Blogger Jateng

Cara Aplikasi Absensi Meminimalisir Kecurangan Karyawan

Tiap hari karyawan akan melakukan pekerjaan dan mencatatkan kehadiran setiap hari.  Namun, pada kenyataannya, tidak jarang ditemui karyawan yang menggandakan kedatangan lewat berbagai cara. Kecurangan seperti ini bisa mengusik jalannya proses pengelolaan karyawan lainnya seperti penggajian dan penilaian kinerja. Bahkan, kecurangan dalam ketidakhadiran karyawan juga mampu berpengaruh besar kepada lingkungan kerja. 

Kecurangan pada ketidakhadiran umumnya terjadi karena sistem ketidakhadiran yang tersedia dalam perusahaan tidak mumpuni dan memiliki celah yang besar untuk terjadinya kecurangan. Contoh sistem absensi yang mudah sekali dicurangi yakni mesin mangkir fingerprint dan absensi manual. 

Untuk mengatasinya, perusahaan mampu mulai mengimplementasikan aplikasi absensi untuk mengoptimalkan pengelolaan kedatangan karyawan serta menghemat kecurangan. Bagaimana caranya? 

Cara Kerja Aplikasi Absensi untuk Meminimalisir Kecurangan

Tiap hari karyawan akan bekerja dan mencatatkan kehadiran setiap hari Cara Aplikasi Absensi Meminimalisir Kecurangan Karyawan

Aplikasi absensi yaitu suatu aplikasi yang mampu membantu memaksimalkan proses pencatatan kedatangan karyawan cuma lewat satu aplikasi saja. Bagaimana bisa aplikasi ketidakhadiran mampu menghemat kecurangan karyawan? Rupanya caranya cukup gampang. 

Pertama, karyawan akan mencatatkan kehadiran mereka lewat aplikasi yang ditetapkan perusahaan dan sudah mereka unduh sebelumnya. Karyawan cukup membuka aplikasi, berswafoto, dan mencatatkan ketidakhadiran mereka. Informasi kehadiran karyawan akan masuk ke dalam tata cara. 

Kemudian, data kedatangan akan terlihat pribadi oleh HRD melalui dashboard. Data yang masuk ke dalam tata cara berlangsung secara real time. HRD akan memilih apakah data yang masuk dirasa cukup valid atau tidak. Kaprikornus, akan terlihat terang karyawan yang tiba terlambat sampai tiba lebih permulaan. 

Tidak hanya itu, aplikasi absensi juga punya keunggulan lain yang tidak dimiliki tata cara absensi konvensional. Apa saja kelebihan tersebut?

  1. Mampu memproses dan merekap data kehadiran secara otomatis
  2. Hemat ongkos. HR tidak perlu lagi menawarkan kertas dan mengeluarkan ongkos pemeliharaan terencana untuk mesin absensi, alasannya adalah setiap aplikasi di-install di ponsel karyawan.
  3. Mudah dipakai dan mudah
  4. Fleksibel, karyawan mampu menggunakannya saat sedang work from home atau perjalanan dinas
  5. Terintegrasi dengan metode penggajian. Sehingga HR tidak perlu melakukan entry data kedatangan tiap bulan penggajian tiba

Cara kerja aplikasi absensi yang sederhana mampu menghemat kecurangan yang lazimnya terjadi dalam pencatatan kedatangan karyawan. Dengan begitu, jumlah karyawan “badung” pun mampu  berkurang drastis. Semua data kehadiran yang terhimpun mampu ditentukan validitasnya karena pribadi masuk kedalam tata cara secara real time tanpa campur tangan dari pihak lain.

Muncul pertanyaan dari perusahaan, bagaimana cara menerima aplikasi ketidakhadiran yang tepat? Solusinya, perusahaan bisa memakai jasa vendor terpercaya untuk menolong implementasi aplikasi absensi. LinovHR ialah acuan vendor yang terlatih dalam membantu banyak perusahaan mengimplementasikan aplikasi ketidakhadiran. Alasan LinovHR dipercaya yakni sistem keselamatan dan jaminan kerahasiaan data karyawan.