Blogger Jateng

Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 6

Halo sobat-sobat sekalian kita lanjut lagi ya untuk membicarakan akhir soal KSNK Geografi 2021 nomor 26-30.
Pastikan juga untuk senantiasa share dan like blog ini ya untuk memperbesar faedah ke sahabat-sobat lain. Pembahasan model video silahkan datangi juga chanel ILMUGURU di youtube.
26. Pada tahun 1990-an, pemerintah Inggris memberi Malaysia sejumlah besar duit untuk membantu pembangunan pembangkit listrik tenaga air. Sebagai gantinya, Inggris menuntut semoga Malaysia berbelanja peralatan militer dan senjata dari Inggris. Jenis perlindungan yang dimaksud yakni… a.    Charitable long-term aid (pertolongan jangka panjang tak bersyarat)b.    Conditional aid (perlindungan bersyarat)c.    Emergency aid (tunjangan darurat)d.    Multilateral aid (dukungan multilateral)e.    Mutual aid (dukungan bareng )
KunciJenis-jenis pinjaman antar negara itu macam-macam yaitu ada perlindungan bilateral, multilateral, bersyarat, project, militer dan relawan. Kasus di soal itu kan ada tuntutan dari pihak pemberi pinjaman (Inggris) jadi namanya Conditional Aid atau Tied Aid atau pinjaman bersyarat. Link sumber: Klik

27. Dalam Butler Tourism Life Cycle , dikenal perumpamaan rejuvenation, yang salah satu contohnya adalah ....a. insentif penghematan harga tiket masuk ODTW (Objek dan Tujuan Wisata) bagi wisatawan lokalb. menawarkan pekerjaan di pabrik terhadap orang-orang yang telah kehilangan pekerjaan di industri pariwisatac. pembangunan losmen dan kedai makanan di ODTWd. penutupan stasiun kereta api untuk menghalangi terlalu banyak pelancong yang datang sehingga ODTW tidak begitu pesate. perusahaan jasa rekreasi menginvestasikan uang untuk menyertakan wahana gres di taman hiburan miliknya KunciMenurut Butler, terdapat sebuah siklus wisata sebuah kawasan 'Butler Tourism Life Cycle', berikut tahapannya.1. Exploration, kawasan belum terjamah dan akomodasi rekreasi masih minim sehingga hadirin masih sedikit.2. Involvement, fasilitas pendukung disedikan penduduk setempat dengan perjuangan kecil mulai didirikan. Turis mulai berdatangan.3. Development, daerah diakui selaku tujuan wisata. Negara tuan rumah mulai aktif mengiklankan tujuan wisata.4. Consolidation, kawasan dapat menjaga jumlah kunjungan wisatawan ditambah ketegangan masyarakatlokal dan wisatawan mulai meningkat.5. Stagnation, resort rekreasi penunjang mulai mengalami penurunan mutu, sehingga kemudahan rusak mulai lama dan menimbulkan penurunan kunjungan wisata.6. Rejuvenation, wilayah objek wisata mulai mendapatkan dana investasi atau lainnya untuk kembali meningkatkan citranya sehingga jumlah pelancong kembali meningkat,7. Decline, kawasan terus menurun, industri pariwisata menurun mengakibatkan hilangnya pekerjaan dan citra kawasan kian negatif. Wilayah menjadi bukan tujuan turisme lagi.  Makara jawabannya E.
 
Siklus Daerah Wisata Butler
Link: Klik

28. Tujuan rekreasi yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe pelancong allocentric adalah ....a. Taman Nasional Yellowstone, ASb. Menara CN, Kanadac. Sungai Chonggyecheon, Korea Selatand. Tembok Berlin, Jermane. Taman Hyde, Inggris KunciPlog (1972) membagi tipolologi pelancong selaku berikut: 1. Allocentric, yaitu turis yang ingin mengunjungi daerah – kawasan yang belum diketahui, bersifat petualangan (adventure) dan memanfatkan fasilitas yang ditawarkan oleh penduduk local kaya backpackeran gtu lah.
2. Psychocentric adalah pelancong yang hendak mendatangi kawasan tujuan rekreasi yang mempunyai fasilitas dengan standar yang sama dengan negaranya sendiri. Mereka melakukan perjalanan wisata dengan program yang niscaya dan mempergunakan fasilitas rekreasi dengan persyaratan internasional3. Mid-centric, terletak di antara allocentric dan Psychocentric.  Jawabannya pasti a.
 
29. Perhatikan gambar!
Grafik penduduk
Fenomena yang paling khas dari piramida penduduk di atas, khususnya pada faktor usia dan jenis kelamin yakni ...a. jumlah masyarakatdidominasi usia mudab. impian hidup penduduk usia muda lebih rendah dibandingkan usia dewasac. kualitas masyarakatusia 55-59 lebih rendah dibandingkan usia lainnyad. kecenderungan jumlah penduduk usia pria dan perempuan relatif seimbange. kesehatan penduduk wanita usia 55-59 tahun lebih baik dari kalangan usia yang lain KunciLihat saja grafik batangnya, penduduk wanita usia 55-59 paling banyak dibanding laki-laki pada usia sama. Kaprikornus kesehatan perempuan usia tersebut lebih baik dibandingkan dengan kalangan lainnya.

30. Seorang pelancong memiliki ciri-ciri selaku berikut: mencari kawasan tujuan wisata yang tenteram, terjamin keamanannya dan erat dengan sentra kota. Berdasarkan ciri tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelancong tersebut tergolong dalam jenis wisatawan ....a. allocentricb. midcentricc. psychocentricd. near psycocentrice. centric-dependable
KunciIni jawabannya ada di nomor 28 penjelasannya, pastinya psychocentric (semua akomodasi wisata telah tersedia).