Blogger Jateng

Soal UTBK Geografi Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh + Kunci

Halo guys, UTBK tinggal beberapa bulan lagi nih dan kau pastinya udah mesti siap-siap dari kini bukan?.
Nah bagi kamu yang sedang mengincar dingklik perguruan tinggi tinggi tinggi favorit jurusan geografi, saatnya kau berjuang optimal.
Kali ini saya berikan pola soal latihan UTBK bahan penginderaan jauh. Jangan lupa share ke sahabat-teman yang lain.
Latihan UTBK Yuk!
Soal UTBK Geografi 2021 Pemanfaatan Inderaja
1. Pernyataan :
1)    Pengamatan data untuk prakiraan cuaca
2)    Pendataan dan pembangunan jaringan monorel
3)    Pengembangan wilayah untuk pemukiman transmigrasi
4)    Pengamatan data sedimentasi pada waduk/situ
Manfaat citra penginderaan jauh untuk bidang meteorologi dan hidrologi ditunjukkan oleh …
a. 1) dan  4)b. 1 dan  3)c. 2 dan  3)d. 3) dan 4)e. 2) dan 4)
2. Pada gambaran foto udara, kenampakan hutan hujan dengan hutan informasi terkini dapat dideteksi salah satunya dari bab spasial ...a. rona
b. bentukc. tekstur
d. bayangan
e. pola
3. Berikut ini kenampakan yang mampu diidentifikasi menggunakan citra penginderaan jauh, kecuali ...a. Luas areal hutan gambut terbakar
b. Panen jagung pada satuan luas tertentu
c. Jumlah populasi sawit yang terkena hama
d. Perubahan garis pantaie. Kedalaman sungai
4. Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait gambaran inderaja yaitu ….
a. Citra yang menunjukkan area luas lazimnya mempunyai resolusi spasial tinggi
b. Citra dirgantara lebih murah untuk liputan daerah yang sama luasnya dibanding gambaran satelit
c. Semakin heterogen objek permukaan bumi maka tekstur pada gambaran akan semakin bergairah
d. Skala citra dirgantara lebih besar dibandingkan skala citra satelit
e. Citra satelit mampu sangat baik memonitor pergantian fenomena di permukaan bumi karena direkam dari waktu ke waktu setiap hari.
5.  Pantulan energi gelombang elektromagnetik paling besar oleh vegetasi yaitu pada spektrum ...a. birub. inframerah
c. ultraviolet
d. merah
e. mikro

Kunci
1. Penginderaan jauh atau inderaja merupakan teknik menerima citra objek di permukaan bumi tanpa kontak pribadi dengan objek tersebut.  Pemanfaatan gambaran inderaja sudah diaplikasikan dalam aneka macam bidang. Di bidang meteorologi gambaran inderaja mampu dipakai salah satunya untuk observasi data prakiraan cuaca.  Sementara di bidang hidrologi citra inderaja mampu digunakan untuk observasi data sedimentasi pada waduk/situ.

2. Unsur spasial citra inderaja berisikan rona, bentuk, teladan, bayangan, tekstur, ukuran, situs, asosiasi. Tekstur adalah kekasaran visualisasi objek pada gambaran.  Tekstur kasar mencirikan adanya heterogenitas pada kerumunan objek di permukaan bumi. Hutan hujan memiliki heterogenitas tinggi dibandingkan hutan gosip terkini, sehingga pada gambaran akan tampaklebih bergairah secara tekstur.
3. Citra penginderaan jauh dihasilkan dari hasil perekaman sensor. Citra akan menciptakan gambaran objek di permukaan bumi yang bisa diidentifikasi secara visual.  Identifikasi visual citra mampu menggunakan pedoman 8 unsur spasial citra mencakup  rona, bentuk, teladan, bayangan, tekstur, ukuran, situs, perkumpulan.  Kedalaman sungai tidak dapat terekam dalam foto udara alasannya adalah keterbatasan sensor inderaja dalam menembus objek di permukaan bumi sehingga dapat terpantulkan ke sensor.  Kedalaman sungai cuma bisa dideteksi dengan pengukuran eksklusif di lapangan atau menggunakan alat sonar.
4. Citra yaitu produk hasil penginderaan jauh berupa gambar yang terbagi menjadi citra foto dan citra non foto.  Hasil perekaman gambaran sungguh tergantung pada jenis gelombang elektromagnetik yang digunakan pada sensor.  Kemampuan sensor dalam merekam objek terkecil pada tiap pikselnya disebut dengan resolusi spasial. Piksel yaitu unit terkecil dari suatu citra.  Citra yang memperlihatkan area luas umumnya mempunyai resolusi spasial yang rendah sementara citra dengan resolusi tinggi akan menunjukkan objek secara detail.
5. Karakteristik pantulan vegetasi dipengaruhi oleh kandungan pigmen daun, material organik, air dan karakteristik struktural daun mirip bentuk daun dan luas daun.  Pantulan spektral terbesar pada rentang spektral inframerah ialah antara 0.65 hingga 0.76 mikrometer. Sementara itu pantulan spektral yang rendah ada pada spektrum biru dan merah yang disebabkan vegetasi menyerap banyak energi pada kedua spektrum tersebut oleh klorofil daun. 
Baca juga: Soal hots UTBK Hidrosfer Soshum