Blogger Jateng

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 21-25

Halo gan kita gaspol lagi diskusikan kunci tanggapan soal OSP Geografi 2019 nomor 21-25 ya. Jangan lupa untuk share dan like blog nya.
Pembahasan lewat video juga tersedia di chanel youtube ILMUGURU, silahkan subscribe kini juga!. Soal nomor 21-25 terkait dengan geomorfologi dasar.
21. Faktor yang tidak besar lengan berkuasa terhadap pelapukan atau proses penghancuran massa batuan adalah ...a. struktur batuanb. iklimc. topografid. gempa bumie. biologi KunciIni sama artinya dengan faktor apa saja yang bisa menjadikan pelapukan batuan. Pelapukan menggambarkan rusak atau larutnya watu dan mineral di permukaan Bumi. Air, es, asam, garam, flora, binatang, dan pergantian suhu ialah semua distributor pelapukan.  Topografi juga menghipnotis pelapukan karena akan menyebabkan perbedaan suhu dan kehadarian es atau tidak yang bisa menghancurkan batuan. Gempa juga bisa berperan dalam proses penghancuran batuan.Yang bukan biro pelapukan yakni struktur batuan. Struktur batuan adalah susunan perlapisan yang umum timbul pada batuan mirip ripple mark, granular dll.

22. Bagian sungai yang mempunyai erosi dasar yang lebih besar dibandingkan dengan erosi tebing sungai yaitu ...a. hilir sungaib. tengah sungaic. bantaran sungaid. tebing sungaie. hulu sungai KunciErosi vertikal/dasar sungai lebih besar di hulu alasannya imbas topografi sehingga kecepatan ajaran sungai lebih tinggi. Sementara di daerah hilir erosi tebing/lateral lebih besar dibanding vertikal karena kecepatan fatwa yang mulai menurun seiring topografi yang melandai.

23. Daerah perbukitan dan pegunungan denudasional kebanyakan mempunyai kesempatan mengalami proses ...a. abrasi dan longsorb. kekeringan litologisc. banjir bandangd. gempabumie. banjir genangan KunciBentuk lahan denudasional ialah bentuk lahan yang terbentuk alasannya adalah adanya tenaga eksogenya aitu proses pelapukan, erosi, mass wasting, dan sedimentasi. Denudasi berasal kata nude atau telanjang. Makara tujuannya penelanjangan permukaan bumi. Biasanya proses denudasi ini akan memunculkan sisa formasi/morfologi yang paling resisten alasannya adalah cuilan lain disekitarnya telah hancur. Contohnya mirip fenomena messa, butte, uluru dll. Kalau denudasi di perbukitan mungkin akan beresiko abrasi dan longsor.
Uluru di Australia
24. Iklim di Nusa Tenggara Timur yang memiliki curah hujan rendah menjadikan vegetasi sabana mendominasi daerah ini. Biomassa ini lazimnya dimanfaatkan masyarakatuntuk perjuangan ...a. perkebunan buah lontarb. peternakanc. pertaniand. ladang berpindahe. studi lahan kering KunciSabana umumdimanfaatkan untuk program peternakan binatang mirip kuda Sumbawa atau sapi.

25. Wilayah kepulauan Wallacea yaitu pulau-pulau di Indonesia bagian tengah yang terdiri atas pulau Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara Timur dan Kepulauan Maluku. Wilayah ini lazimnya mempunyai sifat iklim yang lebih kering dan kelembaban udara yang lebih rendah sehingga sangat menghipnotis tipe vegetasi alaminya. Berikut ini ialah tipe vegetasi yang mampu dijumpai pada daerah kepulauan Maluku ...a. vegetasi hutan pegunungan mirip berjenis rempah, kenari, kayu eboni, lontar, sabanab. vegetasi hutan adonan seperti berjenis rempah, kenari, kayu eboni dan lontarc. vegetasi hutan dataran rendah seperti hutan sub Alpin, riskan gambut dan vegetasi reofitd. vegetasi hutan dataran tinggi seperti asosiasi kenangae. vegetasi hutan rawa lahan berair mirip perkumpulan Barringtonia sp KunciMaluku secara umum memiliki vegetasi hutan tipe adonan dari mulai hutan pegunungan sampai hutan dataran rendah. Kalau lahan rawa lembap tidak begitu familiar di wilayah tersebut. Jadi jawabannya b. Ada keyword rempah juga tentu saja mampu ditebak, dari jaman kolonial, Maluku kaya rempah-rempah yang jadi komoditas utama penjajah untuk diekspor ke Eropa.
Lanjut: Soal No 26-30