Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 81-85

Haloha pejuang KSK Kebumian, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban KSK Kebumian nomor 81-85. Topiknya masih seputar geologi nih khususnya terkait batuan.
Batuan itu ternyata jikalau dikaji secara geologi maka akan sungguh aneka macam rancangan-konsepnya. Padahal semua batuan materi dasarnya sama yakni magma namun ketika muncul ke permukaan bumi bisa beranekaragam.81. Berdasarkan kandungan SiO₂ nya, batuan beku dibedakan menjadi aneka macam jenis. Batuan
beku disebut selaku batuan beku ultra basa bila...a. kandungan SiO₂ nya lebih dari 66%
b. kandungan SiO₂ nya antara 52% sampai 66%
c. kandungan SiO₂ nya antara 45% sampai 52%
d. kandungan SiO₂ nya kurang dari 45%
e. tidak ada kandungan SiO₂ sama sekali KunciBerdasarkan kandungan silika (SiO₂), batuan beku dibagi menjadi 4 adalah: ultrabasa, basa, intermediet dan asam. Makara sifat asam basa itu dikontrol oleh kandungan silika. Sifat asam basa ini dikelola oleh kandungan silika.
1. Batuan Ultra basa     >>>>   SiO₂   =<45%2. Batuan Basa              >>>>   SiO₂    45%-52%3. Batuan Intermediet    >>>>  SiO₂    52%-66%4. Batuan Asam             >>>>  SiO₂   >=66%Makara jawabannya D.

82. Salah satu bagian dari proses diagenesa ialah terjadinya pembebanan akibat akumulasi sedimen atau material lain yang menimbulkan hubungan antar butir menjadi lebih lekat dan air yang dikandung dalam ruang pori-pori antar butir terdesak keluar. Proses tersebut ialah ...
a. sementasi
b. kompaksi
c. rekristalisasi
d. litifikasi
e. antigenesis KunciSebelum batuan sedimen terbentuk, fenomena pertamakali yang terjadi ialah proses sedimentasi yang menimbulkan terjadinya timbunan sedimen. Nah timbunan sedimen itu belum bisa disebut selaku batuan sedimen, ada proses lainnya sebelum sah menjadi watu sedimen (proses litifikasi). Urutannya adalah:

1. Kompaksi adalah beban akumulasi sedimen atau material lain menyebabkan relasi antar butir menjadi lebih lekat dan air yang dikandung dalam ruang pori-pori antar butir terdesak keluar. Dengan demikian volume batuan sedimen yang terbentuk menjadi lebih kecil, tetapi sungguh kompak.

2. Sementasi yaitu seiring dengan keluarnya air dari ruang pori-pori, material yang terlarut didalamnya mengendap dan merekat (menyemen) butiran sedimen. Material semennya dapat ialah karbonat (CaCO₃), silica (SiO₃), oksida (besi) atau mineral lempung. Proses ini menjadikan porositas sedimen menjadi lebih kecil dari material semula.

3. Reristalisasi ialah saat di saat sedimen terakumulasi, mineral yang kurang stabil mengkristal kembali atau terjadi rekristalisasi, menjadi yang lebih stabil. Proses ini umumnya terjadi pada batu gamping terumbu yang porous. Mineral aragonite (bahan struktur koral hidup), lama-kelamaan berekristalisasi menjadi bentuk polimorfnya, kalsit.
Urutan proses litifikasi

83. Proses yang membedakan antara sedimen dan batuan sedimen ialah ...
a. sementasi
b. kompaksi
c. rekristalisasi
d. litifikasi
e. antigenesis
KunciPerbedaan sedimen dan batuan sedimen ialah pada proses litifikasi. Litifikasi ialah proses pergantian sedimen menjadi batuan sedimen melalui prosedur kompkasi dan sementasi. Penjelasannya ada di nomor sebelumnya.
84. These following sedimentary structures can be used as a marker for the upper part of the
sedimentary layer, except ...KunciNgerti ora son artine?. Gambar yang bukan memperlihatkan lapisan sedimen bagian atas yang mana?. Jadi struktur sedimen itu macam-macam ya guys dan yang bukan termasuk ciri sedimen atas itu yaitu laminasi. Untuk jenis-jenis struktur sedimen cek di blog berikut: Struktur sedimen
 Cek gambar di bawah ini untuk mengimajinasikan kenapa laminasi itu bukan menjadi ciri sedimen atas.
Sedimentasi hasil tsunami
85. Istilah-istilah berikut ini yang tidak terkait dengan petrologi batuan metamorf adalah ...
a. marmer
b. fenokris
c. foliasi
d. granuloblastik
e. sekis KunciMarmer itu yaitu salah satu pola batuan metamorf. Sekis juga sama contoh batuan metamorf. Foliasi di geologi mengacu pada perlapisan berulang di batuan metamorf. Setiap lapisan dapat setipis selembar kertas hingga setebal satu meter.  Kata foliasi berasal dari bahasa latin folium yang berarti "daun", dan mengacu pada struktur planar berlembar. Foliasi disebabkan oleh gaya geser, atau tekanan diferensial 
Tekstur  yang  meningkat   selama  proses  metamorfisme  secara  tipikal  penamaanya  mengikuti  kata-kata  yang  mempunyai  akhiran  -blastik.  Contohnya,  batuan  metamorf  yang  berkomposisi  kristal-kristal  berskala  seragam  disebut  dengan granoblastik. Fenokris itu ungkapan untuk batuan vulkanik. Fenokris yaitu mineral yang jauh lebih besar dari mineral lainnya dan mampu dilihat dengan mata atau luv. Contohnya kaya lihat kristal pada watu granit yang ada di soal sebelumnya. Lanjut: Soal Nomor 86-90