Blogger Jateng

Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 1

Halo kawan-mitra pejuang KSN Geografi, kali ini kita update lagi pembahasan soal KSNK tahun ini. Terima kasih kepada subscriber yang udah ngasih soal tahun ini yang katanya banyak berasal dari soal tahun-tahun sebelumnya.
Kita cek soal dan pembahasannya berikut ini, jangan lupa subscribe juga chanel ILMUGURU di youtube ya!. Akan ada update video pembelajaran geografi dan pembahasan soal-soal terkini. Soal ini nomornya tidak berurutan ya, jadi acak saja yang penting bisa dipelajari tolong-menolong.

1. Sumber daya ialah bentuk material maupun non material dari alam dan lingkungannya yang mampu dimanfaatkan oleh insan bagi kelancaran hidup. Yang dimaksud bentuk non renewable resources diantaranya yakni ....a. anginb. gas alamc. gelombangd. cahaya mataharie. geotermal
KunciSaya rasa jikalau ini gampang ya, non renewable itu kan yang tidak mampu diperbarui atau yang berasal dari fosil seperti minyak bumi dan gas alam. Dimana ada minyak bumi disitu juga niscaya berasosiasi dengan gas alam.
2. Konservasi sumber daya air diantaranya dengan cara ....a. mendaur ulang air limbahb. penggunaan air menjadi tenaga listrikc. penggunaan air untuk kehidupan sehari-harid. memakai sumur bor untuk keperluan rumah tangga dan industrie. pembangunan bak renang ukuran olimpiade di setiap kabupaten/kota di Indonesia
KunciPahami bedanya konservasi dan pemanfaatan (eksploitasi) ya anak-anak. Kalau konservasi itu  sumber daya air yaitu upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan kondisi, sifat, dan fungsi sumber daya air semoga senantiasa tersedia dalam kuantitas dan mutu yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang mau tiba.
Konservasi sumber daya  air mampu dilakukan lewat acara dukungan dan pelestarian sumber  daya air, pengawetan air, pengelolaan mutu air, serta pengendalian pencemaran air, dengan    mengacu pada acuan pengelolaan sumber daya air pada setiap kawasan sungai, dan digunakan selaku teladan dalam perencanaan tata ruang.
Jadi jawabannya mendaur ulang air limbah (tergolong pengendalian pencemaran air).
3. Gerak udara dengan lintasan tertutup akhir perbedaan pemanasan yang tidak merata di seluruh permukaan bumi akan membentuk ...a. vortisitasb. turbulensic. sirkulasid. pusaran udarae. coriolis 
KunciPerbedaan pemanasan di permukaan bumi menciptakan terjadinya perbedaan tekanan udara sehingga akan mengakibatkan terbentuknya pergerakan atau sirkulasi.
Vortisitas adalah ukuran rotasi atau putaran massa udara. Vortisitas didefinisikan selaku sirkulasi udara per satuan luas. Turbulensi adalah gerakan udara yang berputar-putar. Coriolis yakni efek pembelokan alasannya adalah benda berputar/berotasi. 
Pusaran udara udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam insiden langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

4. Nilai total keluaran barang dan jasa yang dibuat di suatu negara dalam jangka waktu tertentu (umumnya satu tahun) disebut…a.  GDI (Gross Domestic Income)b.  GDP (Gross Domestic Product)c.  GNI (Gross National Income)d.  GNP (Gross National Product) KunciGDP yaitu jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh aneka macam unit buatan di kawasan suatau negara dalam rentang waktu tertentu (umumnya dalam satu tahun). Untuk mengenali lengkapnya cek postingan ini: Beda GNP, GDP, GNI

5. Faktor-faktor yang digunakan PBB dalam membuat IPM (Indikator Pembangunan Manusia) yaitu…a.   Pendapatan, literasi, pendidikan, impian hidupb.   Pendapatan, literasi, GDP, cita-cita hidupc.   Pendapatan, pendidikan, GDP, keinginan hidupd.   Literasi, pendidikan, GDP, keinginan hidup
KunciTiga dimensi untuk mengukur pembangunan insan yaitu: Umur panjang dan sehat, Pendidikan,  Standar hidup. Umur panjang dari indikator cita-cita hidup saat lahir (life expectacy at birth).

Dimensi pendidikan merepresentasikan aspek literasi dan wawasan masyarakat. Dua indikatornya ialah tahun sekolah yang dibutuhkan (expected years of schooling) dan tahun sekolah rata-rata (mean years of schooling).
Dimensi ini mewakili tingkat pendapatan rata-rata masyarakatdi sebuah negara. Indikatornya adalah Pendapatan Nasional Bruto atau gross national income (GNI) per kapita.
Jadi jawabannya yakni a. Lanjut: Soal Part 2

Baca juga:Soal KSNK 2021 Part 3Soal KSNK 2021 Part 4
Ranking HDI dunia