Blogger Jateng

Terbentuknya Relief Permukaan Bumi Oleh Tenaga Eksogen

Permukaan bumi kita dihiasai beranekaragam relief atau bentuk mulai dari dataran rendah, pegunungan, bukit, lembah dan masih banyak lagi.
Terbentuknya relief permukaan bumi disebabkan dua gaya yakni endogen dan eksogen. Variasi bentuk relief lebih banyak dilaksanakan tenaga eksogen. Seperti apa prosesnya?.
Tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi dan sifatnya menghancurkan struktur yang telah ada (dibuat oleh endogen melalui kejadian vulkanisme dan tektonisme).
Awalnya magma yang naik ke permukaan bumi lewat seraingkain proses vulkanisme membeku menjadi batuan beku. Penerobosan magma ini mampu membuat bentukan gunung api.
Nah gaya eksogen mulai bekerja sesudah magma membeku di atas permukaan bumi. Diawali dari pelapukan yang dipengaruhi oleh cuaca, mahluk hidup dan reaksi kimia.
Batuan yang sudah terbentuk dapat hancur melapuk menjadi bongkahan-bongkahan yang beranekaragam, Seringkali dijumpai relief hasil pelapukan yakni stack atau arch di pantai karang. 
Di daratan, pelapukan akan membuat permukaan bumi bisa melandai, runcing, atau membentuk morfologi lainnya.
Hasil pelapukan batuan tadi lalu terangkut oleh media air, angin dan es atau dinamakan pengikisan. Erosi akan menjinjing material menuju tempat yang lebih rendah.
Relief delta sungai
Erosi angin misalnya mampu membangun relief gumuk pasir seperti di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Erosi di sungai juga bisa membangun delta sungai pada muara yang landai dan menghadap maritim yang berombak tidak terlalu besar.

Setelah itu material sisa pelapukan akan mengalami sedimentasi dan terbentuklah lapisan-lapisan tanah pada sebuah lembah. Contoh lain dari sedimentasi yaitu oramen pada gua karst mirip stalaktit dan stalagmit.
Benda gila lain dari luar bumi bisa menciptakan relief cekungan mirip hantaman meteor. Sudah banyak lubang-lubang meteor didapatkan di permukaan bumi. Huja meteor banyak terjadi jutaan tahun kemudian sementara dikala ini intensitasnya tidak terlalu tinggi.
Itulah proses pembentukkan relief permukaan bumi oleh tenaga eksogen yang berasal dari pelapukan , pengikisan, sedimentasi dan tenaga ekstrateresterial.