Blogger Jateng

Kunci Jawaban Simulasi KSN Geografi 2021 No 41-45

Oke lanjut lagi sahabat-teman kita bahas soal simulasi KSN Geografi 2021 nomor 41-45. Jangan lupa share ke sahabat-sobat lain. Untuk pembahasan model video silahkan kunjungi chanel ILMUGURU di youtube. Jangan lupa subscribe dan nyalakan loncengnya. 41.  Secara geografik insan tidak akan meningkat dalam jumlah populasi yang besar pada kawasan yang ...a. terlalu dinginb. terlalu keringc. terlalu basahd. elevasi terlalu tinggie. semua tanggapan benar KunciSemua mahluk hidup punya batas toleransi untuk hidup dan berkembang di permukaan bumi. Manusia jarang meningkat pesar dalam hal jumlah di tempat yang ekstrim baik dingin, kering, tinggi, dalam dll. Manusia senang hidup di daerah datar dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu hambar serta keadaan sinar matahari stabil.

42. Jika total fertility rate suatu negara bernilai 1,2 maka efek yang mau terjadi yakni ...a. populasi negara tersebut mempunyai doubling rate menjangkau 23 tahunb. populasi negara tersebut naik stabilc. populasi negara tersebut mengalami zero population growthd. populasi negara tersebut naik cepate. populasi negara tersebut menurun
KunciAngka Kelahiran Total atau Total Fertility Rate yang sering disingkat TFR ialah jumlah rata-rata anak yang dilahirkan oleh seorang wanita selama periode usia suburnya (antara umur 15-49 tahun).
Dalam hal ini, TFR sebesar 2,1 ialah angka standar capaian ideal bagi seluruh negara (masyarakatberkembang sepadan). Dengan TFR 2,1 maka 2 orang anak yang dilahirkan cuma akan menggantikan kedua orang tuanya. Dalam jangka panjang masyarakatdi sebuah negara dengan TFR 2,1 akan mengalami perkembangan nol (zero population growth). Kurang dari angka itu maka populasi akan menurun sementar bila lebih dari 2,1 maka akan cepat naik.
43. Dua negara memiliki data berikut:Negara A- CBR 38 per 1.000 jiwa- CDR 18 per 1.000 jiwa
Negara B- CBR 18 per 1.000 jiwa- CDR 9 per 1.000 jiwaPernyataan yang benar yakni ...a. negara A memiliki populasi lebih besarb. daya dukung negara A sangat terbatasc. populasi negara A akan berlipat dua dalam 35 tahund. negara A memiliki overpopulasie. populasi negara B akan berlipat dua dalam 15 tahun
KunciIni berkaitan dengan perbandingan pertumbuhan masyarakatalami. Pakai teladan akal saja:
A = 18 x 2 = 36 jadi sisa 2 agar jadi 38 (CBR)
B = 9 x 2 = 18 jadi sama dengan CBR (18 jiwa) 
Maka populasi A akan lebih banyak alasannya adalah surplus 2.

44. Indonesia ialah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia dan sebagian besar masyarakatnya tinggal di tepi pantai. Kondisi ini merupakan salah satu jenis sumber daya geografik yang mampu dimanfaatkan untuk keuntungan bagi sebagian penduduk , tetapi sekaligus menghancurkan lingkungan adalah dengan ...a. berkembangnya perkampungan padat di atas airb. menjemur ikan asin di tepi lautc. membangun sentra wisata di pantaid. memasang jaring ikan di pantaie. mereklamasi pantai
KunciSemakin banyak kawasan pantai dihuni maka akan bertambah banyak kemajuan pemukiman. Ini menjadi duduk perkara alasannya akan mempunyai efek secara ekologi terhadap lautan. Limbah rumah tangga akan bertambah banyak masuk ke perairan.
Pemukiman Suku Bajau di atas laut
45. Daya dukung (carriying capacity) adalah ...a. jumlah maksimum populasi yang dapat disokong dengan menggunakan semua sumber daya dan teknologi yang tersediab. jumlah maksimum populasi yang bisa disokong dengan menggunakan tata cara pertanian organikc. jumlah maksimum populasi yang dapat didukung dengan memakai sistem pertanian tradisionald. batas populasi mampu hidup secara berkelanjutan dengan sumber daya dan perdagangannyae. jumlah maksimum populasi yang mampu disokong dengan memakai batasan teoretik produksi energi
KunciDaya dukung lingkungan yakni kemampuan lingkungan (sumber daya, energi dll) untuk mendukung kehidupan mahluk di atasnya. Jadi sebuah area lingkungan mempunyai batas maksimum populasi agar ia mampu mendukung segenap pemenuhan kebutuhan hidupnya (mutu).

Sementara kalau daya tampung lingkungan yaitu jumlah nominal populasi maksimum yang mampu ditampung oleh sebuah kawasan (kuantitas).