Blogger Jateng

Soal Latihan UTBK Geografi Pedosfer + Pembahasan

Pedosfer yaitu lapisan tanah beserta interaksi yang ada didalamnya. Tanah memiliki peran vital dalam kehidupan di permukaan bumi.
Perkembangan tanah dikontrol oleh faktor batuan induk, cuaca, relief, mahluk hidup dan waktu. Persebaran tanah di Indonesia sendiri beraneka ragam di tiap kawasan tergantung keadaan fisik wilayah tersebut.
Berikut ini teladan soal UTBK bagian pedosfer dan pembahasannya.1. Berikut ialah aspek-aspek pembentuk tanah, kecuali ....a. vegetasib. erosic. iklimd. topografie. batuan induk KunciTanah terbentuk dari hasil pelapukan serta pengendapan batuan organik dan anorganik. Proses pembentukan tersebut berjalan secara serempak juga saling memengaruhi antara aspek-aspek pembentuk tanah, ialah batuan induk, vegetasi, kondisi topografi, iklim, cuaca, dan waktu (lamanya proses pembentukan).

2. Pernyataan yang sempurna untuk mendeskripsikan tanah aluvial ialah ....a. warnanya kuning atau kuning kelabub. kadar keasaman relatif tinggic. dibawa oleh lumpur sungaid. berasal dari pelapukan batuan bekue. berasal dari pelapukan yang mengandung kuarsa KunciTanah aluvial atau entisol berasal dari endapan sedimen yang dibawa sungai. Tanah aluvial subur dan baik untuk dijadikan lahan pertanian. Dataran aluvial yang luas terdapat di Sumatra serpihan timur, Jawa kepingan utara, Kalimantan bagian selatan dan tengah, serta Papua bagian selatan. 3. Horizon O pada tanah umumnyamengandung ....a. alumuniumb. sisa tumbuhanc. oksida besid. fragmen batuane. lempung silikat KunciAkibat terjadinya proses pelapukan maka terbentuklah tubuh tanah, yang terdiri atas beberapa lapisan atau horizon tanah (mampu dibedakan atas horizon O, A, B, dan C). Horizon O yaitu horizon organik yang terbentuk di atas tanah mineral, terdiri dari sisa-sisa flora (seresah) dan hewan. 
4. Salah satu upaya memperbaiki pH tanah yang asam adalah ...a. penggunaan mulsab. membuat guludanc. memberi kapurd. melakukan reboisasie. menciptakan irigasi
KuncipH tanah yang masam akan berkembangdengan dukungan kapur sehingga mampu menciptakan kondisi lingkungan tanah yang manis untuk kehidupan mikroorganisme. Kondisi tanah yang elok akan mempercepat proses mineralisasi N dari sumber pupuk N dan kadar NH4+ yang dihasilkan akan meningkat. 
5. Tanah berikut ini mampu ditemui secara umum di wilayah Indonesia, kecuali ...a. andosolb. grumosolc. organosold. permafroste. aluvial
KunciPermafrost yaitu lapisan es yang tetapmembeku di bawah tanah di daerah kutub
6. Perhatikan gambar!Fenomena pada gambar tergolong jenis ...a. soil creepb. landslidec. rock falld. sheet erossione. mud flow KunciRayapan tanah yakni jenis tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berbentukbutiran bernafsu dan halus. Setelah waktu yang cukup lama longsor jenis rayapan ini mampu mengakibatkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah .
7. Partikel tanah yang berukuran < 0.002 mm dinamakan ....a. pasirb. debuc. liatd. batue. kerikil
KunciPasir memiliki diameter terbesar ialah 2-0.05 mm, debu dengan ukuran 0.05-0.002 mm dan liat dengan ukuran < 0.002 mm.
8. Warna tanah pada daerah rawa akan condong berwarna ...a. merahb. hitamc. kuningd. bubuk-abue. putih
KunciPada kawasan yang mempunyai draninase yang jelek seperti daerah rawa, maka lapisan tanah akan berwarna debu-bubuk karena unsur besi mengalami reduksi.
9. Irigasi paling antik yang dijalankan manusia ialah model ...a. irigasi permukaanb. irigasi bawah permukaanc. irigasi tetesd. irigasi pivote. irigasi mekanik
KunciSistem irigasi permukaan dikerjakan dengan mengambil air dari permukaan lalu disalurkan ke daerah pertanian memakai pipa atau jalan masuk sehingga air akan meresap sendiri lewat pori-pori tanah.
10. Tanah yang berada di wilayah pegunungan dan diatur oleh hujan dinamakan tanah ….a. organosolb. vulkanikc. kapurd. podsolikd. laterit KunciTanah podzolik ialah tanah yang sungguh dipengaruhi oleh curah hujan dan suhu yang rendah. Tanah ini banyak terdapat di tempat pegunungan dengan iklim basah sehingga unsur hara tanah banyak terkikis air