Blogger Jateng

Soal + Kunci UM UGM Soshum Geografi 2019 Hubungan Sebab Akibat (31-35)

Halo mitra-kawan seluruhnya, kali ini kita akan diskusikan lagi soal UM UGM tahun 2019 nomor 31-35. Soal ini bertipe karena akhir jadi kalian harus lebih cekatan lagi menguasai topik materinya.
Kalian mesti sering berlatih mempesona kekerabatan karena akibat dari sebuah fenomena geosfer. Caranya yakni dengan mencoba membuat soal sendiri dan diberikan kepada sobat-teman.
Jangan lupa juga datangi chanel ILMUGURU di youtube ya dan subscribe.
B. Soal Hubungan Sebab Akibat UM UGM 2019 Geografi31. Equinox adalah peristiwa alam dengan waktu siang dan malam yang samaSEBABFenomena ini memperlihatkan titik balik matahari, yaitu ketika matahari sempurna di atas ekuator dan lingkaran penyinaran matahari melintasi kedua serpihan bumi utara dan selatan. KunciEquinox ialah fenomena ketika matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Pada ketika ini, seluruh kawasan di Bumi akan memiliki jumlah jam siang 12 jam, serta jam malam 12 jam pula. Equinox yang terjadi pada 21 Maret disebut selaku vernal equinox (berita terkini semi) untuk kawasan bumi kepingan utara. 
Gerak semu tahunan matahari
Sementara bagi penggalan selatan Bumi, Equinox ini menjadi autumnal equinox (trend gugur). Fenomena equinox menerangkan peralihan info terkini bagi kedua daerah Bumi. Equinox akan kembali terjadi sekitar tanggal 22 September, yang mau menjadi permulaan ekspresi secara umum dikuasai semi bagi kawasan selatan, dan ekspresi lebih banyak didominasi gugur untuk kawasan utara. Fenomena equinox menunjukkan bukti titik balik peredaran semu matahari.  Makara pernyataan dan argumentasi benar dan memberikan hubungan sebab akibat.

32. Danau Batur di Bali dan Danau Kelimutu di Flores ialah danau yang terbentuk sebab proses tektonik.SEBABPulau Bali dan Pulau Flores tergolong kawasan rawan kepada gempa bumi tektonik. KunciDanau Batur dan Kelimutu termasuk danau vulkanik alasannya terbentuk lantaran hasil erupsi sehingga membentuk kawah yang digenangi air. Sementara itu pulau Bali dan Flores berada di zona ring of Fire selatan (subduksi lempeng) sehingga beresiko gempa tektonik.
Danau Kelimutu di Flores
Kaprikornus pernyataan salah dan alasan benar.
 33. Daya dukung lingkungan ialah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi dan komponen lain yang masuk atau dimasukan kedalamnya guna mendukung pemanfaatannya secara lestari.SEBABSetiap penyusunan rencana pemberian dan pengelolaan lingkungan hidup harus didasarkan atas daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup. KunciDaya dukung lingkungan hidup pada dasarnya yaitu kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan insan dan makhluk hidup lain . Hal ini tercermin dari tugas lingkungan dalam menyerap zat, energi dan unsur yang lain sehingga dapat mendukung kehidupan.  Sementara itu pengelolaan lingkungan hidup memang mesti berpedoman pada daya dukung dan daya tampung lingkungan. Daya tampung lingkungan yakni batas maksimum populasi yang mampu ditampung satu unit ekosistem lingkungan hidup.
Kaprikornus pernyataan benar, alasan benar tetapi tidak menawarkan kekerabatan alasannya selesai.
 34. Pola mulut kesenjangan antar wilayah dibedakan menjadi dua yaitu teladan ekspresi kesenjangan struktural dan teladan ekspresi kesenjangan kultural. SEBABKesenjangan antara daerah disebabkan oleh perbedaan aksesibilitas fisik daerah. KunciKesenjangan struktural dicirikan dari perbedaan pembangunan infrastruktur sementara kesenjangan kultural terkait ketidakseimbangan yang terjadi ketika kemajuan budaya tidak terjadi secara keseluruhan, melainkan berlainan-beda. Salah satu contoh aktual adanya kesenjangan budaya di tengah penduduk , di mana masyarakat mau mendapatkan hasil teknologi maju tanpa diimbangi dengan pengetahuan yang cukup ihwal perlunya perawatan terhadap benda-benda teknologi terbaru tersebut.Telepon umum dirusak, halte bussway dicore-coret dll.
Sementara kesenjangan antara daerah bukan cuma dilihat dari kondisi aksesibilitas fisik saja namun ada faktor-faktor yang lain yaitu: 1. Perbedaan kandungan sumber daya alam. 2. Perbedaan kondisi demografis. 3. Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa. 4. Konsentrasi acara ekonomi kawasan. 5. Alokasi dana pembangunan antar wilayah.
Namun jikalau dilihat satu faktor saja memang aksesibilitas menjadi salah satu penyebab kesenjangan kawasan. Makara pernyataan dan alasan benar namun keduanya tidak ada relasi karena akhir.

35. Mobilitas penduduk yang terjadi pada abad prasejarah selaku bukti bahwa sumber daya tidak terdistribusi secara merata antar kawasan.SEBAB
Sejak insan memasuki fase periode berburu dan meramu, insan sudah berpindah dari satu tempat ke daerah lain yaitu dengan cara nomaden untuk mendapatkan bahan pangan.
KunciPernyataan dan alasan keduanya benar dan memberikan korelasi sebab akhir. Manusia prasejarah sering berpindah-pindah untuk mencari sumber pangan, karena adakalanya sumber pangan di satu lokasi habis atau ada keadaan alam tertentu. Sejak fase berburu dan meramu, manusia purba mulai hidup nomaden atau berpindah-pindah untuk mencari sumber kehidupan.
Lanjut: Soal Nomor 36-40