Blogger Jateng

Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Geografi Bab Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Penelitian geografi ialah sebuah upaya memecahkan problem-duduk perkara di permukaan bumi dengan melakukan penelitian.
Permasalahan geosfer semakian hari semakin kompleks sehingga para geograf makin tertantang untuk memecahkannya.
Penelitian geografi mampu menggunakan metode kuantitatif maupun kualitatif dalam pelaksanaannya. Pendekatan yang digunakan dalam pengamatan geografi yaitu keruangan, kelingkungan dan kewilayahan.
Hasil observasi lalu dituangkan dalam sebuah laporan observasi. Laporan pengamatan terdiri atas pendahuluan, landasan teori, hasi penelitian dan epilog.
Berikut ini kunci jawaban evaluasi erlangga bagian langkah-langkah penelitian geografi. Silahkan cek ulang lagi dengan membaca mataeri apalagi dahulu. Budayakan membaca sebelum menjawab soal.
Kunci balasan evaluasi erlangga geografi
A. Pilihan Ganda1.D 2.A 3.C 4.E 5.C 6.C 7.C 8.A 9.C 10.D 11.E 12.D 13.A 14.D 15.B 16.A 17.A 18.D 19.A 20.D
B. Isian1. pengamatan yang mengkhusukan kajian kepada fenomena yang berhubungan dengan fenomena fisik (bukan campur tangan manusia) mirip fenomena cuaca, erupsi, gempa, tsunami dan lainnya.2. pengamatan kualitatif yaitu observasi yang mengambarkan secara mendalaman wacana sebuah fenomena dari hasil pengumpulan data lapanagan. Penelitian kualitatif lebih menekankan pada penemuan ciri-ciri suatu fenomena bukan menguji atau menunjukan suatu teori.3. Observasi4. Rumusan persoalan observasi adalah daftar pertanyaan yang akan dicari kebenarannya melalui pengamatan.5. Eksplanatif6. Statistik kuantitatif7. Latar Belakang dilema berisi tentang isu yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan duduk perkara problematik yang mempesona untuk di teliti. 8. Jawaban sementara terhadap masalah yang sudah dirumuskan sebelumnya.9. Analisis Data10. Intisari dari hasil observasi terkait dengan masalah dan hasil analisis.
C. Esai1. Komuter yaitu fenomena kaum pekerja urban yang melaksanakan pergerakan harian untuk acara tertentu (dominan untuk melaksanakan pekerjaan ). Fenomena ini terkait dengan gejala antroposfer sehingga termasuk dalam salah satu objek materi geografi. 2. Metode penelitian geografi yaitu studi kasus, survei dan eksperimen.- Studi masalah dijalankan dengan observasi lapangan dan wawancara.- Survei dilaksanakan untuk menguji kebenaran dan mendeskripsikan kekerabatan antar variabel.- Eksperimen dilakukan untuk mengetahui imbas sebuah variabel terhadap variabel lain.3. Cara mengolah data geografi yang diperoleh dengan tata cara eksperimen adalah melalui tahapan yang berisikan Evaluasi dan validasi data, Analisis data dan Membuat laporan pengamatan.- evaluasi dan validasi data dikerjakan untuk menguji valid tidaknya data eksperimen.- analisis data dapat dilaksanakan dengan metode kuantitatif dan kualitatif.- laporan observasi yaitu sebuah karya tulis yang berisi wacana aktivitas pengamatan meulai dari pendahuluan, isi sampai penutup.4. Cara menganalisis data spasial dapat dilaksanakan secara kuantitatif maupun kualitatif. Metode kuantitatif memakai data berita dalam bentuk bilangan atau angka (bisa dari hasil survey kuesioner) sehingga bisa dimasak dengan hitungan statistik matematis. Metode kualitatif menggunakan kata-kata yang diperoleh melalui aneka macam macam teknik pengumpulan data seperti wawancara.
5. Manfaat observasi geografi antara lain:- untuk menemukan alasannya adalah terjadinya sebuah fenomena di permukaan bumi.- untuk mencari solusi atas problem geosfer yang terjadi di permukaan bumi.- untuk mendapatkan teori gres mengenai terjadinya sebuah fenomena.- untuk landasan kebijakan pembangunan suatu tempat.