Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 1-5

Halo kawan-mitra para pejuang KSN setanah air Indonesia kali ini mimin akan mulai lagi diskusikan kunci tanggapan KSK Kebumian. Materi kebumian itu lebih luas dan kebanyakan memang diharapkan pengertian ilmu eksak.
 Sebenarnya soal KSK Kebumian itu lebih sukar daripada geografi namun akan aku coba diskusikan, kecuali yang serpihan astronomi mungkin akan diskip beberapa soal yang hitungannya super sulit.  Materi kebumian itu dipecah menjadi beberapa topik mirip meteorologi, klimatologi, geologi, geomorfologi, petrografi, astronomi, oseanografi hingga biogeografi. Dan ini materinya super padat dan banyak bos, bersungguh-sungguh-bersungguh-sungguh baca aja ya.

Silahkan share blog ini ke sobat-teman lain baik itu guru maupun siswa untuk dipakai belajar bersamarame-rame sebelum KSN dihelat beberapa hari lagi. Baca juga: Soal Latihan KSN Kebumian Bab Geologi HOTS 
1. Satuan intensitas curah hujan yaitu ...a. mmb. mm/haric. mm³d. mm²e. mm/jam kunciCurah hujan yaitu ketinggian air hujan yang terkumpul dalam daerah yang datar, tidak menguap, tidak meresap dan tidak mengalir. Biasanya untuk mengukur curah hujan itu pakai alat tampung kaya baskom.  Satuan curah hujan senantiasa dinyatakan dalam satuan milimeter atau inchi namun untuk di Indonesia satuan curah hujan yang digunakan ialah dalam satuan milimeter (mm). Intensitas curah hujan yaitu besarnya jumlah hujan yang turun yang dinyatakan dalam tinggi curah hujan atau volume hujan tiap satuan waktu dan maksimum dalam jam.

2. Massa udara dengan notasi 'mP' pada peta cuaca diketahui mempunyai ciri dingin, lembab dan saat bergerak membawa banyak awan. Massa udara ini besumber dari daerah ...a. Maritim-Pasifikb. Monsun-Pasifikc. Maritim-Polard. Monsun-Polare. Monsun-Poikiloaline
KunciMasa udara diartikan selaku sekelompok besar udara dimana suhu, kelembaban, dan stabilitas hidrostatiknya relatif seragam pada arah horizontal. Kawasan sumber diartikan sebagai permukaan yang homogen dimana massa udara terbentuk. Diseluruh paras bumi kawasan sumber diklasifikasi menjadi empat lokasi, yaitu : 1. Samudera-samudera tropis dan subtropis hangat.2. Padang pasir continental subtropis yang panas.3. Samudera lintang tinggi yang relatif acuh taacuh.4. Benua lintang tinggi yang hambar dan kawasan es/salju.

Dari empat daerah sumber terbentuk empat kelas massa udara, yakni :
1. Maritim tropis (mT)2. Kontinental tropis (cT)3. Maritim polar (mP)4. Kontinental polar dan artik (cP dan cA)
Jadi di soal kan ada singkatan mP itu artinya Maritim Polar. Kaprikornus tentukan kau baca dan pahami singkatan diatas, mampu jadi timbul di soal tahun ini dengan isyarat massa yang berlawanan. Yang penting tahu kepanjangannya.
3. Sirkulasi udara dengan orientasi utara-selatan yang berada di daerah tropis ialah ...a. sel kutubb. sel walkerc. sel ferreld. sel hadleye. sel monsun
KunciAtmosfer bumi kita itu memang rumit bos, dan salah atunya terdapat suatu metode aliran angin atau sirkulasi global yang terbentuk sebab rotasi bumi. Ada 3 sirkulasi global yakni:
Sel Hadley yakni teladan gerakan udara yang bergerak naik di khatulistiwa dan turun di sekeliling wilayah subtropis. Dampak dari adanya sel ini yaitu terbentuknya angin passat.

Sel Ferrel adalah pola gerakan udara yang berasal dari kawasan sekitar lintang 30° menuju kawasan kutub (lintang 60°).

Sel Kutub adalah pola gerakan udara dari kutub menuju kawasan lintang 60°. Gambar lengkapnya di bawah. Sumber: wikimedia
4. Alat ukur intensitas cahaya matahari yakni ...a. Gun Bellanib. Campbel Stokesc. Barographd. Solar Ticke. Sel Surya
KunciCampbell stokes yaitu alat meteorologi yang berfungsi untuk mengukur lamanya matahari bersinar, dengan satuan persen. Pengamatan dijalankan dari jam 8.00 s/d 16.00 LT (selama 8 jam/True Solar Day), sehingga penyinaran matahari dibilang 100% jikalau matahari bersinar selama 8 jam sehari. Gambarnya dibawah. Pastikan kau cari alat-alat lain sebab tahun ini biasanya ganti alat di soalnya.
5. Pilihlah jenis permukaan yang memiliki albeldo paling besar ...a. saljub. rumputc. gurund. aire. perkotaan
KunciAlbedo adalah suatu besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar Matahari yang datang di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi pergantian panjang gelombang (outgoing longwave radiation). Perbedaan panjang gelombang antara yang tiba dan yang dipantulkan dapat dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi. 
Pendinginan condong memperluas lapisan es, yang lalu memperbesar albedo dan meminimalkan jumlah energi surya yang terserap, yang kian memperkuat pendinginan. Di sisi lain, bila pemanasan global menyusutkan lapisan es, albedo juga ikut turun, sehingga jumlah energi surya yang terserap pun bertambah dan makin memperkuat pemanasan.
Lanjut: soal no 6-10 Mau pembahasan KSN Geografi juga?. Cek di link berikut: Bahas 100 Soal KSK Geografi   Baca juga: Latihan Soal Kebumian Bab Oseanografi  Mau tips mencar ilmu KSN dan yang lain dari aku?. Subscribe chanel ILMUGURU di bawah ini!. Hots: Soal Prediksi KSNP Kebumian