Blogger Jateng

Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 3

Oke sobat-teman sekalian, kita lanjut lagi bahas soal KSNK Geografi 2021 dan kunci jawabannya bagian ketiga. Jangan lupa share blognya ke teman-sahabat yang lain.
Kunjungi juga chanel ILMUGURU di youtube untuk dapatkan update video pembelajaran dan pembahasan soal-soal geografi terbaru.
11. Revolusi Zaman Batu Baru, atau sering disebut Revolusi Neolitik yakni revolusi besar dalam sejarah kebudayaan manusia. Perubahan besar yang terjadi dalam revolusi tersebut adalah…
a.    Manusia mulai mengenal baca tulisb.    Perubahan cara hidup insan dari nomaden menjadi menetapc.    Perubahan cara hidup insan dari menetap menjadi nomadend.    Perubahan metode pranata sosial dalam kebudayaan-kebudayaan yang ada pada era itue.    Perubahan sistem akidah dalam kebudayaan-kebudayaan yang ada pada abad itu KunciMasa neolitik disebut juga periode revolusi kebudayaan pertanian dari yang tadinya nomaden menjadi menetap. Banyak kejadian yang menimbulkan lahirnya revolusi neolitik diantaranya perubahan iklim, meningkatnya keperluan dan pergantian teladan pertanian dan peternakan. Ketika jaman es selsai sehabis itu terjadi peningkatan curah hujan, permukaan bumi makin hangat dan iklim lebih stabil untuk mendukung kehidupan insan modern.

12.    Salah satu alasan yang mengakibatkan meningkatnya kunjungan turis ke sebuah daerah yakni…a.    Infrastruktur yang terbatasb.    Jam kerja yang lebih lamac.    Jenis wisata yang cuma itu-itu sajad.    Penerbangan murahe.    Sedikitnya hari libur
KunciKegiatan wisata pastinya dikerjakan pada ketika di luar jam kerja atau sedang cuti, libur semester, idul fitri dan yang lain. Nah salah satu alasan kunjungan pelancong meingkat ke suatu daerah pasti adalah tiket penerbangan yang murah sehingga penduduk level menengah ke bawah bisa membeli tiket pesawat untuk menuju lokasi rekreasi.

13.    Salah satu laba dari kegiatan pariwisata ialah…a.    Kemunculan ekspatriatb.    Kerusakan terumbu karangc.    PAD yang meningkatd.    Lalu lintas yang terlalu ramaie.    Terjadi pergeseran budaya dan tradisi lokal KunciKegiatan rekreasi akan menyebabkan efek berantai atau multiplier effect ke aktivitas lain sehingga pasti pendapatan ekonomi tempat akan meningkat. 

14. Pernyataan yang tidak sempurna terkait peta kontur di bawah ini ialah ....a. elevasi paling rendah pada peta kontur tersebut adalah 200 mb. relief diatas menyuguhkan bentuk bukit dari permukaan bumic. kontur ialah daerah kedudukan titik-titik yang memiliki ketinggian samad. kontur interval dari gambar diatas ialah 200 me. slope sebelah kanan lebih curam dibanding sebelah kiri KunciSlope atau kemiringan sebelah kanan itu lebih landai dibanding sebelah kiri. Semakin rapat kontur maka mengindikasikan kawasan itu terjal atau curam, kian renggang kontur maka wilayah kian landai.

15.  Perbedaan faktual antara iklim dan cuaca adalah…a.    Iklim meliputi daerah yang luas, sedangkan cuaca meliputi kawasan lebih sempitb.    Iklim mempunyai jangka waktu yang lebih panjang dibanding cuacac.    Iklim mampu memengaruhi aktivitas insan baik secara langsung maupun tidak, sedangkan cuaca tidak berpengaruh secara signifikand.    Iklim meliputi kawasan yang luas dan waktu yang panjang, sedangkan cuaca meliputi daerah yang sempit dan waktu yang singkate.    Iklim tidak mampu membentuk bioma khas sebuah kawasan, sedangkan cuaca mampu membentuk bioma
KunciDimensi untuk membendakan iklim dan cuaca yakni kawasan dan waktu. Cuaca itu waktunya singkat dan wilayah sempit sementara iklim itu waktunya lama dan wilayah luas.
Lanjut: Soal Part 4