Blogger Jateng

Soal Ujian Bab Lingkungan Hidup + Pembahasan

Halo mitra-mitra sekalian, kali ini kita akan berikan acuan soal geografi lagi. Topik materi yang akan diberikan adalah lingkungan hidup.
Lingkungan hidup yaitu sebuah kesatuan ekosistem dimana terdapat interaksi antara unsur biotik dan abiotik di dalamnya.
Manusia memanfaatkan lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sepanjang kurun. Akan tetapi masifnya aktivitas insan menciptakan lingkungan hidup semakin terancam.
Berbagai macam tragedi lingkungan seperti longsor, banjir bandang, pergerakan tanah, abrasi dan yang lain kian banyak terjadi.
Perlu perhatian khusus untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan semoga kehidupan di dalamnya tetap tersadar, harmonis dan sepadan. 
Berikut ini teladan soal lingkungan hidup dan pembahasannya. Soal ada yang bertipe lots dan hots, silahkan digunakan untuk latihan soal atua nambah-nambah soal ujian di sekolah bagi guru.
1. Tindakan pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan prinsip pilih-pilih pada desain pembangunan berkesinambungan adalah ….
a. Menggunakan lahan sesuai urutan prioritas keperluan manusia
b. Menggalakan acara reboisasi dan penghijauan di hutan botak
c. Meningkatkan penelitian untuk mendapatkan sumber energi alternatif
d. Melakukan acara pemisahan sampah organik dan anorganik
e. Mengolah dan menetralisir limbah industri sebelum dibuang

2. Kualitas kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas lingkungan hidupnya alasannya adalah ….a. Hanya insan yang mampu mempergunakan lingkungan hidup untuk menyanggupi keperluan
b. Lingkungan hidup dibentuk insan sehingga pelestariannya menjadi tanggung jawab manusia
c. Semua kebutuhan utama insan diambil secara langsung dari lingkungand. Manusia menerima kebutuhan hidupnya dengan mempergunakan lingkungan
e. Keberagaman lingkungan hidup cuma dimanfaatkan manusia
3. Tingginya pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran maritim di Indonesia. Bahkan pada 2010, Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai Sungai Paling Tercemar di Dunia oleh situs huffingtonpost.com. World Bank juga menempatkan Jakarta selaku kota dengan polutan tertinggi ketiga sehabis Beijing, New Delhi dan Mexico City. Salah satu upaya untuk memulihkan keadaan Citarum berbasis penduduk yakni ….a. Melakukan reboisasi di sekitar sungai
b. Membuat perda wacana manajemen limbah pabrikc. Mengurangi pembuangan limbah domestik ke sungaid. Tidak mendirikan pabrik di samping  sungai
e. Memberi denda terhadap warga yang membuang sampah ke sungai
4. Kebakaran lahan gambut terkadang terjadi di Indonesia utamanya di Kalimantan dan Sumatera. Fenomena ini seringkali muncul saat animo kemarau panjang melanda Indonesia. Kebakaran gambut seringkali membuat kabut asap hingga hingga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kebakaran lahan gambut cenderung sulit dipadamkan dikarenakan aspek ….
a. Tanah gambut condong tebal
b. Keterbatasan sumber air
c. Durasi verbal secara umum dikuasai kemarau yang panjang
d. Sulitnya saluran angkutanmenuju kawasan kebakaran
e. Kesiapsiagaan pemerintah kurang 5. Salah satu teknik pelestarian pertanian adalah metode rotasi flora. Yang bukan termasuk faedah rotasi tanaman yaitu ….a. mengurangi intensitas serangan hama atau penyakit
b. meningkatkan kesuburan tanahc. mampu membentuk ekosistem mikro yang stabil
d. menyanggupi permintaan pasar yang diinginkan.e. Mengurangi laju pengikisan permukaan
Kunci Jawaban1. Salah satu langkah-langkah pilih-pilih dalam pemanfaatan sumber daya alam ialah pemanfaatan lahan sesuai dengan prioritas keperluan insan. Ini artinya penggunaan lahan tidak serakah dan tergantung pada kondisi keperluan manusia itu sendiri. Diharapkan dengan cara ini lahan tidak akan cepat rusak dan bisa produktif setiap dikala.

2. Manusia sungguh memerlukan lingkungan hidup agar mampu bertahan hidup. Kualitas hidup insan sangat diputuskan sekali dengan mutu lingkungan. Harus ada simbiosis menguntungkan antara manusia dengan lingkungan. Kerusakan lingkungan akan memiliki efek pada menurunnya mutu hidup manusia di dalamnya. Menurunnya kualitas lingkungan akan memanggil tragedi di lalu hari. 
3. Sungai Citarum yakni salah satu sungai besar di Jawa Barat dan menjadi urat nadi kehidupan penduduk . Kondisi sungai Citarum saat ini memperihatinkan karena pencemarannya telah sungguh berat. Salah satu upaya pemulihan Citarum berbasis penduduk ialah dengan mengurangi limbah domestik masuk ke sungai. Kegiatan penduduk sekitar sungai adalah faktor utama tercemarnya Citarum selain dari limbah pabrik berat. 
4. Kebakaran lahan gambut sering melanda Indonesia khususnya pada lahan gambut di Kalimantan dan Sumatra. Kebakaran gambut sungguh menyengsarakan penduduk dan merusak lingkungan. Fenomena ini sering terjadi periode demam isu kemarau panjang datang. Kebakaran gambut sulit dipadamkan sebab faktor ketebalan gambut sehingga kalau api di atas permukaan tanah padam tetapi bara api sering menjalar sampai ke akar dalam sehingga kebakaran terus berlanjut dalam waktu lama.
5. Rotasi flora atau crop rotation adalah teknik rekayasa pertanian dengan melaksanakan pergiliran tanaman dalam satu tahun. Pada beberapa metode budidaya tumbuhan organik, rotasi flora sungguh disarankan.  Beberapa kelebihan rotasi tanaman adalah bisa meminimalkan intensitas serangan hama atau penyakit, memajukan kesuburan tanah, serta mampu membentuk ekosistem mikro yang stabil.  Selain itu, di dalam dunia agribisnis pada aneka macam jenis komoditas khususnya jenis sayuran mampu memenuhi undangan pasar yang dikehendaki.
Mengurangi laju abrasi permukaan yakni satu faedah dari terasering pada lahan miring. 
Rotasi tanaman
Gambar: disini