Blogger Jateng

Power Point Geografi Kelas 10 Kurikulum 2013

Halo sahabat-sahabat sekalian kali ini saya akan coba berikan acuan power point materi geografi kelas 10 kurikulum 2013. Pastinya sobat-sobat guru maupun siswa banyak mencari contoh power point ini untuk aktivitas penyajian di kelas.
Sebelumnya saya coba berikan dulu sedikit deskripsi mengenai muatan materi geografi di kelas 10 sesuai silabus kurikulum 2013. 
Materi 1 Hakikat Geografi
Topik pertama yang dibahas di kelas 10 ialah wacana hakikat geografi. Hakikat geografi ini meliputi sejarah perkembangan geografi dan definisi geografi dari waktu ke waktu. 
Selain itu ada rancangan, prinsip, pendekatan dan aspek geografi yang hendak diulas. Untuk memahami wacana fenomena geosfer, siswa perlu mengetahui desain-desain dasar geografi ini.
Materi 2 Penelitian GeografiTopik pengamatan geografi diberikan di awal semester untuk menunjukkan fondasi perihal tindakan observasi dasar bagi siswa. Dalam hal ini siswa akan dibekali wacana bagaimana metode berfikir ilmiah secara sederhana. Kemudian siswa dikenalkan tentang contoh langkah-langkah observasi geografi hingga pelaporannya. Pembuatan karya tulis geografi ini tidak seberat mirip kuliah, hanya prinsip dasarnya sama yakni membangun perilaku ilmiah sejak dini. 
Materi 3 Pemetaan DasarMateri pemetaan dasar ini mencakup peta, inderaja dan SIG. Siswa mesti paham wacana bagian dasar pengerjaan peta dan perhitungan-perkiraan persyaratan pada pemetaan. Selanjutnya ada topik penginderaan jauh dan metode gosip geografi yang saling berafiliasi.
Materi 4 Perkembangan BumiMateri kemajuan bumi lebih menekankan pada bagaimana perubahan muka bumi dari semenjak bumi lahir. Dua tenaga utama ialah endogen dan eksogen yang mengontrol perkembangan paras bumi ini. Berbagai fenomena hasil dua tenaga tersebut akan dipelajari lebih dalam. 
Materi 5 Dinamika LitosferFenomena litosfer meliputi semua hal terkait kerak bumi dan pemanfaatannya. Litosfer ini tersusun atas batuan dan tanah yang berasal dari aktifitas vulkanisme. Siswa akan mempelajari terkait lapisan kerak bumi, batuan, tanah, vulkanisme, tektonisme, seisme, pelapukan, abrasi, sedimentasi dan pemanfaatan tanah.
 
Materi 6 Dinamika AtmosferDinamika atmosfer mencakup segala fenomena yang ada pada lapisan udara. Siswa akan mempelajari wacana seluk beluk atmosfer, cuaca iklim sampai perubahan iklim yang kini sedang banyak diperbincangkan.
Materi 7 Dinamika HidrosferDinamika hidrosfer mencakup perairan darat dan maritim. Rincian topik hidrosfer ini meliputi siklus air, sungai, danau, rawa, air tanah, DAS, maritim, gerakan air maritim, zonasi bahari hingga dengan pemanfaatan hidrosfer bagi kehidupan.
Berikut ini link download power point bahan geografi kelas 10, biar bermanfaat. Silahkan share blog ini ke sahabat-sobat yang lain.
Download bahan power point geografi
1. Bab 1 Hakikat Geografi2. Bab 2 Penelitian Geografi3. Bab 3 Pemetaan Dasar (in progress)
4. Bab 4 Perkembangan Bumi5. Bab 5 Litosfer (in progress)
6. Bab 6 Atmosfer7. Bab 7 Hidrosfer