Blogger Jateng

Pengumuman Seleksi Peserta TOT Pembina KSN SMA 2021

Kegiatan Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota sebentar lagi akan dilakukan dan semua sekolah tentunya bersiap untuk mengirimkan wakil terbaiknya.
Untuk mampu menjadi juara di KSN diperlukan daya juang dan semangat gigih baik dari guru pembina dan siswanya. Siswa mesti banyak berlatih soal-soal KSN tahun sebelumnya untuk menemukan contoh soal dan membaca bahan di luar buku paket sekolah.
Bagi guru di Jawa Barat, Dinas Pendidikan dan Provinsi Jawa Barat akan mengadakan Training of Trainer (TOT) Pembina KSN Sekolah Menengan Atas. Guru yang akan diikutsertakan dalam TOT ini akan dites apalagi dulu dan disaring sampai mendapatkan 3 guru terbaik dari setiap mapel KSN.

Diharapkan sehabis guru tersebut mendapatkan pelatihan ihwal bagaimana menjadi pembina KSN, mereka bisa menunjukkan pembinaan di sekolah sendiri dan ke sekolah-sekolah lainnya. 

Banyak guru-guru bidang studi merasa kesulitan dalam membimbing bahan KSN yang level soalnya lebih susah dibanding soal di bahan kurikulum sekolah.

Seleksi TOT KSN
 

Pengalaman aku membimbing siswa KSN memang diperlukan pemahaman bahan tiap topik yang lebih dalam selevel materi kuliah. Jadi jikalau guru tidak banyak mencari dan membaca bahan di banyak sekali sumber yang berhubungan terkait KSN maka niscaya akan kesusahan memberikan materi dan instruksi kepada siswa.

Oleh karena itu ini salah satu terobosan yang cukup baik oleh Disdik Jawa Barat untuk menawarkan bekal bagi guru dalam menyongsong pelaksanaan KSN. Saya harap nantinya tidak hanya 3 guru saja yang ahli membina KSN tetapi seluruh guru mapel KSN di Jawa Barat dan Indonesia mampu menjadi traniner mumpuni di sekolahnya.

Jangan sampai nanti banyak sekolah yang mencari training berbayar yang cukup mahal, sehingga membebani siswa dalam menghadapi KSN ini. Jika sumber daya guru di sekolah sudah mumpuni makan tidak lagi kita membayar trainer dari luar, sehingga kompetisi lebih fair karena semua guru berjuang melatih siswanya.

Baca juga: 32 Materi TOT KSN Geografi 2021

Berikut ini draft pengumuman, patokan mengikuti tes TOT guru KSN di Jawa Barat.

PENGUMUMAN SELEKSI TOT PEMBINA KSN 2021