Blogger Jateng

Soal + Kunci UM UGM Soshum Geografi 2019 No 36-40

Halo teman-sahabat lanjut lagi nih kita bahas soal UM UGM Geografi nomor terakhir ya. Untuk 5 nomor terakhir ini bertipe pilihan 1-4.
Jangan lupa juga datangi chanel ILMUGURU di youtube untuk dapatkan video-video pembelajaran geografi, tips belajar dan pembahasan soal-soal terkini.
36. Dataran aluvial sungguh potensial untuk kawasan pengembangan pertanian dan pemukiman yang didukung oleh faktor berikut ...1. topografi datar dan daya dukung lahan tinggi2. tersusun oleh tanah aluvial yang subur3. air permukaan tersedia melimpah4. adanya akuifer yang memiliki potensi
KunciTanah aluvial ialah tanah yang terbentuk alasannya endapan lumpur sungai. Ciri-ciri kawasan yang biasa terbentuk tanah aluvial diantaranya:- topografi datar dan daya dukung lahan tinggi (untuk pertanian)- erat anutan sungai- air pemukaan melimpah karena akrab sungai- akuifer sungai potensial sebab didukung oleh metode sungai- tanahnya kaya mineral dan cocok untuk pertanianJadi semua balasan benar dari 1-4.

37. Faktor genesis dan dinamika bentanglahan yang mengakibatkan perkembangan contoh anutan sungai adalah ...1. morfologi dan proses geomorfologi2. morfologi dan dinamika tempat aliran sungai3. struktur geologi dan tektonik4. jenis dan karakteristik tanah KunciPola aliran sungai berdasarkan Thornbury dipengaruhi oleh aspek struktur geologi, kekerasan batuan, sudut lereng, sejarah geologi serta geomorfologi suatu wilayah (Thornbury, 1969). Jadi tanggapan yang tepat yakni 1 dan 3.

38. Tanaman jati merupakan tanaman komoditas unggul dan bernilai ekonomi tinggi yang bisa tumbuh dalam kondisi lingkungan tertentu yaitu ...1. jenis tanah berlempung dan mempunyai indeks kebasaan tinggi2. lingkungan dengan batuan dasar gamping3. perbedaan ekspresi dominan penghujan dan kemarau kontras4. jumlah bulan-bulan kering lebih panjang dibandingkan dengan bulan berair KunciJati adalah salah satu vegetasi khas wilayah karst atau gamping seperti di Gunung Kidul Yogyakarta. Jati bisa hidup dan meningkat dengan baik di kawasan dengan lingkungan kerikil dasar gamping/karst dan bulan kering lebih panjang dibanding bulan basah.

39. Berikut yakni wilayah yang mampu dijumpai terumbu karang adalah ...1. perairan maritim dangkal dengan material dasar berlumpur2. pulau-pulau kecil bebatuan dasar vulkanik3. perairan laut dangkal dengan material dasar berpasir4. pulau-pulau kecil bebatuan dasar batugamping
KunciTerumbu karang intinya dapat meningkat baik di kawasan perairan maritim tropis baik itu pulau besar maupun kecil. Terumbu karang tidak mampu hidup di kawasan dasar maritim berlumpur jadi mesti jernih. Kaprikornus terumbu karang mampu dijumpai di tempat pulau-pulau kecil dengan bebatuan dasar vulkanik dan batugamping.
Ekosistem terumbu karang
40. Faktor yang menghipnotis proses perkembangan tanah di suatu daerah yaitu ...1. materi induk dan relief2. iklim, waktu dan erosi3. organisme dan waktu4. semua tanggapan benar
KunciPerkembangan dipengaruhi oleh batuan induk, iklim, relief, pengikisan, organisme dan waktu. Semuanya benar. Baca: Faktor Perkembangan Tanah