Blogger Jateng

Contoh Soal UTBK 2021 Konsep, Pendekatan, Prinsip Geografi + Pembahasan

Oke teman-teman sekalian geolovers kali ini kita akan coba berikan pola soal UTBK geografi 2021 beserta pembahasannya.
Soal kali ini perihal topik rancangan dasar geografi. Konsep dasar geografi yang perlu dipahami siswa ialah desain esensial, pendekatan, prinsip dan aspek geografi.
Jangan lupa untuk share blog ini dan banyak-banyaklah membaca dan berlatih soal-soal tipe hots semoga mampu tembus PTN melalui UTBK.
Jawablah pertanyaan berikut ini!1. Contoh desain morfologi dalam kehidupan sehari-hari adalah ...a. Pemukiman masyarakatKampung Naga cenderung mengelompok
b. Indonesia terletak di pertemuan 3 lempeng tektonik aktif
c. Desa berfungsi selaku hinterland bagi kotad. Kota Bandung berada pada ketinggian 768 mdpl
e. Pabrik gula banyak dibangun di wilayah Jawa Timur

KunciContoh desain morfologi dalam soal mempunyai arti terkait dengan bentuk permukaan bumi atau ketinggian. Pernyataan yang benar sesuai konsep morfologi adalah Kota Bandung berada pada ketinggian 768 mdpl.
2. Pernyataan berikut yang menunjukkan kajian geosfer dengan pendekatan ekologi yaitu ..
a. Pemanasan global terjadi akhir berkembangnya  industrialisasi, pembakaran hutan, dan polusi dari kendaraan bermotor sehingga mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, air, dan udara.b. Tanah yang terletak di pinggir jalan raya mempunyai harga lebih mahal dibandingkan yang di pedalaman
c. Rumah yang dibangun di pegunugan relatif berlawanan dengan yang di pesisir karena lingkungannya berbeda
d. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakatkota sangat kompleks karena ajakan mesti menyanggupi kebutuhan sehari-hari dan menghadapi tantangan lingkungan
e. Sebagai negara rawan tragedi, pendidikan mitigasi bencana perlu diberikan terhadap siswa sejak Sekolah Dasar

KunciJadi yang tergolong pendekatan ekologi yakni yang berhubungan dengan acara manusia yang memicu fenomena geosfer lain yaitu:
Pemanasan global terjadi final berkembangnya  industrialisasi, pembakaran hutan, dan polusi dari kendaraan bermotor sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, air, dan udara.

3. Pada tanggal 4 Januari 2010 terjadi insiden tanah bergerak atau soil creep di Taraju Tasikmalaya. Tanah tersebut bergerak disebabkan oleh hujan lebat dalam sehari yang menimbulkan struktur tanah menjadi bosan air dan labil. Prinsip geografi yang terdapat dalam paragraf tadi ialah.....a. distribusi
b. deskripsi
c. korologi
d. penyebarane. interelasi

KunciJawaban yang sempurna sesuai fenomena pada soal yakni interelasi alasannya disana menerangkan bahwa tanah bergerak dipicu oleh hujan lebat. Ini mengambarkan adanya kekerabatan karena akibat.
4.Saat ini pemerintah tengah gencar mendistribusikan masyarakatdengan program transmigrasi. Kegiatan masyarakatdi kawasan transmigran biasanya adalah pertanian. Jika hasil pertanian di daerah transmigran sering mengalami kendala dalam pemasarannya maka penyusunan planning pembangunan kawasan transmigran dianggap kurang mengamati rancangan ….
a. keterjangkauan
b. jarak
c. keterjangkauan
d. Nilai guna
e. aglomerasi
KunciHambatan pada pemasaran di daerah transmigrasi bisa terjadi karena dikala pembangunan kurang mengamati konsep keterjangkauan. Keterjangkauan dalam hal ini yakni antara tempat transmigran dengan kawasan pemasaran. Jika aksesibilitas dari dan menuju daerah transmigran masih jelek maka masyarakatakan kesulitan menjual hasil pertanian mereka ke pelanggan. Makara pembangunan pemukiman transmigran harus diikuti dengan akomodasi dan prasarana angkutanuntuk menunjang aktivitas ekonomi masyarakatnantinya.
5. Perhatikan gambar!
Fenomena geosfer
Fenomena pada gambar dapat dikaji lewat pendekatan ....a. kelingkunganb. keruanganc. ekologid. kewilayahane. metode KunciGambar pertanda fenomena hutan mati di Gunung Papandayan Garut. Hutan mati ini terbentuk karena pengaruh panas bubuk vulkanik dari kawah Papandayan. Jadi pendekatan yang tepat untuk mengkaji fenomena ini ialah pendekatan keruangan.