Blogger Jateng

Webinar Kolaborasi MGMP Geografi Kota dan Kabupaten Bekasi

Setelah sekian lama vakum tanpa aktivitas, di selesai tahun ini MGMP Geografi Kota dan Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan webinar untuk memajukan kompetensi keilmuan guru.
Biasanya aktivitas MGMP dilaksanakan offline tetapi karena situasi pandemi maka dialihkan ke online atau daring.  Atas inisiatif komunitas MGMP Geografi Kota dan Kabupaten Bekasi karenanya mampu menyelenggarakan acara webinar via zoom yang akan dibagi ke dalam 3 konferensi.
Pertemuan pertama telah dihelat pada 22 Desember kemarin dengan menghadirkan beberapa narasumber berkompeten dari kota dan kabupaten Bekasi.
Webinar ILMUGURU
Kegiatan dibuka oleh ketua acara ialah Bapak Anang Suherman lalu disusul sambutan dari Bapak Rojali sebagaipengawas. Bapak Rojali kemudian memaparkan bahan pertama terkait kebijakan pemerintah terkait merdeka belajar.
Bapak Rojali menggantikan Bapak Casmadi yang kodarullah diundang Allah SWT beberapa hari sebelum program terselenggara. Kebijakan merdeka mencar ilmu intinya memperlihatkan keleluasaan terhadap guru untuk berkreasi dalam menunjukkan pendidikan dan pengajaran terhadap siswa.
Sesi kedua kemudian diisi oleh Ibu Endang Rahayu yang memberikan pencerahan wacana tata cara pembuatan soal hots. Soal hots memiliki beberapa karakter dan bisa dimodifikasi dari soal lots dengan sedikit pelengkap stimulus.
Sesi ketiga kemudian dilanjutkan oleh Ibu Anita yang memaparkan perihal tata cara kenaikan angka kredit bagi guru PNS. Kenaikan pangkat guru dapat dipercepat dengan melaksanakan beberapa aktivitas publikasi ilmiah dan ikut dalam kesibukan kenaikan kompetensi yang berafiliasi dengan instansi terkait.
Sesi keempat dilanjutkan oleh Agnas Setiawan yang menjelaskan perihal bagaimana menjadi seorang guru blogger. Di kurun milenial saat ini media umum menjadi salah satu alat ampuh untuk mengembangkan kreatifitas seorang guru.
Sesi kelima atau terakhir diisi oleh Ahmad Habibi yang memperlihatkan ulasan tentang cara menjadi guru youtuber. Youtube bisa menjadi sarana pendidikan dan pengajaran geografi ketika ini apalagi di tengah pandemi yang memaksa pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh.
Pukul 12.30 rangkaian program webinar konferensi 1 kesannya akhir dan ditutup dengan penugasan kepada setiap penerima. Kegiatan webinar akan dilanjut di pertemuan kedua selesai Desember.