawah ini yang memperlihatkan perkembangan YoY (Year on Year) PDB Indonesia selama masa waktu 2011-2016.Pernyataan tidak tepat terkait keadaan perekonomian Indonesia tahun 2016 adalah ...a. pertumbuhan ekonomi membaikb. kinerja ekspor melemahc. konsumsi rumah tangga stabild. investasi melemahe. belanja pemerintah mengalami kontraksi KunciSesuai data di tabel, pertumbuhan ekonomi harusnya menurun bukan membaik.

35. Merujuk pada data yang dihidangkan pada tabel 1, salah satu hal yang ditengarai menjadi penyebab utama perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia (<6%) semenjak 2013 adalah ....a. lemahnya kinerja eksporb. investasi abnormal berkurangc. tingginya kinerja impord. belanja pemerintah terlalu tinggie. belanja pemerintah terlalu rendah
KunciInvestasi berkurang sebab melemahnya nilai tukar rupiah, kenaikan suku bunga teladan sehingga para penanam modal masih gamang untuk melakukan perluasan ke Indonesia. Hal ini menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi.
Lanjut: Soal No 36-40