Blogger Jateng

Soal Ulangan Bab Pewilayahan Negara Maju dan Berkembang HOTS

Di artikel kali ini saya akan memberikan sedikit acuan soal ulangan geografi bagian negara maju dan berkembang.
Perkembangan suatu negara dipengaruhi banyak sekali faktor mulai dari sejarah penjajahan, iklim, sumber daya alam dan sumber daya manusia.
Pada dasarnya kunci utama sebuah negara dapat menjadi negara maju ialah mutu sumber daya insan yang mumpuni.
Negara-negara maju bisa menghasilkan produk berskala global sehingga mengembangkan pemasukan negara.
Berikut ini soal ulangan bab negara maju dan meningkat . Silahkan dipelajari atau mampu untuk memperbesar soal untuk guru.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!1. Karakteristik negara:
1) pertumbuhan penduduk 0%2) industri tersier dan kuartener mendominasi3) piramida penduduk bertipe ekspansi4) angka harapan hidup > 70 tahun5) dependency ratio tinggiCiri khas penduduk negara maju ditunjukkan angka ....A. 1), 2), 4)B. 1), 3), 5)C. 2), 3), 5)D. 2), 3), 4)E. 1), 2), 5)
KunciNegara maju memiliki karakteristik penduduk sebagai berikut:1. pertumbuhan penduduk stabil di angka 0% per tahun2. industri tersier (jasa) dan kuartener (berbasis IT, data digital) mendominasi.3. harapan hidup tinggi diatas 70 tahun4. pendapatan per kapita > 10.000 US Dollar per tahun5. tingkat pendidikan tinggi
2. Di abad globalisasi seperti kini, tenaga kerja dari negara maju berdatangan ke negara berkembang. Dampaknya tenaga kerja di negara meningkat kalah berkompetisi. Strategi untuk menghadapi permasalahan tersebut di negara meningkat ialah ....A. berbagi eksplorasi SDAB. membuatkan mutu pertahanan dan keselamatan negaraC. mengembangkan pemasukan per kapitaD. melarang tenaga kerja ajaib datangE. memajukan mutu pendidikan dan kemampuan penduduk
KunciStrategi negara berkembang dalam menghadapi kompetisi di kala pasar bebas yakni dengan mengembangkan mutu sumber daya manusia. Harapannya yaitu dengan peningkatan mutu SDM ini, penduduk dapat berkompetisi dengan tenaga kerja dari luar. Pemerintah bisa menolong menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi hingga ke mancanegara untuk mencari ilmu lalu kembali berkarya di dalam negeri. Selain itu penyediaan fasilitas pendidikan harus merata dan mutu guru ditingkatkan.
3. Perhatikan peta!.
Negara maju sesuai peta ditunjukkan angka ...A. 4, 11, 13B. 12, 13, 20C. 14, 19, 21D. 11, 12, 13E. 20, 21, 22
KunciPeta di atas menunjukkan wilayah benua Asia dan sebagian Australia dan Rusia. Negara maju yang terdapat pada peta yaitu Korea Selatan (12), Jepang (13) dan Australia (20).
4. Data sensus penduduk 2020 memperlihatkan bahwa 50% lebih populasi Indonesia bertempat tinggal di pulau Jawa. Hal ini kuat pada tidak meratanya sebaran masyarakatIndonesia. Dampak jangka panjang kalau problem tersebut tidak tertuntaskan bagi lingkungan ialah ....A. angka kemiskinan perkotaan semakin bertambahB. banyak terjadi kecelakan lalu lintas C. meningkatnya fokus gas rumah kacaD. bertambahnya laju urbanisasiE. pemasukan kawasan bertambah KunciOverpopulasi di Jawa mengancam keberlanjutan ekologi atau lingkungan. Salah satunya yakni meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca sebab program manusia makin masif mulai dari industri, kendaraan, rokok, pembakaran sampah dan lainnya. Hal ini menjadikan pergeseran iklim mikro dan meminimalkan mutu hidup.
5. Saudi Arabia adalah negara dengan pendapatan per kapita > 20.000 US Dollar. Jumlah ini sangat tinggi dan hampir sama dengan negara-negara mirip Amerika, Jerman, Perancis. Namun Saudi Arabia tidak termasuk dalam pembagian terstruktur mengenai negara maju dikarenakan ....A. tingginya pendapatan per kapita Saudi Arabia tidak sepadan dengan angka produksiB. tingginya pendapatan per kapita Saudi Arabia tidak diimbangi peningkatan infrastrukturC. tingginya pendapatan per kapita cuma bertumpu pada sektor minyakD. Indeks Pembangunan Manusia Saudi Arabia masih jauh dari ketentuan Bank DuniaE. tingkat konsumsi dalam negeri Saudi Arabia jauh lebih tinggi dibandingkan tingkat produksinya
KunciMasalah utama yang terjadi pada negara meningkat yaitu tingkat konsumsi masih lebih tinggi dibandingkan tingkat produksi. Ini juga yang terjadi di Saudi Arabia. 
6. Negara Luxemburg adalah salah satu negara dengan angka kesejahteraan tinggi di Eropa dan dunia. Negara ini berskala mini dan tidak memiliki batas perairan maritim. Faktor geografis yang menunjang Luxemburg dapat tumbuh cepat menjadi negara maju yakni ....A. sumber daya insan yang berkualitas tinggiB. dikelilingi negara-negara majuC. mempunyai sumber daya alam melimpahD. keadaan cuaca dan iklim hangatE. tidak pernah dijajah negara lain
KunciLuxemburg yakni sebuah negara kecil di Eropa barat yang memiliki rangking IPM 21 di dunia. Meskipun negara ini berukuran kecil namun mampu meningkat pesat menjadi negara sejahtera. Hal ini disokong faktor geografis Luxemburg dikelilingi negara maju sehingga sangat menolong dalam peningkatan koordinasi diantara negara tersebut. Dampaknya negara kecil ini akan terbawa maju alasannya adalah efek tetangga yang sudah maju.
Peta Luxembourg
7. Ciri-ciri negara:1) berlokasi di lintang rendah2) dilewati garis ekuator3) sekitar 72% ialah daerah hutan4) beribukota di Bogota Negara yang dimaksud ialah ....A. BrasilB. EkuadorC. PeruD. BoliviaE. Kolombia KunciRepublik Kolombia ialah sebuah negara di barat maritim Amerika Selatan yang hutannya lebat. Sekitar 72% ialah daerah hutan. Kolombia mempunyai batas dengan Laut Karibia di sebelah utara, dan barat maritim; Venezuela dan Brasil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Samudra Pasifik di barat. 8. Perhatikan peta!
Negara yang tergolong anggota G7 pada benua berikut ditunjukkan angka .... A. 1, 6, 7, 9B. 1, 2, 3, 4C. 3, 4, 7, 8D. 7, 8, 9, 10E. 6, 7, 8, 9 KunciG7 yaitu sebutan bagi negara-negara industri maju dang sungguh berperngaruh bagi perekonomian dunia. Anggota G7 berisikan Amerika Serikat (AS), Jepang, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Italia. 
Awalnya, golongan ini dibentuk balasan krisi minyak yang terjadi pada 1973. Banyak negara yang mengalami krisis ekonomi akhir harga minyak dunia yang meroket. 
G7 merupakan forum tahunan selaku daerah para pemimpin negara anggota membahas info-informasi yang beredar. G7 tidak mempunyai kesepakatan yang mengikat tetapi pernyataan dari para pemimpin G7 selalu dinantikan untuk menyelesaikan kontradiksi di dunia. Sumber: Kompas
9. Karakteristik geografis:1) dialiri Sungai Danube2) memiliki batas dengan Serbia3) berlokasi di Eropa cuilan tenggara4) Sungai terpanjang Sungai OltNegara yang dimaksud sesuai ciri fisik diatas yakni ....A. UkrainaB. PolandiaC. RumaniaD. MoldovaE. Kroasia
KunciKondisi geografis pada soal sesuai dengan negara Rumania. Berikut peta geografis Rumania. Sumber: Britannica Baca juga: Soal Try Out UTBK Geografi HOTS