Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 71-75

Halo mitra-kawan kembali lagi kita akan coba berikan teladan pembahasan soal KSK Kebumian 2020 nomor 71-75.
Topik nomor 71-75 masih di seputar oseanografi dan ini ialah 5 nomor terakhir untuk bab oseanografi. Nomor 76-100 nanti bagian litosfer.
Langsung aja kita cek pembahasan soal wacana oseanografi berikut ini. Jangan sungkan untuk share blog ini ke teman-sahabat yang lain.71. Gelombang dibangkitkan oleh angin. Angin pembangkit gelombang pada suatu daerah dengan arah dan kecepatan konstan yaitu ....a. kurun anginb. kecepatan anginc. durasi angind. fetch angine. arah angin
KunciKetinggian dan era gelombang tergantung terhadap panjang fetch pembangkitnya. Fetch yaitu jarak perjalanan tempuh gelombang dari awal pembangkitannya. Fetch ini dibatasi oleh bentuk daratan yang mengelilingi maritim. Semakin panjang jarak fetch nya, ketinggian gelombangnya akan semakin besar. Angin juga memiliki imbas yang penting pada ketinggian gelombang. Angin yang lebih berpengaruh akan membuat gelombang yang lebih besar.
Fetch angin itu apa?
 72. Pada fenomena termoklin maka lapisan bagian atasnya ialah lapisan ...a. temoklinb. dalamc. permukaand. campurane. homogen KunciDiatas lapisan termoklin ialah mixed zone atau zona adonan. Materi ini ialah terkait kolom air.
 73. Pernyataan berikut yang benar terkait kekerabatan kekuatan angin skala Beuford dengan bentuk gelombang di permukaan yang dihasilkan ialah ....a. gentle breeze dengan wavelet besar dan puncak mulai pecah serta tinggi gelombang 0,6-1,0 meterb. light breeze dengan wavelet kecil, puncak tampakdan gelombang tidak pecah serta tinggi gelombang 0,3-0,5 mc. moderate breeze dengan gelombang kecil lebih usang terlihat dengan perkiraan tinggi gelombang 1,5 meterd. fresh breeze dengan gelombang pertengahan bentuk lama tampakdan banyak semburan air dengan perkiraan tinggi gelombang 2,0 metere. moderate dengan buih putih dari gelombang pecah mulai bertiup dengan garis, kabut mulai terlihat dan diperkirakan tinggi gelombang 5,0 meter
KunciJadi yang namanya Skala Beaufort itu ukuran empiris yang berhubungan dengan kecepatan angin untuk pengamatan kondisi di darat atau di laut.  Skala ini didapatkan oleh Francis Beaufort pada tahun 1805. Beaufort mengukur kecepatan angin dengan menggambarkan pengaruhnya pada kecepatan kapal dan gelombang air bahari. Skala Beaufort menggunakan angka dan simbol.

Logikanya adalah Semakin besar angka skala Beaufort, maka semakin kencang angin berhembus dan bahkan mampu kian merusak. 

Ini jawabannya harus cari di tabel, kebetulan ane nemu nih..jawabannya ada di bawah

Skala beufort dan tinggi gelombang

74. Nilai temperatur air bahari di perairan bahari menurut posisi atau letak lokasi pengukuran pada garis lintang akan berlawanan. Temperatur di lokasi pengukuran pada posisi garis lintang kecil mempunyai nilai ....

a. temperatur rendahb. temperatur tinggic. temperatur tidak akan diputuskand. temperatur sedange. temperatur rendah-tinggi berubah-rubah KunciIni telah ada di soal sebelumnya, jadi daerah lintang kecil itu kan kawasan tropis ialah 0⁰-23,5. Daerah ini kan tempat yang pemanasannya maksimum jadi pastinya suhu akan lebih tinggi dibanding tempat lintang sedang atau tinggi. Nih lihat gambar dibawah, paham kan cara baca peta nya?.
Peta suhu lautan dunia

75. Wisatawan pantai sungguh senang mandi perairan pantai. Akan namun pada pantai berpasir lepas sering sekali terjadi wisatawan hanyut dan tenggelam ke perairan dalam sehingga susah ditemukan. Wisatawan tersebut terseret oleh adanya ....a. longshore currentb. rip currentc. undertoe currentd. see currente. tidal current Kunci Ini sering muncul di informasi-informasi dan banyak wisatawan tidak mengerti karakteristik gelombang di pantai. Ada tidak macam arus di pantai ialah undertow current, rip current dan longshore current.  Rip current yaitu arus yang tegak lurus pantai (arus balik) yang bisa bertipe lemah atau berpengaruh. Sementara longshore current yakni arus yang arahnya sejajar garis pantai dan tidak berpengaruh. Gambarnya di bawah.
Rip current dan longshore current
Nah arus balik ini ada dua jenis juga bro, tambah rumit juga kan?. Menurut Davis (1978), ada dua arus yang kembali ke laut, pertama, arus yang agak pelan, menyebar, dan frustasi ke bersahabat dasar bahari, dan kedua, arus yang di erat permukaan bahari, sempit dan bergerak cepat ke arah bahari.  Arus yang pertama diketahui selaku arus bawah (undertow current), sedang yang kedua diketahui selaku arus rip (rip current). Arus rip mampu terjadi setiap waktu, mulai dari intensitas yang kecil pelan serta tidak berbahaya, hingga pada titik dimana mampu menyeret korban ke tengah laut. Terjadinya arus rip berhubungan bersahabat dengan gelombang pecah yang mampu diakibatkan oleh keadaan gelombang tersebut, kontur batimetri maritim maupun kondisi morfologi pantai. 
Nah yang sering menawan ke dalam itu yakni undertow current. Gambarnya dibawah ini. Lanjut>>>>>Soal Nomor 76-80
Arus undertow