Blogger Jateng

Contoh Soal UTBK Objek Formal dan Material Geografi

Halo mitra-mitra sekalian kali ini saya akan berikan pola latihan soal utbk geografi materi objek material dan formal geografi.
Objek studi georgafi terdiri atas objek material dan objek formal. Kedua hal ini penting dimengerti oleh seorang geograf.
Objek material geografi ialah lapisan bumi (geosfer) yang terdiri atas atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer dan antrposfer.
Objek formal geografi yakni pendekatan atau cara pandang dalam mengetahui objek materi geografi. Ada 3 pendekatan geografi yakni keruangan, kelingkungan dan kewilayahan.
Berikut pola latihan soal terkait bahan objek material dan formal geografi. 1. Kondisi cuaca di Indonesia sungguh dipengaruhi oleh banyak sekali aspek, salah satunya adalah peristiwa El Nino. El Nino yakni sebuah anomali menghangatnya di perairan Pasifik belahan tengah dan timur. Dampaknya bagi Indonesia yaitu curah hujan sungguh menyusut drastis sehingga mengakibatkan kekeringan panjang. Fenomena yang menjadikan kekeringan tersebut terjadi pada lapisan ….a. biosfer
b. hidrosfer
c. litosferd. atmosfer
e. antroposfer KunciObjek studi geografi terdiri dari objek material dan objek formal. Objek material geografi ialah lapisan bumi atau geosfer yang terdiri dari atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer dan antroposfer.

Sementara itu objek formal geografi ialah pendekatan geografi yang berisikan pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan dan pendekatan kewilayahan.

Atmosfer adalah lapisan udara
Hidrosfer yaitu lapisan air
Litosfer yakni lapisan kerak bumi
Biosfer yaitu lapisan kehidupan
Antroposfer yaitu lapisan manusia

Dalam soal terdapat deskripsi perihal fenomena El Nino yang menyebabkan pergeseran cuaca di Indonesia. Fenomena cuaca terjadi pada lapisan atmosfer. Gambar: disini
Fenomena El Nino
2.  Beberapa peristiwa :
(1)    Seorang penambang pasir di hilir Sungai Cimanuk meninggal karena terseret aliran sungai yang tiba-datang tiba dengan sungguh deras balasan hujan di hulu sungai tersebut.
(2)    Beberapa waktu yang kemudian Indonesia mengalami trend kemarau yang panjang akibat kejadian El Nino.
(3)    Seorang penambang pasir tewas tertimbun runtuhan pasir akhir bukit pasir mengalami longsor ketika turun hujan deras.
(4)    Jakarta gagal menciptakan angkutanair karena dalam uji coba armada, baling-baling motor kapal tersangkut sampah yang banyak terdapat di sungai.
(5)    Hujan yang turun selama dua hari berturut-turut di daerah Bogor, Puncak dan Cianjur menyebabkan Kampung Pulo – Jakarta Selatan terendam banjir.

Pendekatan kelingkungan sesuai untuk menganalisis dalam menangani permasalahn yang ditunjukkan pada angka ….a. 3) dan 4)
b. 1) dan 2)c. 1) dan 5)d. 2) dan 4)e. 3) dan 5)

Kunci
Pendekatan atau objek formal geografi adalah cara pandang geografi dalam mengetahui dan mengkaji fenomena geosfer.
 1. Pendekatan keruangan (spatial approach) merupakan pendekatan utama dan ciri khas geografi. Pendekatan ini melihat sebuah gejala dari prinsip sebaran, keterkaitan dan deskripsi.
2. Pendekatan kelingkungan (ecological approach) merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengkaji sebuah gejala atau fenomena geosfer dari sisi interaksi manusia dengan lingkungannya. Pendekatan ini merupakan pendekatan turunan dari disiplin ilmu biologi.
3. Pendekatan kewilayahan (kompleks kawasan) merupakan pendekatan yang berpusat pada rancangan region. Region merupakan sebuah kawasan yang mempunyai kenampakan khas dan dapat dibedakan dengan wilayah lain.
Dalam soal, fenomena yang tepat kajian pendekatan kelingkungan yaitu angka 3 dan 4 alasannya terdapat acara manusia yang menyebabkan terjadi sebuah fenomena.

3. Perbedaan antara objek formal geografi dengan objek material ialah ….a. objek material geografi lebih sempit daripada objek formalnya
b. objek formal mengkaji geosfer selaku satu kesatuan yang saling menghipnotis
c. objek formal lebih menekankan pada interaksi alam dengan aktivitasd. sasaran objek material geografi yakni geosfer yang mempunyai banyak sekali lapisan dengan karakteristiknya
e. sasaran objek material geografi lebih dipengaruhi oleh jenis pendekatan yang digunakannya

KunciObjek studi geografi terdiri atas objek material dan objek formal. Objek material geografi ialah target atau materi kajian geografi yaitu geosfer.
Geosfer terdiri atas beberapa lapisan yakni:
Atmosfer ialah lapisan udara yang menylimuti bumi
Litosfer yaitu lapisan kerak bumi.
Hidrosfer yakni lapisan air baik itu air tawar maupun air asin
Biosfer adalah lapisan kehidupan kawasan mahluk hidup meningkat biak
Antroposfer ialah lapisan insan 
4. “Wilayah pedesaan mempunyai ciri kehidupan penduduk yang agraris. Oleh sebab itu kegiatan ekonomi masyarakatdesa sangat tergantung pada cuaca serta keadaan tanah. Di samping itu, mereka memerlukan sifat bahu-membahu dan kekeluargaan yang besar lengan berkuasa”. Pernyataan tersebut merupakan teladan penerapan prinsip ....
a. interelasi
b. korologi
c. persebaran
d. deskripsi
e. ekologi

KunciPrinsip geografi adalah suatu pemikiran dasar dalam pengkajian fenomena geosfer.
Secara teoritis, prinsip-prinsip geografi terdiri atas prinsip distribusi, interelasi, deskripsi dan korologi.
Prinsip distribusi adalah suatu gejala dan fakta yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, vegetasi, binatang dan manusia.
Dengan memperhatikan dan menggambarkan sebaran fenomena dan fakta dalam ruang, pengkajian duduk perkara yang berkaitan dengan fenomena dan fakta keruangan dapat terarah dengan baik.
Dasar kedua yang dipakai untuk menelaah dan mengkaji fenomena geosfer ialah dengan prinsip interelasi. Prinsip interelasi yaitu sebuah korelasi saling keterkaitan dalam ruang antara tanda-tanda yang satu dengan gejala lainnya.
Setelah teladan sebaran dan fakta geografi dalam ruang terlihat, relasi antara faktor fisis dengan faktor manusia mampu terungkap. Setiap fenomena pasti akan terkait dengan fenomena lain.
Prinsip deskripsi yaitu klarifikasi lebih jauh perihal fenomena geosfer dalam bentuk penyajian mirip peta, grafik, tabel atau statistik.
Deskripsi dalam geografi mampu memakai berbagai cara dan yang paling lazim yaitu dalam bentuk peta atau statistik.
Prinsip korologi adalah prinsip yang komprehensif alasannya adalah menggabungkan ketiga prinsip geografi sebelumnya. Dalam meninjau tanda-tanda, dengan korologi kita bisa menyaksikan lebih jelas dan utuh sebuah fenomena.
Kata kunci dalam soal yakni adanya keterkaitan antara program ekonomi penduduk dengan kondisi cuaca. Hal ini sesuai dengan prinsip interelasi.
5. Dalam mengkaji fenomena geosfer, geografi menggunakan pendekatan keruangan, artinya ...a. pendekatan geografi bahwa lingkungan hidup berisikan lingkungan fisis dan lingkungan biologis
b. pada hakikatnya suatu kawasan berlawanan dengan daerah yang lainnyac. dalam suatu kawasan di permukaan bumi dapat dipandang perbedaan kenampakan struktur, teladan dan proses
d. pendekatan bahwa gejala geografi yang satu dipengaruhi oleh tanda-tanda yang lain
e. adanya interaksi antara alam dengan kegiatan insan

KunciPendekatan geografi terdiri atas pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Pendekatan keruangan ialah pendekatan khas geografi. Pendekatan keruangan ialah cara pandang yang menekankan ruang selaku kajiannya.
Ruang dalam perspektif geografi mampu dilihat dari struktur, pola dan proses. Dalam pendekatan keruangan sangat penting untuk memperhatikan persamaan, perbedaan dan penyebaran penggunaan ruang yang sudah ada dan penyebaran ruang yang mau dipakai untuk aneka macam acara yang hendak direncanakan.
Baca juga: Soal hots lingkungan hidup + kunci