Blogger Jateng

Liburan Akhir Tahun ke Wisata Alam Sungai Cipaniis Kuningan

Akhir tahun ini seperti lazimkami pulang kampung ke kampung halaman di Majalengka dan tentu saja harus piknik ke objek rekreasi alam.
Karena rekreasi di Majalengka ditutup hingga 8 Januari maka kami alihkan rute ke daerah Kuningan. Saya cek di google map dan dapatlah wisata alam Cipaniis.
Kami berangkat dengan mobil dari kota Majalengka menuju arah Rajagaluh dan sampai pertigaan belok ke arah Mandirancan. 
Cuaca sepanjang perjalanan cenderung mendung dan tidak panas dan cocok sekali untuk piknik ke pegunungan.
Setelah melewati jalan utama Mandirancan, kemudian kami belok kanan lagi menuju arah Desa Wisata Pasawahan dan sekitar 3 km sudah hingga di lokasi objek wisata.
Sampai parkiran masih belum begitu ramai dan hanya kendaraan beroda empat kami yang baru terparkir. Suasana hutan pinus yang rimbun dan fatwa sungai pegunungan sungguh terasa. Setelah memarkir mobil kami lanjut menuju pintu masuk dan bayar karcis 15.000 per orang, jikalau anak kecil tidak masuk karcis. Dari pintu masuk telah terlihat fatwa sungai yang super jernih dengan bebatuan yang terbentang di segi sungai. Sungai Cipaniis ini ialah salah satu sungai yang berhulu di kaki Ciremai jadi airnya memang bersumber dari gunung. Sudah banyak pelancong ternyata sedang mandi di sungai ini. Karena saya dan isteri gak niat mandi jadi yang nyebur cuma anak aku saja. Fasilitas rekreasi disini juga cukup memadai, ada warung, WC dan mushola. Warung-warung menjajakan kudapan, kopi, ada juga jagung bakar.
Wisata alam Cipaniis Kuningan

Airnya jernih banget bro

Suasana sejuk dan rimbun

Hobi ngorek air

Jernihnya air sungai Cipaniis Kuningan
 Kalau mau river thubing, mampu juga di bab hilir sungai untuk start susur sungainya. Suasana disekeliling sungai Cipaniis rimbun pepohonan dan ada area camp hutan pinus di bagian atas. 
Kami coba naik ke atas untuk melihat lokasi camp hutan pinus. Karena telah letih, kami ngopi dulu di warung sekitar hutan pinus.
Objek rekreasi alam Cipaniis Kuningan ini cocok untuk wisata keluarga yang ingin menikmati situasi alam pegunungan. 
Setelah 2 jam berwisata dan hujan pun mulai turun, kami turun kembali untuk pulang ke Majalengka dengan lewat jalur ke arah Cicerem. Simak vlog perjalanannya di youtube berikut ini dan jangan lupa subscribe.