Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 56-60

Halo kawan-mitra kembali lagi kita akan coba bahas kunci tanggapan KSK Geografi 2020 nomor 56-60. Topiknya sih masih seputar dinamika hidrosfer utamanya oseanografi.
Materi terkait oseanografi ini berdasarkan saya lebih gampang dibandingkan meteorologi klimatologi. Makara banyak-banyak membaca saja ya. Baca juga: Latihan Soal Kebumian Bab Oseanografi 
56. Peralatan yang dipergunakan untuk mengukur gelombang dan arus dengan memakai kaidah doppler secara otomatis ialah ...a. currentmeterb. hydrometerc. echosounderd. ADCPe. tidak current KunciADCP (Acoustic Doopler Current Profile) rmerupakan alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan 3 dimensi dalam kolom air dan profil gelombang. Cara kerja alat ini memanfaatkan perubahan doppler dengan mentransmisikan bunyi pada frekuensi tetap serta mendengar gema yang kembali dari suara yang dihamburkan oleh penghambur di dalam perairan.
Disini niscaya mampu terkecoh ungkapan currentmeter (current=arus)..namun ada lagi alat yang spesifik menggunakan kaidah doppler (ada huruf D nya)....ADCP. He

57. Kalau kita naik perahu dari pelabuhan menuju perairan bahari yang lebih dalam maka dasar maritim seperti nampak sangat dangkal. Fenomena tersebut ialah aplikasi dari ....a. hukum gravitasi bumib. hukum Snelliusc. aturan Archimedesd. hukum Pascale. hukum Bernauli KunciHukum Snellius ialah rumus matematika yang menawarkan kekerabatan antara sudut datang dan sudut bias pada cahaya atau gelombang yang lain yang melalui batas antara dua medium isotropik berlainan, seperti udara dan gelas. Nama hukum ini diambil dari matematikawan Belanda Willebrord Snellius, yang merupakan salah satu penemunya. Hukum ini juga diketahui sebagai Hukum Descartes atau Hukum Pembiasan. Ini sama juga dikala kita melihat sedotan yang bengkok di gelas yang ada airnya.
Penjelasan hukum lainnya sebagai berikut, baca aja siapa tahu muncul di soal tahun ini:
Hukum Archimedes yaitu aturan yang membuktikan ahwa setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian dalam fluida, maka benda tersebut akan mendapatkan dorongan gaya ke atas (atau gaya apung). Contoh penerapah hukum Archimedes ialah pada kapal laut.

Hukum Pascal ini mendeskripsikan bahwa setiap peningkatan tekanan pada permukaan fluida, mesti diteruskan ke segala arah fluida tersebut. Hukum pascal cuma mampu dipraktekkan pada fluida, biasanya fluida cair. Contoh penerapan aturan Pascal adalah pompa hirdrolik basuh steam kendaraan beroda empat.

Hukum Bernoulli menunjukan bahwa kenaikan kecepatan aliran fluida akan menimbulkan penurunan tekanan fluida secara gotong royong atau penurunan energi memiliki peluangfluida tersebut. Intinya yakni tekanan akan menurun bila kecepatan pedoman fluida meningkat. Contoh penerapan aturan Bernoulli yakni perkiraan gaya angkat sayap pesawat.
 58. Biota maritim yang termasuk tanaman dan pergerakannya sungguh tergantung media yakni ...a. biota lautb. reefc. binatang karangd. zoolaktone. fitoplankton KunciBiota yang gak bisa bergerak sendiri alias tergantung media (arus laut) yaitu plankton. Plankton dibagi menjadi fitoplankton (flora) dan zooplankton (binatang).59. Daerah atau zona maritim yang merupakan tempat hidup paling besar dari terumbu karang yakni ...a. neritikb. litoralc. abisald. batiale. hadal KunciIni mah ada di bahan dinamika hidrosfer geografi kelas 11. Zonasi bahari menurut kedalaman terbagi menjadi litoral, neritik, batial, abisal dan hadal. Terumbu karang banyak hidup di zona maritim dangkal yang masih banyak sinar matahari adalah di zona neritik. Gambarnya di bawah ini. Sumber: zenius
60. Organisme yang bisa bergerak tanpa dibantu oleh agen aktivis seperti arus maupun gelombang bahari disebut ...a. bentosb. planktonc. nektond. amfibiae. avertebrata  KunciDi laut itu kan banyak sekali jenis-jenis biota nya dari mulai yang di dasar bahari, yang di terumbu karang, yang berenang sampai yang tidak bisa berenang alias ikut arus aja, let it flow. Kelompok biota laut ini terbagi menjadi plankton, bentos dan nekton.
Nekton itu biota yang mampu berenang sendiri tanpa pemberian arus, plankton itu biota yang gak bisa berenang sendiri (dibagi menjadi zooplankton dan fitoplankton) dan bentos adalah biota yang hidupnya di dasar perairan yang doyan main lumpur bawah laut. Udah tau kan jawabannya kan?.
Sebaran biota perairan
 

Lanjut>>>>Soal No 61-65

Baca juga: Soal Prediksi KSN Bab Geomorfologi