Blogger Jateng

Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 4

Halo pejuang KSN Geografi propinsi, kali ini lanjut kita diskusikan kunci soal KSNK tahun ini nomor 16-20. Tetap semangat dan jangan mengalah ya, gaspol terus pokonya.
Untuk pembahasan versi video seperti umumsilahkan cek chanel ILMUGURU di youtube, jangan lupa share dan subscribe ya!.
16.    Dalam industri penambangan batubara, kekerabatan yang benar antara mutu batubara dan keadaan lingkungannya yaitu…a.    Semakin dangkal sebuah lapisan batubara, kian tinggi mutu batubara tersebutb.    Semakin dalam sebuah lapisan batubara, kian tinggi kualitas batubara tersebutc.    Semakin terekspos suatu lapisan batubara, makin tinggi kualitas batubara tersebutd.    Semakin banyak organisme sebuah lapisan batubara, semakin tinggi kualitas batubarae.    Semakin sedikit organisme suatu lapisan batubara, makin tinggi kualitas batubara KunciIni soal yang sama dengan prediksi yang aku bagikan. Makara udah niscaya tahu ya batubara itu mempunyai level mutu dari yang terendah hingga yang tertinggi ialah antrasit. Batubara terbentuk karena proses tekanan tinggi di bawah bumi jadi semakin dalam lapisan kerikil bara maka tekanan kian tinggi dan kualitasnya makin baik seiring waktu. Lihat lagi proses pembatubaraan di bawah ini.
Pembentukkan watu bara
17.    Pernyataan yang tepat terkait perbedaan antara shale gas dan conventional gas jikalau ditinjau dari lokasi ekstraknya yakni…a.    Shale gas diambil dari lapisan batu serpih/shale, sedangkan conventional gas didapatkan dari lapisan batupasir/sandstone yang berdampingan dengan minyak bumib.    Shale gas mempunyai komposisi energi yang lebih besar dibandingkan conventional gasc.    Shale gas diambil pada kawasan limb lipatan sedangkan conventional gas didapatkan pada tempat crest lipatand.    Shale gas hanya bisa ditemukan pada struktur sinklin sedangkan conventional gas hanya mampu ditemukan pada struktur antikline.    Shale gas didapatkan di alam dalam bentuk cair, sedangkan conventional gas ditemukan di alam dalam bentuk gas KunciKalau dilihat lokasinya ya shale gas lokasi ekstraknya pada lapisan batu serpih sementara conventional gas pada lapisan batupasir. Gambarnya di bawah.
Lokasi deposit minyak bumi

18.    Permasalahan utama dalam pemanfaatan sumber daya terbarukan nuklir ialah pembuangan limbah yang mengandung zat radioaktif. Dampak dari pembuangan limbah reaktor nuklir antara lain…a.    Limbah reaktor nuklir bisa mengakibatkan aneka macam dilema kesehatan mulai dari peningkatan dilema leukimia hingga mutasi DNAb.    Mutasi genetik tanaman mampu membuat flora tersebut menjadi karnivor hewan, bahkan sampai binatang-hewan yang kompleksc.    Pengolahan limbah nuklir yang memerlukan teknologi yang sangat canggih; memerlukan dana yang cukup besard.    Kasus wabah tertentu seperti influenza akan merebak dimulai dari pemukiman di bersahabat pembuangan limbah hingga ke daerah yang lebih luase.    Tidak mempunyai imbas secara spesifik maupun signifikan terhadap manusia dan lingkungan, selain memiliki waktu paruh yang sungguh panjang KunciLimbah reaktor nuklir sangat berbahaya alasannya adalah bisa memicu kanker sampai mutasi gen. Ini yang terjadi saat bom Hiroshima dan Nagasaki, korban selamat hingga kini menderita alasannya adalah banyak sekali penyakit dan mutasi gen sehingga kualitas hidup menurun.

19.    Indonesia merupakan tempat yang sungguh mempunyai peluangdalam pengembangan energi terbarukan geothermal, tetapi pemanfaatan sumber daya ini sangat sukar dikerjakan apabila ditinjau dari keadaan geografis Indonesia, karena…a.    Biaya perekayasaan yang sungguh besar dalam berbagi dan membangun infrastruktur yang gres di Indonesiab.    Kesulitan teknologi dalam mendeteksi titik-titik potensial panas bumi untuk dikembangkan sebagai sumber energi pembangkitan listrikc.    Jumlah potensi panas bumi Indonesia besar, namun tersebar di banyak titik sehingga tidak banyak titik yang bersifat irit untuk dikembangkan selaku sumber energi pembangkit listrikd.    Sumber daya manusia yang masih tidak terlalu tinggi, sehingga pembangkit listrik yang ada rentan kepada bencana yang disebabkan kesalahan manusiae.    Kondisi wilayah aglomerasi berpotensi panas bumi yang ada di pulau-pulau tertentu sehingga tidak mampu terjadi pemerataan
KunciWilayah Indonesia punya kesempatangeotermal yang tidak mengecewakan bila ditinjau dari sisi lokasi geologis yang berada di zona ring of fire. Namun tidak semua titik bernilai ekonomi tinggi jikalau dikembangkan pembangkit geotermal. Hanya daerah yang bertipe ladang geotermal cekungan dan punya sumur geotermal yang besar dan banyak saja yang mampu diekplorasi. Contohnya di Kamojang dan Dieng.

20.    Fenomena mengeringnya Laut Aral di Asia Tengah merupakan salah satu tragedi lingkungan terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah modern. Pengeringan Laut Aral disebabkan oleh
a.    Pemanasan global yang mengakibatkan kenaikan temperatur dan menguapkan semua air di Laut Aralb.    Pembangunan jalan masuk drainase dari Laut Aral ke Laut Kaspia yang mencampakkan semua air di Laut Aralc.    Pengambilan air besar - besaran oleh penduduk di sekeliling Laut Aral untuk kebutuhan domestik d.    Proyek irigasi ambisius oleh Pemerintah Uni Soviet di kala lalu yang mengalihkan air dari Sungai Amu Darya dan Syr Darya untuk kepentingan pertanian skala besare.    Proyek pembendungan Sungai Ob dan Sungai Volga oleh Pemerintah Uni Soviet untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air
KunciLaut Aral di Uni Soviet berkurang sebab proyek irigasi raksasa Uni Soviet di tahun 1960an. Mereka membangun jaringan irigasi yang sangat besar, termasuk 20.000 mil susukan, 45 bendungan, dan lebih dari 80 waduk, seluruhnya untuk mengairi ladang kapas dan gandum yang luas di Kazakhstan dan Uzbekistan. 
Tapi irigasi ini bocor dan tidak efisien, dan sungai-sungai terkuras menjadi fatwa kecil. Dalam beberapa dekade selanjutnya, Laut Aral kemudian menyusut menjadi beberapa danau kecil, dengan volume adonan yang sepersepuluh dari ukuran danau orisinil dan yang memiliki salinitas yang jauh lebih tinggi, karena evaporasi tinggi. Lanjut: Soal Part 5
Laut Aral sebelum dan setelah proyek irigasi