Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 86-90

Oke pejuang KSN kita akan lanjut lagi ya bahas balasan KSK Kebumian 2020 nomor 86-90. Materinya sih saya lihat masih dominan tentang mineral, ada sedikit ihwal geomorfologi.
Saya ingatkan lagi sobat-teman siswa untuk banyak mencari literasi seputar geologi, geomorfologi di google. Banyak dosen atau mahasiswa jurusan kuliahan tersebut yang upload materi kebumian dalam bentuk web atau pdf.86. Mineral ini tergolong kalangan besar mineral-mineral pembentuk batuan dengan struktur kristal
dan komposisi kimia lazim X₃Y₂(SiO₄)₃. Dalam komposisi tersebut, "X" mampu berbentukCa, Mg, Fe²
atau Mn², dan "Y" bisa berupa Al, Fe³, Mn³, V³ ataupun Cr³. Mineral ini merupakan mineral
penciri batuan metamorf ialah ...
a. kuarsa
b. kalsit
c. piroksen
d. garnet
e. montmorilonit KunciJadi guys jawaban diatas itu garnet. Nah, garnet yakni kalangan besar mineral-mineral pembentuk batuan dengan struktur kristal dan komposisi kimia biasa X₃Y₂(SiO₄)₃. Dalam komposisi tersebut, "X" dapat berbentukCa, Mg, Fe²atau Mn², dan "Y" mampu berbentukAl, Fe³, Mn³, V³ ataupun Cr³. Kebanyakan garnet yang ditemui dekat permukaan bumi terbentuk di saat batuan sedimen dengan kandungan aluminium tinggi, mirip serpih, dikenai panas dan tekanan yang cukup besar lengan berkuasa sehingga menghasilkan sekis atau gneiss.

Garnet juga mampu ditemukan dalam batuan metamorfosis kontak, subsurface dapur magma, fatwa lava, deep-sources letusan gunung berapi, serta pada soil dan sedimen yang terbentuk saat batuan yang mengandung garnet lapuk dan tererosi.

Berikut tabel pembagian terstruktur mengenai garnet dari situs geologyin.
Tabel mineral garnet
87. Serpih/shale jika mengalami proses metamorfisme yang sungguh berpengaruh akan menghasilkan batuan metamorf yang mempunyai kristal-kristal berangasan, biasanya berupa mirip lapisan yang diakibatkan oleh pemisahan mineral-mineral yang bertentangan. Batuan metamorf tersebut yakni ...
a. amfibolit (amphibolite)
b. genis (gneiss)
c. sekis (schist)
d. hornfelsik (hornfels)
e. filit (philite) KunciGneis (genis) adalah batuan metamorf berfoliasi yang diketahui dari pita dan lensa dari komposisi mineral yang berbeda-beda. Beberapa pita (atau lensa) ini mengandung mineral butiran yang terikat bareng dalam tekstur yang saling terkait. 
Gneiss lazimnya terbentuk oleh metamorfisme regional pada batas lempeng konvergen. Ini yakni batuan metamorf berkualitas tinggi di mana butiran mineral direkristalisasi di bawah tekanan dan panas yang andal. Emejing bukan?.
Gneiss bisa terbentuk dalam beberapa cara bertentangan. Jalur yang paling lazim dimulai dengan serpih, yang merupakan batuan sedimen. Metamorfisme regional mampu mengubah serpih menjadi kerikil tulis, lalu filit, lalu sekis, dan karenanya menjadi gneis. Cek gambar urutannya di bawah.
Urutan metamorfosis gneiss
88. Berikut ialah ciri-ciri yang umum terdapat pada bentang alam struktural, kecuali ...
a. beda tinggi yang relatif menyolok pada kawasan yang sempit
b. adanya kelurusan sungai dan membelok dengan tiba-datang dan menyimpang dari arah biasa
c. sering ditemui kelurusan lokasi mata air-mata air
d. ditemui tata cara gawir yang lurus (contoh kontur topografi yang panjang lurus dan rapat)
e. acuan penyaluran yang umum ditemui berupa radier dan multi basinal KunciBentang alam struktural yakni bentang alam yang pembentukannya diatur oleh struktur geologi kawasan yang bersangkutan. Struktur geologi ini mengalami perkembangan alasannya gaya endogen ayng melakukan pekerjaan utamanya tektonism. Beberapa kenampakan pada peta topografi yang mampu digunakan dalam penafsiran bentang alam struktural yaitu :1. Pola pedoman sungai. Variasi pola pengaliran umumnya dipengaruhi oleh kombinasi struktur geologi dan litologi pada tempat tersebut.2. Kelurusan-kelurusan (lineament) dari punggungan (ridge), puncak bukit, lembah, lereng dan lain-lain.3. Bentuk-bentuk bukit, lembah, gerojokan dll. 4. Perubahan arah pemikiran sungai, misalnya secara datang-tiba, kemungkinan diatur oleh struktur kekar, sesar atau lipatan. 
Yang bukan ciri bentang alam struktural ialah E. Multibasinal yaitu khas dari morfologi kawasan kapur/karst. Kawasan karst mempunyai metode pedoman multibasinal dengan porositas sekunder. Sehingga menyebabkan adanya lorong-lorong bawah permukaan dan sungai bawah permukaan. Kalu radier itu pemikiran menyebar yang umum tampakdi lereng gunung api (bentang alam vulkanik).

89. Berdasarkan jumlah air yang dikandungnya terdapat sungai yang ada airnya hanya pada dikala
info terkini hujan. Sungai tersebut disebut sungai ...
a. permanen
b. periodik
c. episodik
d. intermiten
e. ephemeral KunciMenurut kondisi jumlah airnya sungai itu dibagi menjadi:1. Sungai ephemeral yaitu sungai yang  cuma mengalir bila ada hujan.2. Sungai intermitten yaitu sungai yang mengalir pada ekspresi dominan hujan, sedangkan pada isu terkini kemarau kering.  3. Sungai perenial adalah sungai yang  mengalir sepanjang tahun alasannya demam isu hujan dan informasi terkini kemarau senantiasa ada.Makara jawabannya E.

90. Perhatikan gambar di bawah!
struktur lipatan

Berdasarkan penampang bagian-bab lipatan di atas, yang disebut dengan sayap lipatan (limb)
ditunjukkan oleh ...
a. a
b. b
c. c
d. d
e. e
KunciPenampang lipatan kulit bumi ada pada gambar di bawah, udah bisa dilihat sayap lipatan itu ialah serpihan a.
Penampang geomorfologi lipatan
Lanjut: Soal No 91-95