Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 61-65

Hayeho sahabat-teman gimana masih semangat kan untuk mencar ilmu kebumian?. Kali ini lanjut lagi untuk membahas kunci jawaban KSK Kebumian nomor 61-65.
Untuk nomor 61-65 ini topiknya masih seputar dunia oseanografi. Jangan menyerah dan tetap semangat sahabat-teman pejuang KSN. Materi oseanografi ini banyak membicarakan wacana pasang bahari, pergeseran pantai, jenis-jenis arus, gelombang, morfologi pantai dan lainnya. 
Baca juga: Soal Latihan KSN Kebumian Bab Geologi HOTS 61. Fenomena gerakan naik turunnya air bahari yang disebabkan oleh adanya angin yang berhembus dinamakan gelombang maritim. Gelombang laut juga disebut selaku ....a. pasang surut dengan era yang panjangb. pasang surut dengan periode sedangc. pasang surut dengan abad pendekd. pasang surut dengan gelombang pendeke. pasang surut dengan tinggi pendek KunciGelombang ialah gerakan naik turun sebuah badan perairan (gak hanya maritim ya), yang dinyatakan dengan naik turunnya permukaan air secara bergantian. Ada 3 unsur gelombang yang penting panjang tinggi dan kurun.
Panjang gelombang ialah jarak mendatar antara dua puncak yang berurutan, tinggi gelombang adalah jarak vertikal antara puncak dan lembah, masa adalah waktu yang dibutuhkan oleh dua puncak yang berurutan untuk lewat suatu titik.
Periode gelombang maritim memiliki masa era 0,2-0,9 detik (pendek), coba bandingkan dengan gelombang pasang surut lantaran gravitasi bulan yang mampu menjangkau 12 jam lebih.
 
Periode gelombang laut

62. Pembagian pantai berdasarkan proses perubahan tinggi rendahnya wajah air laut sering dikatakan selaku pantai transgresi dan pantai regresi. Pantai regresi yaitu ...a. pantai dengan kondisi dasarnya tetap dan garis pantainya mundurb. pantai dengan keadaan dasarnya turun dan garis pantainya mundurc. pantai dengan kondisi dasar turun dan garis pantai seimbangd. pantai dengan keadaan dasarnya naik dan garis pantainya mundure. pantai dengan kondisi dasarnya tetap namun garis pantainya maju KunciIstilah transgresi dan regresi pada pantai cuma perihal pergeseran garis pantai yang maju atau mundur dari posisi awal. Kedua perumpamaan ini tidak ada keterkaitannya sama sekali dengan pengendapan yang terjadi di dalamnya. Transgresi dan regresi ini menciptakan produk pengendapan.  Makara ini delusi sebab permukaan air bahari kadang naik dan turun di kawasan pantai jadi garis pantai akan terlihat berubah-rubah.
 Transgresi (Genang Laut/Landward) ialah suatu kondisi dimana terjadi pergeseran garis pantai yang menuju (maju) ke arah daratan. Hal ini terjadi lantaran beberapa sebab seperti pasokan sedimen (sedimen supply) lebih kecil dari pada tempat kemudahan (accommodation space), pergeseran global dan relatif sea level.
Regresi (Susut Laut/Seaward) merupakan suatu keadaan dimana terjadi pergeseran garis pantai yang menuju (mundur) ke arah lautan. Hal ini terjadi alasannya beberapa karena mirip pasokan sedimen (sediment supply) lebih besar dari kawasan kemudahan (accommodation space), pergeseran global dan relatif sea level.
Perubahan garis pantai
63. Pada fenomena pasang surut maritim, secara umum setiap bulan air bahari akan mengalami pasang maksimum pada ...a. pada ketika permulaan dan pertengahan bulanb. pada ketika awal bulan, ahad pertamac. pada setiap pertengahan buland. pada ketika ahad ketiga setiap bulane. pada dikala minggu keempat setiap bulan KunciPasang air maritim maksimum (terjadi) sebab peristiwa astronomi gaya tarik bulan dan dalam posisi (astronomis) matahari-bumi-bulan. Itu jika bulan baru. Kalau bulan purnama, matahari-bulan-bumi. Fenomena pasang maksimum terjai pada awal dan pertengahan bulan. Fenomena pasang maksimum disebut juga spring tide. Lihat gambar di bawah, sumber: ruangguru
Pasang maksimum bahari
64. Persentase material padat yang terkandung dalam air bahari disebut sebagai ...a. kecerahan air lautb. densitas air maritimc. salinitas air baharid. viskositas air laute. material padatan tersuspensi KunciIni kata kuncinya seperti ini:- salinitas = kadar garam- viskositas = kekentalan- densitas = kerapatan- kecerahan = kemampuan cahaya untuk menembus lapisan air pada kedalaman tertentu.Kalau persentase material padatan dalam air laut yang namanya material padatan tersuspensi. Dalam ilmu kimia, suspensi ialah sebuah adonan fluida yang mengandung partikel padat.
 65. Gelombang dari maritim dalam yang hendak menuju ke pantai tanpa melalui bangunan pantai senantiasa akan mengalami ....a. proses refleksi dan refleksi gelombangb. proses difraksi dan refleksi gelombangc. proses shoaling dan refleksi gelombangd. proses shoaling dan refraksi gelombange. proses refleksi gelombang  KunciGelombang yang merambat menuju tepi pantai akan mengalami beberapa proses pergeseran ketinggian gelombang sebagai final dari proses pendangkalan (wave shoaling), refraksi, difraksi atau proses refleksi sebelum hasilnya gelombang tersebut pecah (wave breaking). Ternyata untuk problem gelombang di pantai ini rumit juga.
Refraksi gelombang di pantai
Jika suatu paras barisan gelombang datang membentuk sudut miring kepada tepi pantai yang mempunyai kemiringan dasar landai dengan kontur-kontur kedalaman sejajar dengan pantai, maka paras gelombang akan berganti arah dan condong menjadi sejajar dengan garis pantai atau mengalami proses pembiasan (refraksi). Selanjutnya arah perambatan berangsur-angsur berubah dengan berkurangnya kedalaman (shoaling), sehingga dapat diamati bahwa paras gelombang condong sejajar dengan kedalaman. Lanjut: Soal no 66-70  Baca juga: Soal pelatnas KSN Kebumian + Kunci