Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 76-80

Halo teman-sahabat di artikel kali ini kita lanjut lagi bahas kunci jawaban KSK Kebumian 2020 dari nomor 76-80.
Nah di nomor ini materinya gres gaes yaitu seputar dinamika litosfer. Materi ini juga sangat aku senangi jika saat ngasih pengayaan kepada siswa. Kalian harus paham ihwal geologi, geomorfologi, hingga stratigrafi. 
Jangan lupa untuk selalu share blog ini ya ke sobat-sobat lainnya biar makin rame belajarnya. Jangan menyerap dan tetap semangat berjuang di KSN tahun ini.76. Pada tahun 1912, Alfred Wegener mengemukakan teori yang menyatakan bahwa dulunya benua-benua menyatu menjadi satu benua yang sungguh besar yang lalu terpecah menjadi beberapa benua final pergerakan di dasar bahari. Teori ini dikenali dengan ....a. teori dua benuab. teori pengapungan benuac. teori kontraksid. teori tektonik lempenge. teori konveksi
KunciNah jika ini kayaknya gak terlalu sukar karena ada di buku pelajaran tentu saja. Teori yang dikemukakan Wegener yaitu Continetal Drift alias Teori Apungan Benua, bukan lempeng tektonik ya?. Teori lempeng tektonik itu muncul sesudah nanti Wegener wafat. Benua yang menyatu dahulu itu maksudnya ialah superbenua Pangaea.
77. Berikut yaitu termasuk dalam 7 lempeng bumi utama, kecuali ....a. Indiab. Eurasiac. Antartikad. Amerika Selatane. Afrika
KunciLempeng tektonik dibagi menjadi lempeng utama (mayor) dan lempeng kecil (minor). Lempeng utama itu yang gede-gede tujuannya. Yang termasuk lempeng minor diantaranya lempeng India, cek petanya di bawah in.
Sebaran lempeng tektonik mayor dan minor
78. Belahan ialah kenampakan mineral berdasarkan kemampuannya membelah lewat bidang-bidang belahan yang rata dan licin. Gambar disamping merupakan mineral dengan potongan ...a. 4 arahb. 3 arahc. 2 arahd. 1 arahe. tidak mempunyai penggalan
KunciMineral itu mempunyai beberapa sifat fisik mulai dari warna, kekerasan, kilap sampai cuilan. Gak semua mineral mempunyai sifat penggalan ini. Mineral di soal punya 3 arah pecahan, lihat aja tabel lengkapnya di bawah ini. Coba hapalin tuh semua, nanti niscaya ganti versi gambar di tahun ini. Untuk contoh nama mineralnya, cari di web lain ya, tinggal sesuaikan kata kuncipencariannya pasti banyak kok yang ngulas.
Tabel belahan mineral

79. Berikut ialah proses-proses yang terjadi dalam Deret Diskontinyu pembentukan mineral dalam
reaksi Bowen. Yang tidak tergolong dalam proses diskontinyu yaitu ...
a. pada deret ini satu mineral yang terbentuk pada suatu suhu tertentu dengan mineral lain yang terbentuk pada suhu yang lebih tinggi tidak mempunyai kekerabatan dalam pembentukannya.
b. mineral satu bisa menjelma mineral lain pada saat terjadinya penurunan suhu tertentu karena adanya reaksi kepada sisa larutan magma
c. mineral satu dengan yang lain mempunyai kekerabatan dengan penambahan atau pengurangan bagian Kalsium (Ca) dan Natrium (Na)
d. merupakan pembentukan dari olivine, piroksen, amfibol, dan biotit
e. deret ini dibangun dari mineral ferro – magnesian sillicatesK

KunciReaksi Bowen itu yakni proses urutan pembentukkan mineral pada dikala terjadi pendinginan magma. Suhu yaitu faktor utama yang mensugesti reaksi Bowen. Makanya nanti ada batuan yang warnanya hijau, gelap, jelas dll itu gara-gara reaksi Bowen ini guys.
Dalam skemanya ada dua jalur pembentukkan ialah Lengan kanan atas ialah deret reaksi yang berkesinambungan (continuous), sedangkan lengan kiri atas yakni deret reaksi yang terputus-putus/tak berkesinambungan (discontinuous). Lihat gambar berikut ini.
Seri deret reaksi Bowen
Jadi dari interpretasi gambar tampakbahwa yang tidak termasuk deret diskontinyu ialah yang C. Karena opsi C masuk deret kontinyu. Cari gambar lain, lazimnya nanti ditanya warna nya, atau acuan mineralnya.

80. Tekstur batuan beku terbagi menjadi 2 yakni yang mempunyai ukuran kristal yang seragam dan tidak
seragam. Granit mempunyai tekstur ...
a. equigranular aphanitic
b. inequigranular phaneritic
c. equigranular porfiroafanitic
d. inequigranular faneroporfiritic
e. equigranular phaneritic

KunciTekstur batuan itu relasi antar mineral penyusun batuan, makanya kita mampu merasakan mineral batuan itu halus atau kasar ketika memegangnya.
Menurut tingkat observasi visual atau pakai beling pembesar, tekstur batuan beku dibagi menjadi dua ialah afanitik dan faneritik. Afanitik itu tekstur mineralnya halus sekali sehingga sulit terlihat mata tau pakai beling pembesar.
Tekstur faneritik itu mineralnya besar-besar sehingga terlihat oleh mata. Contohnya granit, tuh lihat di bawah kelihatan kan mineral warna hitam, cokelat, putihnya gede-gede?. Coba bandingkan dengan batuapung atau obsidian yang super halus gak kelihatan kristalnya.
Batu granit

Nah lalu dari tingkat keseragaman butir, batuan dibagi menjadi equigranular dan inequigranular. Equigranular, kalau kristal penyusunnya berskala butir relatif seragam. Tekstur sakaroidal ialah tekstur dimana ukuran butirnya seragam seperti gula pasir atau gula putih. Inequigranular, jikalau ukuran butir kristal penyusunnya tidak sama.

Granit itu jadi masuk batuan dengan tekstur equigranular faneritik.

Lanjut: Soal No 81-85