Blogger Jateng

Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Geografi Dinamika Litosfer

Oke sobat-sobat masih seputar soal AKM nih yang masih hangat diperbincangkan oleh guru dan siswa. Kali ini kita akan coba berikan acuan soal AKM bab dinamika litosfer.
Membuat soal AKM ini memang cukup sukar kalau tidak berlatih berulang-ulang. Prinsip dasar soal AKM ialah siswa diminta untuk membaca apalagi dahulu, entah itu paragraf, data, statistik atau gambar lainnya.
Selepas itu siswa akan diminta menciptakan kesimpulan dari hasil telaah bacaan tersebut. Yuk simak teladan soalnya di bawah ini. Soal AKM di bawah ini bertipe isian/esai, jadi bukan opsi ganda.
Untuk menjawab soal ini diperlukan kesanggupan literasi yang cantik ditambah wawasan siswa wacana fenomena litosfer khususnya gempa di dunia.

1. Di bawah ini terdapat informasi wacana fenomena gempa di dunia satu dasawarsa terakhir. Bacalah apalagi dahulu berita berikut, kemudian jawab pertanyaannya!.
Gempa merusak bangunan
 Gempa bumi bermagnitudo 7,9 melanda Nepal, sekitar 80 kilometer barat bahari ibu kota negara Kathmandu dan menewaskan ratusan orang.  Titik pusat gempa (hiposentrum) berada pada kedalaman 15 kilometer. Ada 13 gempa susulan, dengan magnitudo mulai dari 4,6 sampai 6,6 Skala Richter, yang menewaskan lebih banyak orang.  Gempa bumi bermagnitudo 5,5 melanda Kabupaten Jianhe, provinsi Guizhou, di selatan Tiongkok. Titik pusat gempa (hiposentrum) berada pada kedalaman 14,6 kilometer. Gempa ini mengakibatkan empat orang terluka dan 3000 bangunan rusak.  Gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah Indonesia. Kedalaman gempa terletak 10 km dan disebabkan pergerakan sesar Palukoro. Gempa ini menimbulkan fenomena likuifaksi. Lebih dari 2.000 jiwa meninggal dunia dan ribuan rumah rusak berat.
 Pertanyaan 1Berdasarkan isu diatas, sebutkan 3 aspek mengapa beberapa gempa bumi mengakibatkan banyak ajal dan kerusakan daripada gempa bumi lainnya!1.............................................2.............................................3............................................. 
Pertanyaan 2Mengapa gempa bumi dengan intensitas kekuatan yang serupa menimbulkan banyak korban di negara berkembang dibandingkan negara maju?.......................................................................................................................... Pertanyaan 3Mengapa penduduk tetap tinggal di kawasan yang sebelumnya terjadi gempa bumi!..........................................................................................................................
Kunci JawabanPertanyaan 1Untuk menjawab soal ini, kita mesti tahu maksud soalnya dulu ya. Jadi ada 3 gempa digambarkan dalam paragraf, kemudian kenapa dari sekian gempa (3 gempa dalam contoh paragraf) bisa mengakibatkan banyak korban?. Faktor kerusakan akibat gempa yakni 1. Kekuatan gempa 2. Kepadatan penduduk 3. Kondisi Tanah
Semakin besar kekuatan gempa maka potensi kerusakan makin tinggi sehingga korban jiwa juga akan kian bertambah. Daerah dengan kepadatan penduduk tinggi memiliki peluang menimbulkan tingginya kerusakan dan korban jiwa dibandingakan daerah yang jarang penduduknya. Kondisi tanah yang bertipe tanah lunak mirip sedimen mampu memicu likuifaksi atau pencairan tanah sehingga bangunan akan cepat rubuh.
Pertanyaan 2Karena mitigasi kejadian gempa di negara maju lebih baik dibandingkan negara meningkat . Bangunan-bangunan di negara maju contohnya sudah dilengkapi sarana evakuasi yang sempurna, selain itu material konstruksinya lebih manis. Pengetahuan penduduk terkait gempa juga sudah sangat bagus di negara maju dibandingkan negara meningkat .  Pertanyaan 3Karena aspek kemudahan mencari penghidupan. Penduduk lebih memilih tetap tinggal di daerah gempa karena beradaptasi di kawasan baru misalnya lebih sukar dibandingkan tinggal di daerah yang telah lama. Gempa besar juga tidak senantiasa sering terjadi setiap tahun, jadi pemulihan mampu dijalankan dalam waktu relatif singkat 1-2 tahun.
Baca juga: Soal PAS dinamika pedosfer jos!!