Blogger Jateng

Contoh Soal UTBK Geografi Skala dan Proyeksi Peta + Kunci Jawaban

Peta ialah alat bantu geografi yang utama dan ketika ini peta sudah meningkat dalam bentuk digital dan berevolusi menjadi Sistem Informasi Geografi.
Kemampuan peta yaitu salah satu yang utama dalam mempelajari geografi. Banyak orang kesasar alasannya adalah tidak memahami cara membaca peta.
Kali ini aku akan bagikan pola soal UTBK terkait peta dan pemetaan. Fokus utama yaitu pada skala peta dan proyeksi peta. Silahkan dishare ke teman-sobat lain.
Soal latihan utbk skala dan proyeksi peta
 Jawablah pertanyaan berikut ini!1. Pada peta dengan proyeksi Mercator, daerah yang tidak mengalami distorsi ialah ….a. Greenland
b. Russiac. Papua Nugini
d. Alaska
e. Antartika

KunciProyeksi Mercator yaitu proyeksi peta silinder yang disebut sebagai mercator dipopulerkan oleh kartografer Flandria Gerardus Mercator pada tahun 1569.  Proyeksi Mercator termasuk tipe conform karena tempat-kawasan sempit bentuknya sama mirip pada globe.  Pembesaran ini semakin tak terhingga pada daerah kutub sehingga kedua kutub sering tidak tampakpada peta. Jadi wilaya yang tidak mengalami distorsi yaitu Papua Nugini karena berlokasi di kawasan khatulistiwa.

2. Berikut ini bagian-bagian peta rupa bumi, kecuali ….
a. topologi
b. hidrografi
c. hipsografi
d. toponimi
e. vegetasi

KunciPeta Rupa Bumi yaitu peta yang menawarkan unsur-bagian alam (asli) dan bagian-bagian buatan manusia di permukaan bumi. Peta rupa bumi tergolong ke dalam peta lazim.  Peta Rupa bumi menyuguhkan bagian-komponen dasar tampang bumi, seperti: komponen hipsografi (tinggi-rendahnya medan atau relief, khususnya ketinggian), bagian hidrografi (bahari, danau, sungai/teladan pengaliran), komponen vegetasi (penutup lahan), komponen toponimi (nama-nama bab tempat atau nama geografi), bab bikinan/budaya manusia (permukiman, tata cara perhubu-ngan, bagian unit-unit administrasi, dan tata cara referensi koordinat nasional baku (sistem lintang bujur).
3. Pernyataan yang tidak sempurna terkait proses kartografi dalam peta ialah ...a. Informasi yang hendak ditampilkan pada peta boleh diseleksi dan digeneralisasi sesuai kepentingan peta
b. Warna yang dipakai dalam peta sedapat mungkin mesti menjadikan reaksi psikologis pada pembacanya agar komponen yang ditampilkan pada peta gampang dikenalic. Letak legenda peta lazimnya di sebelah kanan atau sebelah bawah dari garis tepi petad. Peta mesti berpedoman pada syarat conform, equidistant dan ekuivalene. Sebuah peta boleh dibuat dari peta lain yang memiliki skala lebih kecil sebelumnya

KunciPeta tidak mampu dibentuk dari peta lain yang skalanya lebih kecil alasannya adalah kenampakannya akan berbeda baik dari segi ukuran, jarak dan rincian objek. Peta mampu dibentuk dari hasi lpengukuran lapangan dan citra satelit udara.
4. Jika skala peta diperbesar maka kenampakan yang tergambarkan akan .....
a. Semakin rincian
b. Semakin tidak rincian
c. Semakin kecil
d. Semakin tidak terperinci
e. Semakin luas

KunciJika skala peta diperbesar maka luas tempat yang dipetakan semakin kecil/sempit sehingga kenampakan yang tergambarkan semakin rincian. Contohnya peta desa.
5. Perhatikan skala peta di bawah ini !
1)    1:500.000 s/d 1:1.000.000     
2)    1:100 s/d 1:5.000                
3)    > 1:1.000.0004)    1:5.000 s/d 1:250.000   5)    1:250.000 s/d 1:500.000
Skala peta kadaster ditunjukan oleh nomor .....a. 1b. 2c. 3d. 4e. 5
KunciPeta kadasater ialah peta yang mempunyai skala sungguh besar ialah dari 1:100 sampai 1: 5.000. Contoh peta kadaster adalah peta tambang dan peta desa.
Baca juga: Soal hots kemajuan bumi + akhir