Blogger Jateng

Prediksi UTBK Geografi 2021 Sistem Penginderaan Jauh + Kunci Jawaban

Halo sobat-sobat sekalian kali ini saya akan coba lagi berikan teladan soal latihan UTBK tentang metode penginderaan jauh. Penginderaan jauh yakni sebuah teknik mendapatkan gambar objek permukaan permukaan tanpa kontak langsung.
Sistem penginderaan jauh lewat beberapa komponen mulai dari tenaga, jendela atmosfer, objek, sensor dan gambaran. Sistem inderaja pasif menggunakan tenaga matahari sementara sistem inderaja aktif memakai pemberian tenaga bikinan berbentukgelombang elektromagnetik (inframerah, mikro, gamma, ultraviolet dll).
Berikut ini pola soal UTBK terkait metode penginderaan jauh yang mampu saja muncul saat ujian. Selamat berlatih dan jangan lupa share blog ini ke sobat-sobat lain.
1. Hasil gambaran inframerah termal berupa ...a. Gambar tiga dimensi
b. Kurva spektral
c. Citra jamak
d. Citra radare. Gambar dua dimensi
KunciCitra inframerah termal ialah gambaran yang berupa citra dua dimensi (gambar piktorial).
2. Perhatikan denah sketsa inderaja pasif berikut:
Diagram proses inderaja

Proses yang terjadi pada angka 2 (pecahan kiri) yaitu ....a. sumber tenaga merambatkan gelombang elektromagnetikb. sensor merekam objek di permukaan bumic. gelombang elektromagnetik merambat lewat jendela atmosferd. objek memantulkan gambar ke sensore. sensor mengantardata ke stasiun bumi untuk diproses
KunciProses inderaja lewat serangkaian proses menurut diagram diatas adalah:1. matahari merambatkan sinar gelombang elektromagnetik2. gelombang elektromagentik merambat melalui jendela atmosfer3. gelombang elektromagnetik hingga ke objek di permukaan bumi4. pantulan objek diterima sensor dan direkam menjadi file
5. file rekaman dari sensor diantarke stasiun bumi untuk diolah6. hasil olahan gambar diproses dan membuat gambaran inderaja7. gambaran dipakai untuk aneka macam kepentingan
3. Berdasarkan sketsa diatas, objek pada angka 3 yang tidak bisa direkam dalam proses inderaja ialah ...a. litosferb. hidrosferc. atmosferd. biosfere. astenosfer
KunciAstenosfer adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi sehingga tidak masuk jangkauan sistem inderaja.
4. Sensor gelombang mikro berbentukradiometer dan penyiam yang didalamnya terdapat komponen berikut, kecuali ...
a. Kamera RBV
b. antena
c. amplifier
d. perekam
e. Penyaji hasil
KunciSensor Gelombang Mikro berbentukradiometer dan penyiam, didalamnya terdapat antena, ampli er, perekam, dan penyaji hasil. Tenaga pancaran diterima antena, kemudian diperkuat sinyalnya oleh amplifier, kemudian direkam oleh sensor.
5. Satelit tak berawak mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ...a. Sensor elektronikb. Sensor jenis fotografik
c. Ketinggian orbit lebih tinggi dari satelit berawak
d. Umur orbit lebih panjang
e. Hasil gambaran orbital dan data digital
KunciSensor satelit tak berawak menggunakan jenis sensor elektro alasannya wahana diposisikan jauh di angkasa luar sehingga pengoperasiannya dikontrol dari bumi melalui stasiun khusus.

6. Indonesia saat ini terus mengembangkan kapasitas eksplorasi dan eksploitasi materi galian bernilai ekonomi tinggi untuk mendukung pembangunan dan memajukan kesejahteraan rakyat. Satelit yang cocok dipakai untuk menunjang acara tersebut diantaranya yaitu ….
a. Landsat, SPOT, Ikonos
b. Meteor, NOA, Landsat
c. Cosmos, Big Bird, Ikonos
d. Runa, Ranger, Meteor
e. ERS, MOS, Seasat

KunciUntuk program eksplorasi dan eksploitasi sumber daya bahan galian, satelit inderaja yang tepat digunakan diantaranya yaitu Landsat, SPOT, Soyuz, ERS, Radarsat, Ikonos.
7. Saat akan mengidentifikasi perbedaan kenampakan fisiografis hutan tropis dengan hutan animo maka komponen spasial yang paling gampang dipakai yaitu ...a. tekstur, rona, polab. pola, ukuran, asosiasic. ukuran, bentuk, polad. situs, perkumpulan, bentuke. acuan, bayangan, tekstur
KunciUnsur spasial yang paling gampang dipakai yaitu tekstur, rona dan polaa. tekstur hutan hujan condong agresif karena vegetasi heterogen sementara hutan trend cendeung agak halus alasannya tidak heterogen.b. rona hutan hujan lebih gelap dibandingkan hutan musim.c. acuan hutan hujan condong tidak teratur sementara hutan verbal mayoritas cenderung terencana (mirip hutan jati).
8. Citra foto yang dibuat dengan menggunakan semua spectrum sinar terlihat mulai dari warna merah hingga dengan warna ungu disebut . . . .
a. Foto inframerah
b. Foto oblique
c. Foto pankromatik
d. Foto ortokromatik
e. Foto multispektral
    
KunciFoto pankromatik merupakan foto udara yang dibentuk memakai seluruh spektrum terlihat mata, mulai dari warna merah sampai ungu.
9. Manakah diantara pernyataan berikut ini yang bukan termasuk tipe satelit geostasioner?a. mempunyai ketinggian sekitar 36.000 kmb. dapat memperhatikan sebuah daerah terus menerus setiap waktuc. kecepatan rotasi sama dengan gerak rotasi bumid. orbit satelit memangkas rotasi bumi pada porosnya
e. biasa dipakai untuk satelit komunikasi dan cuaca
KunciOrbit satelit memangkas rotasi bumi pada porosnya termasuk ciri dari satelit dengan orbit Near Polar. Satelit ini bergerak tegak lurus dengan perputaran bumi (utara ke selatan).
10. Kemampuan sensor untuk membedakan interval sebuah panjang gelombang disebut ...a. resolusi spektralb. resolusi spasialc. jendela atmoferd. spektrum tampake. kecerahan objek
KunciResolusi spektral ialah yaitu kesanggupan sensor untuk membedakan interval sebuah panjang gelombang. Semakin halus resolusi spektral sensor, makin pendek panjang gelombang mampu dipisahkan menjadi susukan-susukan (grup musik) yang terpisah.

Baca juga: Soal UTBK dinamika atmosfer + kunci