Blogger Jateng

Mengatasi Mati Mesin dan Panik Saat di Tanjakan Untuk Pemula

Bagi driver senior mungkin nyetir mobil telah bisa mau di jalanan mirip apapun tetapi bagi pemula tentu niscaya ada pengalaman yang sering terjadi.
Salah satu momen menyeramkan bagi driver pemula yaitu mobil mati mesin di tanjakan. Saya juga pernah mengalami hal tersebut, dan driver berpengalaman pun dulunya kan newbie jadi yang penting kita belajar terus.
Khusus di artikel kali ini aku akan berikan sedikit cara bagaimana ketika mobil kita mati mesin di tanjakan, khusus mobil manual ya.
Ingat postingan ini cuma menerangkan rancangan atau prinsip dasarnya saja, alasannya adalah di lapangan sering lain beda cerita karena banyak sekali faktor mulai dari kedalaman kopling berat kendaraan, mesin dan lainnya.
Mengalami mesin mati di tanjakan kadang masa membuathoror, terlebih kalau datang-tiba mobil mundur terus mobil belakang klakson tot..tott..toott..udah niscaya membuatgrogi tingkat yang kuasa. (sama kaya aku juga ). 
Apa yang harus kita lakukan saat mesin mobil mati di tanjakan?. Ini kiat untuk pemula dan belum share yang level advance seperti main kopling dan gas setengah gotong royong.
Panik dikala mesin mati di tanjakan
1. Jangan PanikNah, hal paling penting dari seluruhnya ialah kita jangan panik. Kalau ketakutan, gemeteran, keringat dingin keluar pasti sehebat apapun teori driving kita maka gak akan ada gunanya mas bor..wkwkkw.
Memang bagi pemula, mengontrol reflek kaki pasti butuh waktu, beda halnya dengan kopling motor yang pakai tangan. Pengendalian kaki niscaya akan kagok, dan ini perlu jam melayang jadi beranikan aja. 
Yakinkan diri bahwa anda akan menjadi seorang driver yang bagus, mumpuni. Biarpun ada salah di permulaan mencar ilmu, biarlah itu menjadi suplemen ilmu semoga suatu saat kita menjadi terbiasa dan gak cemas.
So, dikala mesin anda mati di tanjakan maka langkah pertama yakni jangan khawatir dulu. Latih fikiran dan alam bawah sadar anda biar percaya bahwa kesalahan dalam mengemudi di permulaan ialah biasa.
2. Rem TanganNah hal pertama yang mampu anda kerjakan saat mengalami mati mesin di tanjakan adalah dengan menawan tuas rem tangan. Otomatis kendaraan beroda empat tidak akan mundur bos.
Pastikan anda benar menggunakan tangan kiri kemudian tarik tuasnya. Kalau grogi bisa jadi anda linglung cari tuh tuas rem tangan. wkkwkw. 
3. Matikan ACSetelah mobil mati di tanjakan, maka mesin perlu dihidupkan lagi. Kalau tanjakan curam tentukan AC dimatikan sebelum menyalakan mesin ya. 
Kalau di tanjakan yang tidak curam, anda tidak perlu mematikan AC. Cukup nyalakan starter kendaraan beroda empat saja tidak apa-apa.
4. Masukan Gigi 1Setelah kendaraan beroda empat menyala, maka langkah selanjutnya injak rem dan kopling sarat . Setelah itu masukan gigi 1. Lepas kopling perlahan hingga terasa getaran, jikalau galau cek RPM di dashboard (jarum rpm di angka 1,5-2).
Jika mobil telah bergetar, tahan kopling dan injak pedal gas sedikit untuk memperbesar tenaga. Setelah itu lepas rem tangan maka mobil akan melaju. 
Selepas bergerak, jikalau di depan stuck lagi maka anda mampu memakai rem tangan kembali dan mengulangi teknik sebelumnya.
Itulah sedikit kiat mengatasi mati mesin di tanjakan. Saya kasih urutan singkatnya lagi di bawah:1. Injak pedal rem kemudian tarik rem tangan2. Matikan AC kemudian pindahkan ke gigi netral3. Nyalakan mobil, masuk gigi satu dan lepas kopling setengah biar bergetar4. Injak gas dengan kopling yang masih setengah bergetar5. Lepas rem tangan perlahan dan kopling, biarkan mobil melaju perlahan.