Blogger Jateng

Kunci Jawaban Simulasi KSN Geografi 2021 No 26-30

Halo sahabat-sobat sekalian kita lanjut lagi untuk membicarakan balasan simulasi KSN Geografi nomor 26-30. Pelajari sebaik-baiknya dan diskusikan tanggapan dengan guru dan sahabat.
Jangan lupa kunjungi chanel ILMUGURU di youtube untuk menyaksikan pembahasan versi videonya. Link youtube aku sertakan di bawah postingan ini. Selamat mencar ilmu.
26. Konsep yang merupakan penggambaran relasi antar kawasan di dunia yang memfasilitasi bisnis internasional yakni ...a. keunggulan komparatifb. tatanan dunia baruc. borderless worldd. ZEEe. free enterprise KunciBusiness in a Borderless World. Perdagangan Internasional bisa menjadi sarana untuk memperluas usaha yang dimiliki oleh suatu negara atau swasta. Konsep ini ialah cikal bakal globalisasi. Globalisasi ialah suatu proses pembaruhan yang meliputi nyaris semua bidang. Meskipun tidak diketahui pasti kapan permulaan hadirnya proses globalisasi, tetapi dampaknya jelas masih dapat dicicipi sampai saat ini. Hal-hal gres akhir proses globalisasi di antaranya ialah adanya tanpa batas (borderless) antar negara, kemudahan komunikasi, sampai aspek jual beli yang makin gampang.

27. Manakah diantara wilayah di bawah ini yang tergolong ecumene?a. Lintang menengah di Afrikab. Frozen tundrac. Pegunungan Himalaya diatas 5.000 mdpld. Tepian Sungai Nile. Polar ice caps KunciEcumene adalah suatu ungkapan geografis yang berasal dari kata Yunani oikoumenÄ“. Area kawasan insan hidup di bumi. Sebaliknya, area non-residen dan area yang hanya sementara tinggal disebut Anökumene.
Makara ecumene misalnya ya daerah tepiah sungai nil yang subur, pastinya banyak dihuni manusia semenjak lama.

28. Problem terkait dengan pertumbuhan populasi yang cepat di perkotaan yakni ....a. berkurangnya produktivitas lahan pertanian sekitar kotab. meningkatnya polusi air dan udarac. munculnya urban slumd. peningkatan traffic congestione. semua tanggapan benar KunciSemua balasan benar alasannya adalah menawarkan problem sosial dan lingkungan final ledakan populasi perkotaan.

29. Jenis pelapukan yang paling banyak terjadi di tempat hutan hujan tropis ialah ....a. biologib. meteorologic. kimiad. fisikae. semua salah KunciKarena curah hujan di kawasan hutan hujan itu termasuk tinggi maka pelapukan didominasi pelapukan kimia. Pelapukan mekanik mayoritas terjadi di kawasan gurun atau arid sementara pelapukan biologi mampu terjadi di mana saja asalkan terdapat vegetasi dengan akar yang berpengaruh.
 30. Pola anutan sungai yang tepat sesuai geomorfologi pada gambar adalah ...
Bentang alam
a. radialb. rektangularc. trelisd. multibasinale. pararel 
KunciDaerah pada gambar memberikan tempat karst atau gamping dimana terjadi banyak pelarutan dan banyak lubang-lubang amblesan. Kaprikornus teladan sungai di tempat karst adalah multibasinal (basin=cekungan) alasannya adalah banyaknya lubang-lubang hasil pelarutan.
Baca juga: Soal no 21-25 Subscribe chanel ILMUGURU di bawah ini, siap-siap update bahan belajar gratis dari aku. Lanjut: Soal No 31-35