Blogger Jateng

Soal UTBK Geografi Level Super HOTS dan Jawaban

Halo mitra-mitra pejuang UTBK, kali ini saya akan bagikan acuan soal geografi level super hots yang mampu dijadikan materi latihan buat kamu.
Soal hots yakni soal yang memerlukan kesanggupan berfikir berulang kali sebelum memilih keputusan yang sempurna.
Dalam UTBK sering muncul soal-soal level ini untuk menguji daya logika kandidat mahasiswa. Jadi pastikan kau banyak berlatih dan jangan malas.
Contoh soal UTBK hots geografi.1. Sumber daya air darat terbagi menjadi sumber daya air permukaan dan sumber daya air bawah permukaan. Air permukaan yang mempunyai kandungan pH rendah ditemui pada kawasan ...a. rawa pantaib. danauc. wadukd. muara pantaie. rawa pedalaman 2. Kota Jakarta yakni suatu daerah dengan tingkat kepadatan tinggi. Pada siang hari, jumlah populasi insan di Jakarta lebih besar dibandingkan dikala malam hari dikarenakan ...a. banyak orang tidak mempunyai rumah di Jakartab. populasi menurun karena kesulitan mengikuti keadaan dengan kultur Jakartac. banyak komuter karena ongkos hidup di Jakarta mahald. tidak ada keluarga atau saudara yang menampung di Jakartae. sedikitnya lahan penghidupan di kota Jakarta 3. Pada kawasan hutan pinus jarang sekali dijumpai vegetasi di lantai hutan.SEBAB
Vegetasi lantai hutan tidak berkembang balasan sama sekali tidak mampu menerima sinar matahari.
a. bila pernyataan benar, argumentasi benar dan memperlihatkan kekerabatan karena akhir.b. jikalau pernyataan benar, argumentasi benar namun tidak menunjukkan hubungan sebab balasan.c. bila pernyataan benar, argumentasi salahd. bila pernyataan salah, argumentasi benare. jika semua pernyataan salah. 4. Intan adalah salah satu mineral yang memiliki banyak manfaat. Intan banyak digunakan sebagai mata bor sumur minyak alasannya adalah ....a. tingkat kekerasan tinggib. tergolong kristal yang besar lengan berkuasac. memiliki ketajaman tinggid. memiliki kekuatan besare. memiliki bentuk pipih meruncing 5. Perhatikan gambar!Gambar diatas memberikan posisi benua di dunia sebelum terpisah menjadi benua mirip dikala ini. Fenomena Gurun Atacama berada di daerah dengan angka ...a. 1b. 2c. 3d. 4e. 5
6. Kegiatan penambangan pasir dan kerikil di gunung sering menyebabkan runtuhan.SEBABPenambangan menimbulkan tempat resapan air di sekeliling menjadi berkurang.a. jikalau pernyataan benar, argumentasi benar dan menawarkan korelasi karena akhir.b. jikalau pernyataan benar, argumentasi benar tapi tidak memberikan korelasi sebab akhir.c. bila pernyataan benar, argumentasi salahd. jika pernyataan salah, argumentasi benare. kalau semua pernyataan salah. 7. Zona batial adalah zona dengan kekayaan biotik tinggi.SEBABZona batial yakni zona yang tidak menerima sinar matahari hingga ke dasar.a. jikalau pernyataan benar, argumentasi benar dan memperlihatkan kekerabatan alasannya adalah akhir.b. jika pernyataan benar, argumentasi benar tetapi tidak menawarkan kekerabatan alasannya simpulan.c. jika pernyataan benar, argumentasi salahd. bila pernyataan salah, alasan benare. kalau semua pernyataan salah. 8. Berikut ini citra foto udara berdasarkan spektrum elektromagnetik.1. citra foto ortokromatik2. gambaran foto infrared3. citra foto UV4. citra foto infrared adonana. Jika tanggapan 1,2,3 benarb. Jika balasan 1 dan 3 benarc. Jika jawaban 2 dan 4 benard. Jika jawaban 4 benare. Jika semua balasan benar 9. Jepang dikategorikan negara maju karena ....1. tingkat perkembangan masyarakatrendah2. sedikit penduduk melaksanakan pekerjaan di sektor tersier3. GNP tinggi 4. eksploitasi SDA semaksimal mungkina. Jika tanggapan 1,2,3 benarb. Jika tanggapan 1 dan 3 benarc. Jika tanggapan 2 dan 4 benard. Jika balasan 4 benare. Jika semua tanggapan benar 10. Kota berikut ini berada di serpihan bumi kepingan selatan, kecuali ...a. Sidneyb. Denpasarc. Buenos Airesd. Cape Towne. Ankara Kunci 1. Air yang memiliki pH rendah artinya bersifat asam. Air permukaan yang asam biasanya terjadi pada wilayah dengan sirkulasi air buruk seperti di rawa pedalaman.
2. Kota Jakarta yaitu kota metropolitan dengan populasi terpadat di Indonesia. Kota ini populasinya sangat tinggi dikala siang hari alasannya banyak pekerja penglaju dari kawasan satelit. Setelah sore hari para kaum urban ini akan kembali ke daerah asal di pinggiran.
3. Vegetasi di lantai hutan biasa terbentuk pada hutan hujan yang banyak kanopi sehingga matahari tidak mampu tembus ke permukaan tanah. Akibatnya tanah lembab dan banyak tanaman meningkat di lantai hutan mirip lumut, tanaman merambat dan parasit lain. Jadi pernyataan benar argumentasi salah.
4. Menurut skala MOHS intan yaitu mineral dengan kekerasan tertinggi sehingga bisa menggores semua mineral di bawahnya. Jadi aspek kekerasan mineral yang berperan.
5. Gambar memberikan teori perkembangan bumi dikala masih berbentuksuperbenua Pangaea. Gurun Atacama yakni gurun pasir yang berlokasi di Amerika Latin, artinya berada di benua dengan angka 3. 
6. Penambangan pasir di gunung sering menyebabkan longsoran atau runtuhan karena area resapan air berkurang. Para penambang akan menggunduli lereng dan hilangnya vegetasi penutup menyebabkan daerah resapan menghilang dan rentan longsor. Jadi pernyataan dan argumentasi benar dan menunjukkan korelasi alasannya adalah tamat.

7. Zona maritim berdasarkan kedalaman dibagi menjadi litoral, neritik, batial dan abisal. Zona batial adalah zona dengan intensitas cahaya yang minim alasannya adalah kedalaman telah antara dibawah 500 m dan kekayaan biotik mulai menyusut. Jadi pernyataan salah, alasan benar. 8.  Berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan citra foto dibedakan menjadi lima, yakni selaku berikut: Foto inframerah asli, Foto infamerah penyesuaian, Foto ultraviolet, Foto pankromatik, Foto ortokromatik. Kaprikornus semua jawaban benar.
9. Jepang menjadi negara maju alasannya adalah tingkat perkembangan masyarakatrendah dan GNP tinggi. SDA jepang tidak banyak dan mayoritas acara bergerak di sektor industri tersier atau jasa. Makara jawaban yang tepat 1 dan 3.
10. Bumi terbagi menjadi pecahan bumi utara dan selatan karena dibatasi garis ekuator. Kota yang berlokasi di bawah ekuator yaitu Sidney, Denpasar, Buenos Aires, Cape Town sementara Ankara ada di kawasan utar. Cek map disini.