Blogger Jateng

Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 2

Halo sahabat-teman lanjut lagi kita diskusikan soal KSNK Geografi tahun 2021 potongan kedua. Pastikan untuk like dan share blog ini ya!. Jangan lupa kunjungi chanel ILMUGURU di youtube untuk dapatkan pembahasan soal-soal KSN, cobaan utbk dan lainnya. 
6.  Sumber energi alternatif nuklir mampu digolongkan ke dalam jenis pemanfaatan sumber daya…a.    Minyak bumib.    Gas alamc.    Hayatid.    Minerale.    Geotermal KunciBahan baku pembangkit nuklir itu kan mineral seperti uranium jadi termasuk jenis sumber daya mineral. Uranium yakni semacam logam berwarna abu-bubuk keperakan. Saat diambil dari tambang, bijih uranium mengandung sekitar satu persen senyawa uranium oksida. Ini adalah material awal dan masih perlu diproses lebih lanjut.  Sebelum dapat digunakan selaku bahan bakar di PLTN atau untuk membuat bom atom, uranium mesti diperkaya apalagi dulu. Ini dikarenakan uranium alami hanya mengandung sedikit uranium-235 (U-235), bentuk dari uranium yang mudah terbelah dan melepaskan energi besar dalam sebuah proses bernama fisi.

7. Terdapat sebuah negara Eropa dengan komposisi iktikad orangnya sebagai berikut:     
Tabel Sebaran Agama Penduduk
 Negara yang kira-kira mempunyai komposisi iman masyarakatsebagaimana dalam tabel di atas yaitu…a.    Serbiab.    Yunanic.    Albaniad.    Moldovae.    Siprus
KunciAlbania adalah negara yang berada di kawasan Semenanjung Balkan yang ialah pecahan Yugoslavia. Mayoritas agama masyarakatAlbania adalah Islam. Silahkan cek di goolge, gunakan keyword "religion Albania percentage".

8. Negara di Amerika Selatan yang tak mempunyai wilayah laut dan ibu kota negaranya tidak bisa diakses dari laut ialah…a.    Perub.    Boliviac.    Paraguayd.    Uruguaye.    Ekuador

KunciIbukota Bolivia adalah La Paz yang terletak pada ketinggian > 3.600 mpdl. Kota ini menjadi ibukota negara yang berada pada dataran tinggi dan tidak mampu diakses dari laut sebab tidak mempunyai jalur sungai juga yang melalui La Paz dari Pasifik.
Ibukota di Amerika Selatan
9.    Istilah yang tepat untuk negara yang mengalami transisi aktivitas ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder dan tersier yaitu…a.    Negara berkembangb.    Negara industri baruc.    Negara majud.    Negara manufakture.    Negara ndeso
KunciIni mengacu pada model ekonomi Clark-Fisher. Menurut versi Clark-Fisher proporsi tenaga kerja suatu negara yang melakukan pekerjaan pada sebuah sektor terus berubah mengikuti sebuah pola pertumbuhan dari waktu ke waktu. Perkembangan ini terbagi menjadi 3 fase. Fase-fase kemajuan tersebut adalah fase pre-industrial, industrial, dan post-industrial.
1. Fase pe industrial didominasi sektor agraris/primer.2. Fase industrial mulai transisi ke sektor manufaktur/sekunder dan tersier/jasa (membutuhkan banyak tenaga kerja).3. Fase post industrial mulai memakai mesin otomatis (pekerja menyusut), mengarah ke kurun disrupsi.

10.  SCO (Shanghai Cooperation Organization) merupakan organisasi kolaborasi regional Eurasia yang beranggotakan 8 negara. Negara yang tidak termasuk anggota SCO yaitu…a.    Rusiab.    Republik Rakyat Tiongkokc.    Jepangd.    Indiae.    Pakistan

KunciOrganisasi Kerja Sama Shanghai merupakan suatu organisasi antara bangsa di kawasan Asia yang dianggotai oleh Republik Rakyat Tiongkok, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Kecuali Uzbekistan, semua negara yang lain sebelumnya ialah anggota Shanghai Five yang diresmikan tahun 1996. 
Lanjut: Soal KSNK 2021 Part 3