Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 6-10

Halo sahabat-teman lanjut lagi kita akan bahas kunci jawaban soal KSK Kebumian tahun 2020 nomor 6-10. Materinya masih seputar meteorologi dan klimatologi.
Perlu diingat bahwa materi atmosfer di olimpiade lebih rumit dan kompleks dibandingkan materi atmosfer di pelajaran biasa di sekolah. Makara level bacaan kamu mesti ditambah dengan mencoba mencari materi level kuliahan. Baca juga: Latihan Soal Kebumian Bab Oseanografi 
6. Garis yang menghubungkan titik-titik dengan nilai suhu titik embun yang serupa disebut ...a. isohumeb. isodrosothermc. isodewthermd. isotherme. isohyet KunciSemua Iso-Isoan itu niscaya muncul di setiap soal kebumian kayaknya. Nih lihat aja ungkapan-istilahnya berikut ini dan hapalin satu-satu. Jawaban soal diatas ialah A. Iso ora iso mesti iso kamu.
 – Isobar ialah garis yang menghubungkan daerah-tempat dengan tekanan atmosfer yang serupa, dengan posisi stasiun cuaca direduksi ke ketinggian 0 dpl.
– Isostere adalah garis untuk densitas atmosfer yang sama.
– isoheight/isohypse yakni garis untuk ketinggian geopotensial yang serupa pada peta cuaca tekanan konstan.
– Isotherm adalah garis untuk temperatur  udara yang sama.
– Isogeotherm ialah garis untuk temperatur udara tahunan yang sama.
– Isocheim adalah garis untuk temperatur udara rata-rata pada musim dingin yang sama.
– Isohel yaitu garis untuk radiasi matahari yang serupa.

– isohyets/isohyetal adalah garis untuk presipitasi (curah hujan/curah salju) yang sama.– Isohume yaitu garis untuk titik embun yang serupa.
– Isoneph ialah garis untuk tutupan awan yang serupa.
– Isochalaz yaitu garis untuk frekuensi hujan es (hailstorm) yang sama.
– Isobront adalah garis untuk kawasan-tempat yang mengalami fase awan tornado yang serupa– Isotach adalahgaris untuk kecepatan angin yang serupa.
– Isogon yaitu  garis untuk arah angin yang sama.– Isopectic ialah garis untuk kawasan-daerah yang membeku (permulaan lisan secara umum dikuasai dingin) pada tanggal yang serupa.
– Isotac yaitu garis untuk tempat-tempat yang mulai mencair (selesai animo acuh taacuh) pada tanggal yang sama.– Isoplat yakni garis untuk daerah-tempat yang menerima hujan asam.- Isohaline yaitu garis untuk menentukan tempat dengan kadar salinitas yang sama di bahari. 
7. Awan dengan ciri berlapis adalah jenis awan ...a. Cirriformb. Nimbusc. Stratiformd. Cumuliforme. Aspiratus
KunciAsal kau tahun bahasa inggrisnya "berlapis" itu kan "strata" atau stratification. Kaprikornus awan berlapis itu jenis awan stratiform. Gampang kan bila blank?. Yang penting masih ahli bahasa Inggris dikit-dikit.
8. Pada keadaan volume, suhu dan tekanan yang sama, parsel udara manakah yang paling ringan?a. udara keringb. udara kering dengan banyak CH₄c. udara kering dengan banyak H₂Od. udara kering dengan banyak NOx3. udara kering dengan banyak CO₂
KunciKalau ingat kata parcel mungkin kita sering ingatnya pacel lebaran, namun ini beda ya. Dalam meteorologi yang merupakan ilmu ihwal cuaca dikenali sebuah perumpamaan yang bernama parsel udara, parsel udara ini ialah volume udara yang imajiner yang mempunyai ukuran yang kecil tetapi berisikan banyak sekali molekul, jadi mampu dikatakan jika parsel udara merupaka sekumpulan molekul yang membentuk suatu volume pada elemen fluida, dalam parsel udara aturan gravitasi newton tetap berlaku meskipun mempunyai ukuran yang kecil dan massa yang sangat ringan. Dalam dinamika atmosfer, dibilang bahwa udara yang lebih ringan (densitas lebih kecil) akan lebih mudah terangkat. Dengan mudah sebagian besar orang akan menyampaikan bahwa udara kering lebih ringan dari udara berair. Kenyataannya? Udara berair itu lebih ringan dari udara kering pada suhu, tekanan, dan volume yang serupa!. Hah..What????...Hal ini terjadi, alasannya satu mol uap air, lebih ringan dari satu mol udara kering. Rumus kimia air kan H₂O, jadi jawabannya B.

9. Angin geostropik yaitu angin yang terbentuk balasan kesetimbangan gaya-gaya ...a. gradien tekanan dengan Coriolisb. gradien tekanan, sentrifugal, Coriolisc. gradien tekanan dengan sentrifugald. gradien tekanan dengan gravitasie. gradien tekanan dengan gaya gesek
KunciAngin geostropik angin teoretis yang akan dihasilkan dari keseimbangan yang sempurna antara gaya Coriolis dan gaya gradien tekanan. Kondisi ini disebut keseimbangan geostropik . Angin geostropik diarahkan sejajar dengan isobar (garis tekanan konstan pada ketinggian tertentu) Kecepatan angin  geostropik akan semakin besar kalau nilai lintang kian kecil. Di ekuator nilai gaya coriolis menjadi nihil. Maka umumnya di akrab khatulistiwa arah angin akan senantiasa memangkas isobar.  Contoh gambaran arah angin geostropik di tempat lintang tinggi yaitu selaku berikut.
10. Persamaan hidrostatik merupakan kesetimbangan antara gaya-gaya ...a. gradien tekanan vertikal dengan Coriolisb. gradien tekanan horizontal dengan Coriolisc. coriolis dengan gaya gravitasid. gradien tekanan vertikal dengan gravitasie. gaya gesek dengan gaya sentrifugal
KunciKesetimbangan hidrostatik yaitu kesetimbangan antara gaya gradien tekanan dalam arah vertikal dengan gaya gravitasi per satuan massa. Untuk gerak atmosfer berukuran besar dari 2.000 -20.000 km maka unsur vertikal dari gerak atmosfer berada dalam kesetimbangan hidrostatik. Namun untuk gerak skala menengah dan kecil maka hukum hidrostatik ini tidak berlaku.

Lanjut: Soal no 11-15 

Mau pembahasan KSN Geografi juga?. Cek di link berikut: Bahas 100 Soal KSK Geografi