Blogger Jateng

Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Indonesia yakni negara besar baik dari sisi luas maupun populasi orangnya. Kergaman Indonesia dari sisi sosial menjadi sebuah berkah tetapi bisa juga menjadi ancaman kepada integrasi bangsa.
Integrasi nasional selaku sebuah usaha dan proses penyatuan perbedaan yang ada dalam suatu negara diperlukan dapat membuat keserasian dan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah sebuah landasan paten untuk mencapai kesatuan nasional dalam keberagaman.
Integrasi nasional terbentuk alasannya adalah adanya faktor pendorong dan penghambat. Berikut ini faktor-faktor tersebut.
Integrasi nasional dibangun dari kerelaan hati


1. Faktor pendorong integrasi nasionala. Faktor sejarah bangsa terkait penjajahan yang menjadikan rasa senasib dan seperjuangan dalam melawan penjajahan.b. Keinginan kuat untuk bersatu mirip ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang ialah cikal bakal lahirnya bangsa dan negara Indonesia merdeka.c. Rasa cinta tanah air di semua kalangan penduduk sebagaimana dibuktikan dalam perjuangan merebut, menegakkan dan mengisi kemerdekaan.d. Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, dibuktikan dengan usaha para jagoan di medan perang hingga gugur.e. Konsensus nasional dalam perwujudan proklamasi, Pancasila, UUD 45, bendera merah putih, lagu Indonesia raya dan bahasa persatuan Indonesia. Konsensus nasional dibangun dari kerelaan hari para founding father dalam mewujudkan visi Indonesia merdeka.
2. Faktor penghambat integrasi nasionala. Masyarakat Indonesia yang beranekaragam suku, bahasa, etnik, tempat, agama membuat perbedaan pandangan yang mampu menghalangi persatuan.b. Luasnya kawasan Indonesia dan dipisahkan lautan bikin distribusi keadilan terhambat oleh bentnag geografis.c. Kemungkinan ancaman, tantangan, gangguan dari pihak luar mirip negara-negara yang tidak suka Indonesia berjaya.d. Gerakan separatisme masih marak terjadi di beberapa daerah utamanya Aceh, Sulawesi, Maluku dan Papua.e. Konflik SARA tamat berita hoax di media umum yang kian marak.f. Paham etnosentrisme dari beberapa suku bangsa yang menonjolkan keunggulan budaya sendiri dan menganggap rendah budaya suku lain.
Terwujudnya intergrasi nasional memerlukan kolaborasi semua lapisan penduduk tanpa terkecuali. Perilaku yng perlu ditanamkan semoga integrasi nasional tetap tersadar ialah:1. menghormati ras, agama, budaya, suku bangsa orang lain.2. menghormati perbedaan pertimbangan .3. menawarkan santunan kepada semua orang tanpa pandang SARA.4. tidak mengejek orang lain menurut SARA.5. menghormati ibadah umat agama lain.