Blogger Jateng

Prediksi UTBK Geografi 2021 Dinamika Atmosfer + Kunci Jawaban

Halo kawan-kawan, berhubung dalam waktu erat kita memasuki trend UTBK maka kita akan coba bahas teladan latihan soalnya. Soal akan diberikan per topik supaya enak mempelajarinya.
Untuk kali ini saya coba berikan pola soal utbk dinamika atmosfer terlebih dahulu. Soal dibagi menjadi soal level mudah sampai soal sukar. Silahkan dishare ke sahabat-sobat jika berkhasiat.
1. Jenis hujan yang terjadi karena massa udara naik di kawasan pegunungan ialah hujan ...
a. orografis
b. konveksi
c. frontal
d. vertikal
e. siklonal

KunciIni masuk klasifikasi soal gampang ya gan. Menurut proses pembentukannya, hujan terbagi menjadi hujan konveksi, hujan orografis dan hujan frontal.

Hujan orografis adalah hujan yang terjadi di kawasan pegunungan. Hujan orografis mampu terjadi alasannya adanya kenaikan udara mengandung uap air yang dibawa oleh angin dari tempat bawah (lembah) menuju ke atas.

Proses naiknya udara yang mengandung uap air ke atas dan menimbulkan terjadinya penurunan suhu di atas gunung sampai terkondensasi dan rampung dengan turunnya hujan inilah yang disebut selaku hujan orografis.

2. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Kepunahan spesies.
2. Intrusi air laut ke daratan.
3. Perubahan teladan curah hujan.
4. Inflasi harga pangan.
5. Pengangguran meningkat.
Dampak perubahan iklim global di bidang ekonomi ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....a. 4 dan 5
b. 1 dan 2
c. 2 dan 3
d. 1 dan 5
e. 3 dan 4
KunciGlobal warming yaitu sebuah fenomena naiknya rata-rata suhu atmosfer dikarenakan meningkatnya fokus gas rumah kaca di atmosfer sehingga membuatkan terjadinya efek rumah kaca. Efek rumah kaca yang terus berkembangini menyebabkan fenomena global warming.

Dampak global warming terjadi pada semua bidang kehidupan. Di bidang ekonomi global warming mampu menimbulkan hal berikut diantaranya:
1.    Meningkatnya pengangguran
2.    Inflasi harga pangan
3.    Terganggunya ekspor impor
4.    Terjadinya disrupsi pekerjaan
3. Pemanasan global selain memberikan efek negatif, juga mampu menawarkan imbas aktual. Yang tergolong imbas kasatmata pemanasan global ….
a. Menurunnya ekspor barang
b. Meningkatnya intrusi di kota-kota pantai
c. Penurunan sumber daya air secara kualitatif maupun kuantitatif
d. Menambah ongkos transfer barang antar negara
e. Berkurangnya tenaga listrik untuk pemanasan 

KunciPemanasan global berpengaruh positif pada kawasan yang acuh taacuh alasannya suhu yang menghangat menciptakan pemakaian alat penghangat listrik semakin berkurang sehingga beban listrik menyusut.
4. Pernyataan:
1. Pantai sebelah barat setiap pulau menerima jumlah hujan senantiasa lebih banyak dibandingkan dengan pantai sebelah timur.
2. Curah hujan di Indonesia serpihan barat lebih besar ketimbang Indonesia cuilan timur.
3. Curah hujan menyusut sesuai dengan ketinggian tempat.
4. Di tempat pedalaman, di semua pulau musim hujan jatuh pada ekspresi mayoritas kemarau.
Yang bukan termasuk contoh biasa curah hujan di Indonesia ditunjukkan angka ...a. 1 dan 3
b. 2 dan 3c. 3 dan 4
d. 1 dan 2
e. 2 dan 4

KunciPola lazim curah hujan di Indonesia antara lain dipengaruhi oleh letak geografis. Secara rinci pola umum hujan di Indonesia mampu diuraikan sebagai berikut:1. Pantai sebelah barat setiap pulau menerima jumlah hujan senantiasa lebih banyak ketimbang pantai sebelah timur.
2. Curah hujan di Indonesia cuilan barat lebih besar dibandingkan dengan Indonesia belahan timur. Sebagai contoh, formasi pulau-pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT yang dihubungkan oleh selat-selat sempit, jumlah curah hujan yang terbanyak yaitu Jawa Barat.
3. Curah hujan bertambah sesuai dengan ketinggian tempat. Curah hujan terbanyak lazimnya berada pada ketinggian antara 600 – 900 m di atas permukaan maritim.
4. Di daerah pedalaman, di semua pulau demam gosip hujan jatuh pada animo pancaroba. Demikian juga halnya di kawasan-tempat rawa yang besar.
5. Bulan maksimum hujan sesuai dengan letak DKAT.
6. Saat mulai turunnya hujan bergeser dari barat ke timur
Jawaban yang salah ialah 3 dan 4.

5. Jika temperatur udara pada ketinggian 0 meter 26 ⁰C dan setiap kenaikan 100 meter, temperatur udara turun 0,6 ⁰C, maka kemungkinan temperatur udara pada ketinggian 2.500 meter yaitu . . . .
a. 25 ⁰C
b. 18 ⁰C
c. 15 ⁰C
d. 11 ⁰C
e. 8⁰C
KunciIni menggunakan rumus gradien lapse termis di troposfer. Rumusnya:Tx = 26,3⁰ (atau suhu kawasan yang dikenali) - (h/100 x 0,6⁰)   Tx = 26 - (2.500/100 x 0,6)             = 26 -(15)             = 11⁰C 6. Angin yang berhembus dari kawasan subtropik kedaerah ekuator yakni . . . .
a.  angin episodik  
b.  angin pasat
c.  angin fohn
d.  angin siklon
e.  angin antisiklon
KunciAngin pasat (Trade winds) adalah angin yang bertiup tetap sepanjang tahun dari kawasan subtropis menuju ke tempat ekuator (khatulistiwa). Angin passat erdiri dari Angin Pasat Timur Laut bertiup di serpihan bumi Utara dan Angin Pasat Tenggara bertiup di penggalan bumi Selatan. 
Sistem angin global
7. Pernyataan:1. daratan lebih singkat melepas panas dibanding perairan2. amplitudo harian di tempat arid lebih tinggi dibanding daerah humid3. semakin tinggi letak lintang, kerapatan vegetasi semakin tinggi4. daerah ekuator tidak terjadi kestimbangan geostropik5. troposfer di daerah kutub lebih tebal dibandingkan daerah ekuatorPernyataan yang salah terkait karateristik dinamika atmofser di permukaan bumi ditunjukkan angka ....a. 1 dan 3b. 3 dan 5c. 2 dan 4d. 4 dan 5e. 2 dan 5
KunciSemakin tinggi letak lintang maka makin menjauhi ekuator, artinya intensitas penyinaran dan curah hujan akan makin menurun. Maka kerapatan vegetasi semakin renggang, dan biodiversitasnya pun makin menurun. 
Tropsfer didaerah kutub itu lebih tipis dibandingkan kawasan ekuator alasannya tempat ekuator condong hangat sehingga udara yang memanas akan naik dan memperbesar tebal troposfer.
8. Awan yang menyebabkan hujan yakni ....a. cirrusb. stratusc. cumulusd. altocumuluse. lenticular
KunciAwan stratus adalah awan rendah yang banyak mengandung uap air sehingga membuat hujan. Awan stratus berwarna kelabu dan sering mengakibatkan hujan yang cukup lama.
9. Fenomena alam :
1.    relief   
2.    angin   
3.    jenis tanah
4.    wilayah bahari
5.    jetstream
Yang tergolong faktor yang menentukan curah hujan di Indonesia ialah nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3     
b. 1, 3, dan 5     
c. 2, 3, dan 4
d. 3, 4, dan 5
e. 1, 2 dan 4
KunciFaktor pembentuk curah hujan di Indonesia yakni relief, angin dan wilayah lautan. Relief pegunungan akan menimbulkan banyak hujan orografis. Indonesia dipengaruhi dua sirkulasi angin verbal secara umum dikuasai ialah muson barat dan muson timur. Wilayah Indonesia dikelilingi perairan yang membuat penguapan tinggi sehingga mensugesti terbentuknya awan hujan.
10. Perhatikan pernyataan berikut.
1.  sudut datang sinar matahari
2.  usang waktu penyinaran matahari
3.  tekanan udara di sebuah daerah
4.  tutupan awan di atmosfer  
5.  kekuatan angin berhembus
Dari pernyatan di atas aspek yang mensugesti banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima permukaan bumi yaitu nomor. . . .
a. 1,  2,  3 
b. 1,  2,  4 
c. 1,  3,  5
d. 2,  3,  4
e. 3,  4,  5 
KunciFaktor yang menghipnotis intensitas radiasi panas yang diterima permukaan bumi ialah:1. usang penyinaran2. sudut datang matahari3. letak lintang4. tutupan awan5. topografi6. relief permukaan bumi