Blogger Jateng

Aplikasi Screenshot Laptop (Paling Simple+Powerful)

1 Aplikasi Screenshot di Laptop Ter-Praktis (Windows Ataupun Mac) - Meski kau telah cukup usang pegang laptop, ternyata masih belum tahu caranya screenshot.
 Meski kamu sudah cukup lama pegang laptop Aplikasi Screenshot Laptop (Paling Simple+Powerful)
Lalu kamupun browsing di google dengan mengetik kata kunci di kolom penelusuran google "aplikasi screenshot di laptop".


Selanjutnya kau peroleh di halaman pertama google cara-cara (mungkin) dengan judul seperti ini :
  • 5 Cara Untuk Screenshot di Laptop
  • 7 Cara Melakukan Screenshot di Laptop dan PC
  • 8 Cara....
  • 10 Cara...
Lupakan cara-cara itu semua ! 
Karena kau hanya butuh 1 cara pakai aplikasi ini. Caranya yang ter-mudah, ter-simple dan paling simpel. 

Aplikasi yang mampu kau gunakan di sistem operasi apapun, windows maupun mac. Caranya yang tepat di semua model windows yang kau pakai. Caranya yang...nenek kamupun bisa melakukannya.
Dan cara itu akan aku tunjukkan dalam waktu dekat.

Sudah 4 Tahun Saya Setia Menggunakan Aplikasi Screenshot Ini !

Agar kamu percaya bahwa ini ialah aplikasi screen capture dengan cara paling gampang, praktis dan simpel, bukti nyatanya yaitu aku sendiri selaku pengguna cara ini.
Saya telah memakai berbagai aplikasi screenshot yang pernah ada di internet sebelumnya. Sekitar 4 tahun kemudian aku baru mengenal cara ini dan balasannya saya pakai sampai kini.
Perlu kamu tahu. Sebagai tukang pengurusan dokumen-dokumen, pekerjaan harian aku tidak pernah lepas dari "aktivitas screenshot-screenshot dokumen". Dalam sehari bukan satu dua, tetapi mampu puluhan hingga ratusan aktivitas screenshot yang saya kerjakan.
Dan Alhamdulillah 1 cara praktis ini sungguh sungguh dan sungguh membantu saya. I love so much cara ini...

Langsung saja aku tunjukkan 1 teknik screenshot di laptop paling gampang dan super mudah.


Aplikasi Screenshot di Laptop Termudah

1. Unduh Aplikasi Screenshot Laptop/ PC

Tenang saja, aplikasi ini sungguh ringan. Ukuran filenya super kecil, cuma sekitar 2.7 Mb. Lebih kecil dari ukuran 1 buah lagu. Dijamin tidak akan bikin berat kinerja laptop kau.
Aplikasi ini bernama "Lightshot Screenshot". Kamu mampu mengunduhnya secara gratis dan legal di link berikut...

 https://app.prntscr.com/en/download.html  (Copy paste-kan link ini di browsermu).
Setelah kau copy paste link di atas di browser, akan timbul halaman seperti berikut:
 Meski kamu sudah cukup lama pegang laptop Aplikasi Screenshot Laptop (Paling Simple+Powerful)
Di halaman itu, di bagian kanan ada 2 opsi download: Download for Windows (kotak hijau) dan for Download for Mac (kotak ungu). Silakan pilih download sesuai dengan OS laptop kau.
Kalau saya sendiri, karena pakai Windows, saya download yang "Download for Windows".

2. Install Aplikasi Screenshot yang Sudah Kamu Download

Buka folder kawasan kamu lazimnya menyimpan hasil download. Cari file yang bernama "setup-lightshot". Lihat mirip yang aku beri tanda merah.  Itu file-nya yang mesti kamu install.
 Meski kamu sudah cukup lama pegang laptop Aplikasi Screenshot Laptop (Paling Simple+Powerful) Selanjutnya, kau install file tersebut dengan meng-klik 2x. Saat kau mulai menginstall ini, bagi kamu yang pakai Windows, mungkin akan muncul security warning seperti berikut:

Kamu pribadi pilih kotak "Run". Jangan kamu cancel. Setelah itu akan timbul lagi security warning dan kau pilih "yes". Lalu akan muncul obrolan box seperti ini:
 Meski kamu sudah cukup lama pegang laptop Aplikasi Screenshot Laptop (Paling Simple+Powerful)
Biarkan bahasa default "English" dan kamu eksklusif pilih kotak OK. Selanjutnya akan muncul obrolan box seperti berikut:
 Meski kamu sudah cukup lama pegang laptop Aplikasi Screenshot Laptop (Paling Simple+Powerful)

Lalu kamu pilih "I accept the agreement" dengan mengklik bulat kecil di sampingnya. Selanjutnya akan berlangsung proses instalasi.
Setelah proses instalasi akhir, akan muncul obrolan box lagi. Dan kamu pilih finish.

Cara Menggunakan Lighshot Screenshot Untuk Screenshot Laptop/ PC

Cara menggunakannya sungguh mudah. Cek berikut langkah-langkahnya :

Pertama, aktifkan dahulu aplikasi lightshot screenshot

Setelah terinstall, aktifkan aplikasi lightshot screenshot. Caranya, bisa kau cari di Search Windows atau tekan tombol Windows di keyboard-mu dan selanjutnya di kolom search, cari aplikasi dengan mengetikan lightshot screenshot.
Lalu setelah timbul, klik 2x aplikasi tersebut untuk mengaktifkannya. Lihat gambar seperti berikut:
Mencari Aplikasi Lighshot Screenshot yang Sudah Terinstall dan Mengaktifkannya

Proses pengaktifan aplikasi ini cukup sekali. Meskipun kau nanti mematikan laptop - saat nyalain laptop lagi, kamu tidak usah mengaktifkannya lagi. Asal kamu tidak exit dari aplikasi ini.

Kedua, Penggunaan Aplikasi Untuk Screenshot di Laptop/ PC

Caranya sungguh gampang, tinggal kau pencet tombol "PrtSc" atau "PrtSc SysRq". Lalu layar laptop akan gelap dan muncul di bawah cursor/ pointer mouse ukiran pena "Select Area".
Selanjutnya kamu tinggal pilih area di layar laptopmu yang mau di-screenshot dengan cara klik kiri mouse - tahan - seret hingga ukuran yang kamu kehendaki. Berikut contohnya:

Lihat contoh proses screenshot di atas. 
Lihat bagian kanan bawah. Dari kiri ke kanan, pilih tools paling kiri untuk mengupload hasil screenshot, samping kanannya untuk men-share, kanannya lagi untuk email melalui gmail, kanannya lagi untuk print hasil screenshot, kanannya lagi untuk copy hasil screnshot dan paling kanan untuk save hasil screenshot.
Sedangkan tools di sebelah kanan yang bangkit vertikal, tool-tool tersebut bisa eksklusif digunakan untuk meng-edit hasil screenshot. 
Seperti, memberi kotak pada pecahan tertentu hasil screenshot, memberi tabrakan pena, memberi tanda panah dan memberi tabrakan pena pada hasil screenshot.
Sangat sederhana dan sungguh mudah. Screenshot - hasil screenshot langsung mampu diedit - kemudian eksklusif bisa dipakai (diupload-dishare, diemail, diprint, dicopy, disave).

Jauh berbeda jika kau pakai screenshot bawaan Windows. Di mana untuk mengedit hasil screenshot harus membuka acara/ aplikasi paint. Dan untuk memakai hasil screenshot (upload-share-email-print-copy-save) mesti membuka aplikasi lain.
Inilah aplikasi screenshot di laptop termudah yang pernah ada (hingga saat ini). Semoga menolong.
Baca Juga:5 Cara Screenshot Laptop / Komputer yang Layak Kamu Coba