Blogger Jateng

32 Materi Training of Trainer (TOT) KSN Geografi

Halo mitra-kawan pejuang KSN Geografi seluruh Indonesia, kita sudah mengkalkulasikan mundur nih untuk  perhelatan KSN. Bagi yang memerlukan materinya, saya bagikan gratis di postingan kali ini.
Jadi ceritanya sementara waktu lalu aku menjajal ikut tes TOT KSN Geografi Jawa Barat dan berhasil lolos sehingga menerima potensi pelatihan dari trainer KSN eksklusif. Tes dilaksanakan secara online dengan melaksanakan 60 soal bertipe sulit. Setiap kabupaten/kota diambil 3 guru dengan ranking terbaik untuk ikut dalam TOT KSN. Alhamdulillah aku mampu ranking 2 di kota Bekasi untuk mapel geografi. 
Baca juga: Soal Simulasi KSN + Kunci

Program TOT KSN ini digulirkan pemprov Jawa Barat untuk mendukung program Jabar Juara. Guru-guru terpilih setiap mapel tiap kabupaten menerima potensi pelatihan sepekan dari tutor KSN. 
Di final sesi training dilakukan juga post test untuk mengukur pencapaian guru setelah melaksanakan kegiatan sepekan. Jumlah soal post test sama mirip pre test adalah 60 soal.

Tutor KSN ini berasal dari para pemenang KSN tahun sebelumnya, jadi materinya niscaya sesuai silabus KSN. Materi KSN Geografi memang cukup variatif dan perlu pendalaman bagi siswa yang hendak ikut KSN. Baca juga: Soal Latihan KSN Geografi Bab Geologi

Materi KSN geografi terbagi ke dalam beberapa sub topik mulai dari meteorologi, klimatologi, geologi, geomorfologi, hidrologi, oseanografi, pemetaan hingga dengan wawasan pengetahuan biasa . Bagi guru-guru yang tidak mengikuti TOT niscaya akan kesulitan mencari bahan KSN, tergolong aku saat bertahun-tahun lalu. Namun dengan adanya program ini menciptakan guru pendamping menjadi terbantu dikarenakan telah mendapat suplemen bahan sebelumnya. 
Biasanya untuk menerima pelatihan mirip ini siswa mesti mengeluarkan uang ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Trainer nanti akan datang langsung ke sekolah atau menawarkan bahan daring jika dalam keadaan pandemi seperti sekarang.

Tanpa panjang lebar lagi berikut materi KSN Georgafi hasil TOT KSN Jawa Barat. Silahkan di share ke teman-teman yang lain. Untuk filenya, kombinasi antara pdf dan ppt.
Baca juga: Soal Prediksi KSNK Geografi + Kunci (Latihan)
Download Materi KSN Geografi

1. Materi KSN Geografi: Urban Geography2. Materi KSN Geografi: Tipe-Tipe Pertanian3. Materi KSN Geografi: Tenaga Pembentuk Muka Bumi 3. Materi KSN Geografi: Manajemen Sumber Daya4. Materi KSN Geografi: Kemampuan Pemetaan 5. Materi KSN Geografi: Sirkulasi Atmosfer 6. Materi KSN Geografi: Siklon Tropis dan Tornado 7. Materi KSN Geografi: Siklon dan Antisiklon 8. Materi KSN Geografi: Peta 9. Materi KSN Geografi: Pengukuran Demografi 10. Materi KSN Geografi: Geologi 11. Materi KSN Geografi: Geomorfologi Dasar Laut 12. Materi KSN Geografi: Lingkungan Bawah Laut 13. Materi KSN Geografi: Massa Udara 14. Materi KSN Geografi: Manajemen Pariwisata 15. Materi KSN Geografi: Geografi Pembangunan 16. Materi KSN Geografi: Geografi Lingkungan Vegetasi Alami 17. Materi KSN Geografi: Pengantar Geografi Lingkungan 18. Materi KSN Geografi: Geografi Budaya 19. Materi KSN Geografi: Cuaca dan Iklim 21. Materi KSN Geografi: Bentang Alam Eolian 22. Materi KSN Geografi: Bentang Alam Fluvial23. Materi KSN Geografi: Bentang Alam Glasial
24. Materi KSN Geografi: Bentang Alam Karst25. Materi KSN Geografi: Bentang Alam Pantai Pesisir
26. Materi KSN Geografi: Manajemen Bencana
27. Materi KSN Geografi: Awan28. Materi KSN Geografi: Pertanian29. Materi KSN Geografi: Geografi Penduduk
30. Materi KSN Geografi: Dinamika Kependudukan
31. Materi KSN Geografi: Bentang Alam Vulkanik32. Materi KSN Geografi: Geomorfologi Dasar

Untuk pembahasan lengkap soal KSNK Geografi sebelumnya, silahkan klik tautan berikut: Pembahasan 100 soal KSK 2020