Blogger Jateng

Soal + Kunci UM UGM Soshum Geografi 2019 (26-30)

Halo sahabat-teman semuanya para pejuang UM atau SIMAK UI, kali ini saya akan coba lanjut membahas teladan soal UM UGM geografi tahun 2019.
Untuk soal sebelumnya saya telah berikan di blog aku yang lainnya, linknya ada di artikel ini. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini bila berguna.
UM UGM dan SIMAK UI gak jauh beda kok tipe soalnya, jadi kau bisa belajar dari soal-soal berikut ini. Soal nomor 26-30 ini masuk bertipe pilihan ganda umumya gan. Baca juga: Soal UM UGM nomor 21-25

A. Pilihlah balasan yang tepat diantara a, b, c, d atau e!26. Analisis yang mampu digunakan untuk mencari rute paling efektif pada SIG yakni ....a. overlayb. networkc. matchingd. classificatione. buffer KunciUntuk mencari rute dalam SIG (misal google map), maka analisa networking atau jaringan yang digunakan. Networking atau Analisis jaringan pada SIG digunakan untuk mendapatkan jarak terpendek lewat segmen garis  berdasarkan  panjang geometri garis.      27. Urutan penyesuaian jenis vegetasi mangrove dari lingkungan perairan asin ke perairan air tawar ialah ....a. Nyfa futricans, Bruguiera sp, Sonneratia sp, Avicennia sp, Rhizophora sp.b. Bruguiera sp, Avicennia sp, Sonneratia sp, Rhizophora sp, Nyfa futricans.c. Bruguiera sp, Rhizophora sp, Avicennia sp, Sonneratia sp,  Nyfa futricans.d. Rhizophora sp, Bruguiera sp, , Avicennia sp, Sonneratia sp, Nyfa futricans.e. Avicennia sp, Sonneratia sp, Rhizophora sp, Bruguiera sp, Nyfa futricans. KunciEkosistem mangrove berada di daerah pesisir pantai dan memiliki zona vegetasi berlawanan dari lingkungan air tawar sampai menuju perairan asin. Gambarnya zona hutan bakau ada di bawah ini.
Zona vegetasi mangrove

28. Contoh mitigasi struktural untuk mengurangi resiko peristiwa ialah ...a. membangun penduduk sadar kejadianb. mendesain jalur penyelamatanc. mendesain tayangan tentang penyelamatan dari peristiwad. membangun jaringan sukarelawan penanggulangan bencanae. membangun metode training tanggap peristiwa KunciMitigasi struktural ialah acara berupa menciptakan infrastruktur pendukung mitigasi misalnya merancang papan jalur penyelamatan di daerah rawan tragedi.
 29. Penyebab kekeringan pada kawasan karst adalah ....a. curah hujan rendahb. evapotranspirasi tinggic. kerapatan vegetasi rendahd. banyak terdapat rekahane. batuan yang mudah larut KunciWilayah karst atau kapur sering mengalami kekeringan dikala musim kemarau datang, hal ini dikarenakan kawasan karst memiliki banyak rekahan-rekahan sehingga air tanah meresap jauh ke bawah sampai metode sungai bawah tanah. 
 30. Salah satu langkah-langkah untuk mencegah laju pengikisan tanah dan sedimentasi adalah pembangunan ....a. embung dan teraseringb. cek dam dan wadukc. tanggul sungai dan bendungand. penampungan air hujane. sumur resapan dan drainase 
KunciUntuk meminimalkan laju erosi tanah dan sedimentasi mampu dengan membuar tanggul sungai dan bendungan. Tanggul sungai mampu dibangun di sepanjang kiri dan kanan ajaran sungai, sementara bendungan mampu dibentuk melintang anutan sungai, sehingga laju air mampu diatur.
Embung adalah bak penampungan air hujan untuk mitigasi kekeringan di daerah tertentu seperti karst.
Lanjut: Soal No 31-35 (alasannya akibat)