Blogger Jateng

Contoh Soal Tes PPPK Kemampuan Integritas + Kunci

Halo mitra-kawan, kali ini saya akan berikan contoh soal tes PPPK tema integritas dan kunci jawabannya. Seperti yang telah dimengerti bahwa pemerintah bermaksud menggulirkan tes PPPK selaku salah satu bagian dari upaya pemerataan kemakmuran bagi pegawai honorer khususnya guru.
Untuk lolos tes PPPK maka anda perlu berjuang dan berlatih semaksimal mungkin. Berikut pola soal PPPK topik kemampuan integritas. Jangan lupa share ke sahabat-teman lain.Jawablah pertanyaan berikut:1. Anda buru-buru dalam perjalanan menuju kantor, kemudian anda menyaksikan ada kecelakaan kemudian lintas. Yang anda kerjakan yaitu ...a. membantu dan mengobatinyab. membantu kemudian menenteng ke tempat tinggal sakitc. tidak pedulid. melihat suasana dan kondisi, kemudian tetap melanjutkan perjalanan ke kantore. menginformasikan anggota keluarganya
KunciJawaban dengan nilai paling tinggi yaitu D.Ingat kuncinya yaitu integritas, anda terikat untuk bekerja tepat waktu di kantor selaku ASN. Anda boleh melihat situasi dan keadaan misal untuk meminta tolong ke warga sekitar. Tapi jika telah ada orang datang dan menolong anda tetap mesti pergi ke kantor sempurna waktu.
2. "....ialah tantangan sekaligus potensi bagi penduduk Indonesia" adalah pemahaman dari ....a. nilai-nilai budayab. kerusakan sosialc. kebudayaand. keberagaman budayae. toleransi
KunciJawaban paling sempurna ialah keberagaman budaya. Keberagaman budaya Indonesia sungguh tinggi dan ini menjadi tantangan untuk menjaga toleransi dan persaudaraan. Selain itu keberagama budaya yakni potensi untuk memperlihatkan bahwa Indonesia yaitu negara multikultur yang tenang.
3. Atasan anda hendak memindahkan anda ke cabang yang sama sekali tidak pernah anda kunjungi (pelosok2) padahal anda ialah karyawan yang sudah usang mengabdi dan iberprestasi dan anda cukup dekat dengan atasan...
a. Menolak dengan halus dan mengusulkan lainnya saja.
b. Mencari argumentasi sebab erat dengan atasan jadi bisa di perundingan
c. Bersedia di pindah tanpa membantah.
d. Mengusul kan karyawan lainnya saja karna anda merasa senior dan disegani di kantor
e. Berangkat dengan sangat terpaksa
KunciIngat seorang pegawai negara wajib tunduk patuh pada hukum negara, jadi anda wajib bersedia pindah tanpa membantah. Aturan atasan wajib dipatuhi sesuai UU.
4. Dalam suatu rapat pimpinan, ada sejawat yang tidak sependapat dengan tawaran aku, maka ...
a. Dengan senang hati memikirkan anjuran orang tersebut
b. Bersikeras agar ajuan aku yang diterima
c. Meninggalkan ruang rapat dan tidak kembali lagi
d. Mempertimbangkan pertimbangan tersebut dengan melihat siapa orangnya
e. Tetap berasumsi bahwa perbedaan usulan yakni hal yang lumrah
KunciSeorang ASN wajib mempunyai akad menghargai usulan orang lain sesuai amanat Pancasila. Kaprikornus anda mesti dengan bahagia hati menimbang-nimbang pendapat orang lain. Perbedaan anjuran ialah hal masuk logika dalam sebuah dialog atau rapat, gak boleh baper.
5. Saya memakai kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Kendaraan pada Hari Libur. Secara tidak sengaja saya menabrakkan kendaraan tersebut. Tindakan aku yaitu:
A. Diam-diam menyimpan kendaraan tersebut sebab tidak seorang pegawaipun yang tahu jikalau saya menggunakannya
B. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan insiden tersebut kepada pimpinan serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan C. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut
D. Melaporkan kejadian tersebut terhadap pimpinan dan siap menerima eksekusi/isyarat dari pimpinanE. Membawanya ke bengkel dengan ongkos pribadi dan mengembalikannya dengan diam-diam
KunciAnda telah pasti bersalah, jadi jikalau kendaraan beroda empat tersebut rusak anda wajib mengembalikan dan memperbaikinya kemudian melaporkan peristiwa terhadap pimpinan. Nanti pimpinan yang hendak menetapkan sanksi buat anda sesuai aturan yang berlaku. Udah tau ada aturannya jika pakai mobil dinas, tetapi anda melanggar. 
6. Pada final dari hari kerja masuk akal , anda mempunyai suatu pekerjaan yang tak habis habisnya,
dan harus selesai tepat waktu. Apa yang anda lakukan?a. Pulang ke tempat tinggal,dan menyelesaikan pekerjaan di hari berikutnya
b. Menyelesaikan pekerjaan tetapi meminta uang lembur
c. Menanyakan pimpinan apakah ada duit lemburnya
d. Menyelesakan pekerjaan dengan keinginan mendapatkan duit lembur
e. Menyelesaikan pekerjaan, tidak hirau ada uang lembur atau tidak
KunciIngat integritas kerja, anda wajib menyelesaikan peran sesuai permintaan negara. Kaprikornus anda haurs menyelesaikan pekerjaan, gak peduli ada duit lembur atau tidak. Tugas utama abdi negara ialah melakukan peran tepat waktu dan tanpa pamrih. Komitmen ialah diatas segala-galanya.
7. Dari sekian pegawai di kantor, aku merasa beban peran terberat ada pada saya dan aku merasa stres sebab dikejar -buru batas waktu. Respon aku yaitu ...
A. Mengerjakan semua tugas dengan bahagia hati dan berupaya menyanggupi target deadline
B. Hanya melakukan peran yang saya senangi
C. Mengkonsumsi obat tambahan biar mendongkrak tenaga aku untuk menyelesaikan semua tugas
D. Mengerjakan semua peran dengan baik, walaupun sungguh terbebani
E. Mengerjakan semua peran setengah-setengah saja, yang penting telah dianggap bertanggung-jawab
KunciAnda wajib melaksanakan semua tugas dengan baik. Ingat dengan baik artinya hasilnya optimal. Percuma melakukan dengan senang hari namun tidak baik akhirnya.
8. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Respon saya adalah ...
A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengenali hasil keputusan rapat
B. Dengan bangga aku akan menceritakan kepada rekan sejawat aku hasil keputusan rapat
C. Memberitahukan anggota keluarga perihal hasil keputusan rapat
D. Memberitahu teman dekat aku dikantor ihwal hasil keputusan rapat
E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat alasannya bukan wewenang saya
KunciTentu anda tidak akan membocorkan hasil rapat ke orang lain alasannya itu bukan wewenang anda. Kerjakan peran sesuai dengan yang diperintahkan dan jangan melakukan hal lain yang di luar peran anda.
9. Bagi aku, melakukan pekerjaan yakni...
A. Beribadah
B. Tugas
C. Kewajiban
D. Kebutuhan
E. Mencari uang untuk nafkah
KunciBekerja yakni mencari duit untuk nafkah. Ibadah bukan hanya melaksanakan pekerjaan saja jadi bekerja itu niscaya untuk mencari nafkah keluarga. Integritas anda selaku kepala keluarga ialah menafkahi.

10. Sebagian rekan kerja pulang 20 menit lebih awal dari acara yang semestinya, bagaimana dengan anda ?
A. Karena banyak yang melakukannya, mungkin hal itu tidaklah mengapa
B. Banyak yang melakukannya sehingga sayapun juga melakukannya
C. Demi toleransi, saya ikut melakukannya
D. Saya tidak melakukannya semoga dinilai selaku staf yang tekun oleh atasan
E. Saya tetap mengikuti hukum yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai acara
KunciSebagai ASN anda wajib mengikuti aturan yang berlaku dan jangan ikut-ikutan sobat yang tidak berintegritas dan sering melanggar aturan. Itu oknum yang mampu menghancurkan karir anda.